Selasa, 15 Oktober 2013

Mutiara Lestari Putri 1B_Tugas6_Metode-metode Sosiologi

METODE-METODE SOSIOLOGI
Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang sosial budaya yang nyata dalam masyarakat dengan teori-teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Metode yaitu suatu cara yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu. Metode-metode yang sering kali digunakan dalam sebuah penelitian sosiologi yaitu sebagai berikut :
1.   Metode Statistik
     Metode ini digunakan untuk menunjukkan hubungan atau pengaruh kausalitas serta memperkecil prasangka pribadi atau sepihak. Penerapan metode ini yang paling sederhana adalah teknik enumerasi(penghitungan). Jawaban pertanyaan responden disusun dalam tabel sehingga hasilnya diketahui secara kuantitatif
2.   Metode Eksperimen
     Metode ini dilakukan oleh dua kelompok. Kelompok pertama merupakan kelompok eksperimen, sedangkan kelompok kedua merupakan kelompok kontrol. Metode ini membandingkan hasil percobaan kedua kelompok tersebut. Ada dua macam Eksperimen, yaitu Eksperimen Laboratorium dan Eksperimen Lapangan.
3.   Metode Induktif dan Deduktif
    Metode induktif adalah metode yang digunakan untuk memperoleh kaidah umum dengan mempelajari gejala yang khusus. Adapun metode deduktif adalah metode yang digunakan untuk memperoleh kaidah khusus dengan mempelajari gejala yang umum.
4.   Metode Studi Kasus
       Metode ini digunakan untuk meneliti kebenaran peristiwa-peristiwa tertentu.
5.   Metode Survei Lapangan
    Metode ini digunakan untuk memperoleh data yang hanya ada dikehiduan masyarakat secara langsung  dan data diperoleh melalui angket, wawancara, ataupun observasi secara langsung. Persiapan-persiapan yang dilakukan adalah menentukan populasi yang akan diteliti, sekaligus menentukan objek penelitian, membuat angket dengan bahasa yang dapat dipahami objek, melakukan pendekatan sosial, dan persiapan lainnya.
6.   Metode Partisipasi
Metode ini digunakan untuk mengadakan penelitian tentang kepentingan kelompok. Peneliti berbaur dalam kehidupan kelompok sambil melakukan pengamatan atau kegiatan penelitiannya tanpa mengungkapkan identitas sebagai peneliti. Peneliti tidak boleh terlibat secara emosional terhadap kelompok yang ditelitinya. Hal itu akan menyebabkan peneliti kehilangan jejak tentang apa yang dicari dalam penelitiannya itu.
7.   Metode Empiris dan Rasionalistis
     Metode Empiris menyadarkan diri pada fakta yang ada dalam masyarakat melalui penelitian. Metode rasionalistis, mengutamakan pemikiran sehat untuk mencapai pengertian tentang masalah-masalah kemasyarakatan.
8.  Metode Fungsionalisme
      Metode ini bertujuan untuk meneliti kegunaan lembaga-lembaga kemasyarakatan dan struktur sosial dalam masyarakat.
9.  Metode Studi Pustaka
   Metode ini merupakan metode pengumpulan data yang diilakukan dengan mengambil data atau keterangan dari buku-buku literatur di perpustakaan. Kelebihan dari metode ini,yaitu memperoleh banyak sumber tanpa memerlukan biaya, tenaga, dan waktu. Akan tetapi kelemahannya dari metode ini yaitu, dibutuhkan kepandaian peneliti untuk mencari buku-buku yang relevan agar dapat dipakai sebagai sumber perolehan data dalam penelitian tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini