Selasa, 15 Oktober 2013

Syarifah Zahrina Firda_KPI 1 B_Tugas6_Metode-metode sosiologi

Metode-metode dalam sosiologi
Sosiologi mempunyai cara kerja atau metode yang juga dipergunakan oleh ilmu-ilmu pengetahuan lainnya. Pada dasarnya terdapat 2 jenis metode dan penjelasannya sebagai berikut :
1)    Metode kualitatif
Metode yang tidak bisa diukur dengan angka tetapi nyata dalam masyarakat. Didalam metode kualitatif ada metode historis dan komparatif. Keduanyapun, dikombinasikan menjadi metode historis komparatif.
·       Metode historis
Metode ini menggunakan analisis atas peristiwa dalam masa silam untuk merumuskan prinsip-prinsip umum.
·       Metode komparatif
Metode ini mementingkan perbandingan antara bermacam-macam masyarakat beserta bidang-bidangnya untuk memperoleh perbedaan-perbedaan dan persamaan-persamaan serta sebab-sebabnya.
Adapun perbedaan dan persamaan tersebut bertujuan untuk medapatkan petunjuk mengenai masyarakat pada masa silam dan dan masa sekarang serta juga mengenai masyarakat yang mempunyai tingkat peradaban yang berbeda atau yang sama.
 
Didalam metode kualitatif pula terdapat metode studi kasus yang bertujuan untuk memepelajari sedalam-dalamnya salah satu gejala dalam masyarakat. Alat-alat yang digunakan oleh metode studi kasus yaitu wawancara (interview), pertanyaan-pertanyaan (questionnaires), participant observer technique, dll.
 
2)    Metode kuantitatif
Metode yang bisa diukur dengan angka seperti menggunakan skala, indeks, tabel dan formula. Didalam metode kuantitatif ada metode statistik dan sociometry.
·       Metode statistik
Metode ini bertujuan menelaah gejala-gejala sosial secara matematis.
·       Metode sociometry
Metode ini hasil perbaikan statistik dimana sociometry mempergunakan skala dan angka untuk menghasilkan konsep yang bertujuan menggambarkan dan meneliti hubungan-hubungan antarmanusia dalam masyarakat secara kuantitatif.
 
Disamping metode-metode diatas, ada pula metode sosiologi lainnya didasarkan penjenisan yaitu:
 
1)    Metode induktif
Metode yang mempelajari suatu gejala yang khusus untuk mendapatkan kaidah-kaidah yang berlaku dalam lapangan yang lebih luas.
 
2)    Metode deduktif
Metode yang mempergunakan sebaliknya, yaitu mulai dengan kaidah-kaidah yang dianggap berlaku umum untuk kemudian dipelajari dalam keadaan yang khusus.
 
Kemudian hampir sama dengan metode deduktif dan induktif, namun pada hakikatnya berbeda dalam penggolongan metode-metode sosiologi kedalam jenis yaitu :
 
1)    Metode empiris
Metode yang menyadarkan diri pada keadaan-keadaan yang dengan nyata didapat dalam masyarakat itu sendiri. Metode ini dalam sosiologi modern diwujudkan dengan reserch atau penelitian yaitu cara mempelajari suatu masalah secara intensif untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak mengenai masalah tersebut.
 
2)    Metode rasionalistis
Metode yang mengutamakan pemikiran dengan logika dan pikiran sehat untuk mencapai pengertian tentang masalah-masalah kemasyarakatan.
 
Sumber :
Buku Sosiologi suatu pengantar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini