Selasa, 15 Oktober 2013

Dimas Darmawan KPI 1B_Tugas 6_Metode metode Sosiologi

 

METODE METODE SOSIOLOGI  


  Untuk mempermudah dalam mempelajari ilmu sosiologi, sosiologi mempunyai cara kerja atau metode. Terdapat dua jenis metode atau cara kerja dalam sosiologi, yaitu metode kualitatif dan metode kuantitatif.

1 . Metode Kualitatif

Metode Kualitatif mengutamakan bahan atau hasil pengamatan yang sulit diukur dengan angka-angka atau ukuran-ukuran lain yang bersifat eksaka. Macam-macam metode kualitatif:

 a. metode historis

    metode ini menggunakan analisis atas peristiwa-peristiwa dalam masa silam untuk merumuskan prinsip-prinsip umum

 

 b.metode komparatif

   metode ini mementingkan perbandingan antara bermacam-macam masyarakat beserta bidang-bidangnya , untuk memperoleh perbedaan-perbedaan dan persamaan-persamaan serta sebabnya yang bertujuan untuk mendapatkan petunjuk mengenai perilaku masyarakat pada masa silam dan masa sekarang, dan juga mengenai tingkat peradaban masyarakat yang berbeda-beda.

 

 c. metode studi kasus (case study)

   metode ini bertujuan untuk mempelajari sedalam-dalamnya salah satu gejala nyata dalam kehidupan masyarakat. Studi kasus dapat digunakan untuk menelaah suatu , kejadian, kelompok, masyarakat setempat community, lembaga-lembaga maupun individu. Alat yang digunakan dalam studi kasus yaitu wawancara interview, pertanyaan-pertanyaan questionnaires, daftar pertanyaan-pertanyaan schedules, participant observer technique.

 

2 . Metode Kuantitatif

Metode kuantitatif mengutamakan keterangan berdasarkan angka-angka, sehingga gejala-gejala yang diteliti dapat diukur dengan skala-skala, indeks, tabel, atau formula-formula tertentu yang cenderung mempergunakan ilmu pasti atau matematika. Macam-macam metode kuantitatif:

 a. metode deduktif

  metode inni dimulai dari kaidah-kaidah yang berlaku umum yang kemudian untuk dipelajari dalam keadaan yang khusus.

 

 b. metode induktif

   metode ini mempelajari suatu gejala yang khusus untuk mendapatkan hasil kesimpulan yang lebih luas atau bersifat umum.

 

 c. metode rasional

   metode ini mengutamakan penalaran dan logika akal sehat.

 

  d. metode fungsional

   metode ini digunakan untuk menilai kegunaan lembaga-lembaga sosial masyarakat dan struktur sosial masyarakat.

 

e.   metode empiris

 metode ini berfungsi untuk mempelajari suatu masalah secara sistematis dan intensif untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak mengenai masalah tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini