Sabtu, 08 Desember 2012

PERUBAHAN SOSIAL _ PARAMA SUMBADA _ JNR1B _ Laporan ke 4

PERUBAHAN SOSIAL _ PARAMA SUMBADA _ JNR1B _ Laporan ke 4



Judul penelitian :
Perubahan Sosial karena peranan kepala desa
Peneliti :
Parama Arrazak Sumbada (1112051100058)
 
I.                   Latar belakang

Perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistemsosialnya, termasuk nilaisikap-sikap sosial, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.
Tidak semua gejala-gejala sosial yang mengakibatkan perubahan dapat dikatakan sebagai perubahan sosial, gejala yang dapat mengakibatkan perubahan sosial memiliki ciri-ciri antara lain.
  1. Setiap masyarakat tidak akan berhenti berkembang karena mereka mengalami perubahan baik lambat maupun cepat.
  2. Perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan tertentu akan diikuti dengan perubahan pada lembaga-lembaga sosial lainnya.
  3. Perubahan sosial yang cepat dapat mengakibatkan terjadinya disorganisasi yang bersifat sementara sebagai proses penyesuaian diri.
  4. Perubahan tidak dibatasi oleh bidang kebendaan atau bidang spiritual karena keduanya memiliki hubungan timbal balik yang kuat.
 
Perubahan direncanakan dan tidak direncanakan
·         Perubahan yang direncanakan
Perubahan yang direncanakan adalah perubahan-perubahan yang diperkirakan atau yang telah direncanakan terlebih dahulu oleh pihak-pihak yang hendak mengadakan perubahan di dalam masyarakat. Pihak-pihak yang menghendaki suatu perubahan dinamakan agent of change, yaitu seseorang atau sekelompok orang yang mendapat kepercayaan dari masyarakat sebagaipemimpin satu atau lebih lembaga-lembaga kemasyarakatan. Oleh karena itu, suatu perubahan yang direncanakan selalu di bawah pengendalian dan [[pengawasan agent of change. Secara umum, perubahan berencana dapat juga disebut perubahan dikehendaki. Misalnya, untuk mengurangi angka kematian]] anak-anak akibat polio, pemerintah mengadakan gerakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN)atau untuk mengurangi pertumbuhan jumlah penduduk pemerintahmengadakan program keluarga berencana (KB).
·         Perubahan yang tidak direncanakan dan contoh
Perubahan yang tidak direncanakan biasanya berupa perubahan yang tidak dikehendaki olehmasyarakat. Karena terjadi di luar perkiraan dan jangkauan, perubahan ini sering membawa masalah-masalah yang memicu kekacauan atau kendala-kendala dalam masyarakat. Oleh karenanya, perubahan yang tidak dikehendaki sangat sulit ditebak kapan akan terjadi. Misalnya, kasus banjir bandang di SinjaiKalimantan Barat. Timbulnya banjir dikarenakan pembukaan lahan yang kurang memerhatikan kelestarian lingkungan. Sebagai akibatnya, banyak perkampungan dan permukiman masyarakat terendam air yang mengharuskan para warganya mencari permukiman baru.
 
Perubahan berpengaruh besar dan berpengaruh kecil
Apa yang dimaksud dengan perubahan-perubahan tersebut dapat kamu ikuti penjabarannya berikut ini.
·         Perubahan berpengaruh besar
Suatu perubahan dikatakan berpengaruh besar jika perubahan tersebut mengakibatkan terjadinya per- ubahan pada struktur kemasyarakatan, hubungan kerjasistem mata pencaharian, danstratifikasi masyarakat. Sebagaimana tampak pada perubahan masyarakat agraris menjadiindustrialisasi. Pada perubahan ini memberi pengaruh secara besar-besaran terhadap jumlah kepadatan penduduk di wilayah industri dan mengakibatkan adanya perubahan mata pencaharian.
·         Perubahan berpengaruh kecil
Perubahan-perubahan berpengaruh kecil merupakan perubahan- perubahan yang terjadi padastruktur sosial yang tidak membawa pengaruh langsung atau berarti bagi masyarakat. Contoh, perubahan mode pakaian dan mode rambut. Perubahan-perubahan tersebut tidak membawa pengaruh yang besar dalam masyarakat karena tidak mengakibatkan perubahan-perubahan padalembaga kemasyarakatan homolis.
Dari pernyataan diatas, saya melihat telah terjadi perubahan social diwilayah saya yaitu terdapat fakta bahwa tokoh masyarakat atau pemimpin memiliki peran penting dalam perubahan social tersebut. Seperti halnya seorang kepala desa atau ketua RT, mereka memiliki cara tersendiri dalam melakukan perubahan social di wilayahnya.



II.                Pertanyaan pokok penelitian
 
1.      Perubahan social apa saja yang terjadi di wilayah ini semenjak anda menjabat menjadi kepala desa?
Dari awal pertama saya menjabat belum terjadi perubahan terhadap masyarakat, semua masih keadaan normal seperti biasa. Seiring berjalannya waktu banyak yang pro dan kontra terhadap kepemimpinan saya tetapi semuanya saya terima karena itu menjadi acuan untuk saya dan pegawai desa dalam menjalankan amanat masyarakat. Lambat laun waktu berjalan, saya pun mulai membudayakan masyarakat agar mereka mempunyai penghasilan bagi yang pengangguran dari kalangan remaja maupun lansia mulai dari bercocok tanam disawah-sawah desa ataupun bekerja disalah satu perusahaan yang ada diwilayah ini kebetulan baru-baru ini ada perusahaan yang membangun diwilayah kami dan saya pun memprioritaskan kepada pemilik perusahaan dan pegawai desa untuk terlebih dahulu mempekerjakan warga saya entah bagaimanapun caranya. Setelah perusahaan tersebut membuka lowongan pekerjaan terbukti ada 33 orang warga kami yang di terima diperusahaan tersebut padahal kuota yang ditentukan adalah 25 orang itupun untuk satu kelurahan tetapi kenyataannya yang diterima adalah warga kami semuanya dan itupun telah melebihi kuota yang ditentukan. Menurut saya itulah perubahan besar yang terjadi diwilayah kami itupun semua tidak lepas dari bantuan perusahaan PT.MAYORA dan dari masyarakat sendiri.  
.
 
 
III.             Metode penelitian

Metode yang saya gunakan dalam penelitian kali ini adalah metode kualitatif, agar mendapatkan informasi melalui wawancara yang lebih mendalam kepada narasumber dan mendapatkan hasil yang lebih intensif.
Waktu        : Senin 3 Desember 2012, pukul 13.00-14.30
Tempat      : kediaman kepala (lurah) ds. sumurbandung kec.jayanti
  Kp.kramat rt 13/03 no.10 ds.sumurbandung kec.jayanti kab.tangerang 15610
 


IV.             Gambaran subyek 
 
H. djohari rebo , adalah sosok kepala desa yang memiliki kepedulian yang tinggi terhadap warga masyarakatnya. Selain menjadi kepala desa beliau juga adalah seorang suami dari 2 istrinya kebetulan kediaman yang diwawancarai adalah istri pertama. Dari istri pertama beliau mempunyai  4 anak dan dari istri kedua mempunya 2 anak. Perjuangan dan tekadnya yang sangat besar untuk memajukan serta mensukseskan warga masyarakatnya menjadi sosok yang sangat dibanggakan di kalangan masyarakat maupun keluarganya sendiri.
 


V.                Analisis

Berdasarkan dari jawaban-jawaban yang dikemukakan oleh beliau, tak mudah memang untuk menjadi sosok pemimpin yang dapat merubah kebiasaan atau tingkah laku dari warga masyarakat. Hal tersebut dikarenakan adanya hambatan-hambatan, baik intern maupun ekstern.
Namun demikian, tak ada masalah yang tak dapat diselesaikan. Berkat tangan dingin beliau, kini Desa Rawakalong tidak lagi menjadi desa yang tertinggal. Tetapi mejadi desa yang memiliki potensi sumber daya manusia yang berkualitas dan patut untuk dibanggakan.
 
 
DAFTAR PUSTAKA
 
http://id.wikipedia.org/wiki/Perubahan_sosial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini