Selasa, 15 Oktober 2013

Moch. Daniel Halim B_KPI 1B_Tugas 6_Metode-metode Sosiologi

Metode – Metode Sosiologi
   Beberapa hal sebelumnya kita sudah mempelajari tentang apa itu Ilmu Sosiologi bahkan hingga kepada pemikiran tokoh-tokkoh para ahli Ilmu Sosiologi. Dari apa yang telah kita pelajari mengenai Ilmu Sosiologi tentu kita sadar bahwa mengaplikasikan Ilmu tersebut tidak hanya melalui teori namun secara praktek untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Namun sebelum kita menuju kepada praktikum ada beberapa hal yang harus diingat dan diketahui yaitu beberapa metode yang ada, lantaran masyarakat yang menjadi Objek dari Ilmu sosiologi maka perlu akan adanya cara kerja atau metode. Dalam Sosiologi dikenal ada 2 jenis metode  diantaranya :
1.      Metode Kualitatif, metode ini digunakan ketika suatu bahan atau data sukar didijelaskan dengan angka atau dengan ukuran dalam bentuk lainnya, contoh : ketika kita mengukur tindakan atau prilaku seseorang. Dalam hal ini pula Metode Kualitatif dibagi menjadi :

a.      Metode Hostoris, Metode ini menggunakan hasil analisis atas peristiwa-peristiwa masa lampau atau sejarah yang kemudian dirumuskan terhadap prinsip-prinsip Umum.
b.      Metode Komparatif, Metode ini memanfaatkan perbandingan antara macam-macam masyarakat guna mendapatkan perbedaan beserta persamaanya
c.       Metode Studi Kasus, Metode ini menggunakan wawancara, pertanyaan, daftar pertanyaan sebagai jalannya untuk mempelajari sedalam-dalamnya suatu gejala nyata dalam masyarakat.
2.      Metode Kuantitatif, metode ini bisa dikatakan sebagai lawan jenis dari Metode Kualitatif sebab metode ini menggunakan angka-angka perhitungan untuk mendapatkan keterangan yang diinginkan  sperti perhitungan hasil survey bahkan yang sifatnya lebih eksperimen yg membutuhkan uji statistic
dalam hal ini yang termasuk dalam Metode Kuantitatif adalah :
a.      Metode Statistik, Bersifat Matematis untuk mempelajari untuk mempelajari gejala-gejala social
b.      Metode Sosiometri, Menggunakan angka dan skala untuk mengetahui lebih dalam tentang hubungan sosial dan masyarakat
3.       Metode Induktif dan Deduktif, Induktif yang mempelajari gejala kusus untuk mendapatkan kesimpulan yang umum dan Deduktif mempelajari gejala umum untuk mendapatkan kesimpulan yang kusus.
4.      Metode Fungsional,  guna menilai lembaga-lembaga sosial masyarakat.
5.       Metode Empiris, yang menyandarkan diri kepada keadaan nyata dalam masyarakat.
6.      Metode Rasionalistis, yang menggunakan penalaran logika untuk mencapai pengertian masalah masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini