Rabu, 16 Oktober 2013

melatianggraini_KPI1B_tugas6_metode-metode sosiologi

Metode-metode dalam sosiologi

1.Metode Kualitatif

mengutamakan bahan yang suka dapat diukur dengan angka-angka atau dengan ukuran-ukuran lain yang bersifat eksak, walaupun bahan-bahan tersebut metode historis dan metode komparatif yang keduanya dikombinasikan menjadi historis-komparatif.

Metode historis: metodepenelitianyang menggunakan catatan observasi atau pengamatan orang lain yang tidak dapat di gunakan kembali.

Metode studikasus :Penelitiantentang status subjekpenelitian yang berkenan dengan suatu Fase khusus atau khas dari keseluruhan kejadian.

Metode komparatif :mementingkan perbandingan antara bermacam-macam masyarakat beserta bidang bidangnya, untuk memperoleh perbedaan perbedaan dan persamaan serta sebab sebabnya. Perbedaan perbedaan dan persamaan persamaannya bertujuan untuk mendapatkan petunjuk petunjuk mengenai perilaku masyarakat pada masa silam dan masa sekarang, dan juga mengenai masyarakat masyarakat yang mempunyai tingkat peradaban yang berbeda atau pun yang sama.

2 .MetodeKuantitatif

Metode ini mengutamakan keterangan berdasarkan angka-angka, sehingga gejala-gejala yang diteliti dapat diukur dengan skala-skala, indeks, tabel, atau formula-formula tertentu yang cenderung mempergunakan ilmu pasti atau matematika. Yang termasuk metode kuantitatif adalah metode statistik yang bertujuan untuk menelaah gejala-gejala social secara matematis. Selain metode ini ada beberapa metode lain ,yaitu :

Metode Deduktif

metode yang di mulai dari suatu hal yang umum kemudian di persempit lagi menjadi hal yang khusus.

Metode Induktif

Kebalikan dari Deduktif, dimulai dari mempelajari hal atau gejala yang khusus menjadi bersifat yang lebih luas dan juga umum.

Metode Empiris

metode yang mempelajari keadaan-keadaan yang real atau nyata di dalam suatu masyarakat.

Metode Fungsional

metode yang mempelajari fungsi-fungsi suatu lembaga yang ada di dalam masyarakat dan struktur sosial, dan kegunaan lembaga atau struktur di dalam masyarakat. Metode ini berpandangan bahwa unsur yang membentuk masyarakat harus mempunyai hubungan timbale balik yang saling berpengaruh tersendiri terhadap masyarakat.

 Metode Rasional

metode yang menggunakan akal sehat dan nalar untuk mengetahui masalah yang terjadi di masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini