Sabtu, 13 Oktober 2012

keadaan sosial masyarakat bantran sungai ciliwung

Nama               : Muhammad  Farid
Nim                 : 1111054000003
Kelas               : PMI 3
Tugas               : Proposal Penelitaian Sosiologi Perkotaan
 
"Kondisi Sosial Masyarakat Bantaran Sungai Ciliwung"
 
1.      Latar belakang
Semakin pesatnya kemajuan di Ibu kota, begitu juga semakain membeludaknya pendatang-pendatang dari luar daerah ibu kota untuk mengadu nasib di Jakarta ini. Ada yang berhasil mengadu nasib di jakarta ini, ada pula yang tidak beruntung. Yang beruntung megadu nasib di jakarta, bisa tinggal di rumah mewah ataupun berkecukupan, sedangkan yang tidak beruntung tercecer di jalanan, dan mencari tenpat sedapatnya.
Semakain banyaknya pendatang ke ibu kota ini menjadikan ibu kota semakain padat. Kepadatan dijakarta ini memberikan banyak dampak, seprti kemacetan, pemukiman kumuh, kriminalitas, dan sebagainya.
Dengan ini, penulis menganggap penting untuk meniliti kondisi sosial yang terdapat di pemukiman kumuh bantaran sungai ciliwung.
Menurut penulis penelitian ini sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat lain, tentang dampak-dampak yang erjadi pada masyarakat yang tinggal di bataran kali ciliwung tersebut.
2.      Pertanyaan Penelitian
Dari penjelasan diatas, penulis akan memberikan batasan penelitian yang akan dibahas. Dibawah ada beberapa pertanyaan yang akan diajukan dalampenelitian kali ini.
a.       Apa dampak pemukiman kumuh bantaran sungai ciliwung, terhadap masyarakat sekitar sungai?
b.      Bagaimana tindakan masyarakat sekitar?
c.       Mengapa penelitian dilakukan?
d.      Bagaimana keadaan sosial bantaran sungai ciliwung?
 
3.      Metodelogi Penelitian
a.       Tempat penelitian
Ø  Pemukiman kumuh bantaran kali ciliwung
Ø  Kawasan sekitar pemukiman bantaran kali ciliwung
b.      Waktu
Ø  Penelitian ini dilaksanakan mulai dari pertengahan Oktober sampai November
c.       Teknik pengambilan data
Pengmbialan data akan dilakukan dengan beberapa metode. Yaitu observasi, wawancara, dan mengmbil dokumentasi keadaan sekitar.
 
4.      Tujuan Teori
Mungkin sudah saatnya kita mengetahui bagaiman keadaan yang tegambar dari pemukiman-pemukiman kumuh bantaran kali ciliwung. Mungkin juga pemukiman kumuh tersebut bisa saja berdampak negatif terhadap lingkungan sekitar kita.
Keelokan yang semestinya tergambar ditepian sungai, sudah tidak tampak ketika kita melihat pemandangan pemukiman kumuh dibantaran sungai. Sumber sumber penyakit juga dapat timbul dari sana akibat lingkungan yang kotor.
Pemukiman kumuh dibantaran sungai ciliwung hanyalah salah satu dari berbagai macam masalah di jakarta saat ini. Yang semestinya bisa di hindari, agar terciptanya keelokan keadaan sungai sekitar.
 
5.      Penutup
Dapat disimpulkan bahwasanya pemukiman kumuh di bantaran sungai ciliwung menciptakan dampak yang kurang baik. dari segi keindahan sungai, kesehatan, dan lain sebgainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini