Rabu, 16 Oktober 2013

Robiyatul Adawiyah _KPI 1 b_Tugas 6_Metode Metode Sosiologi

Metode Metode Sosiologi

 

Metode sosiologi di bedakan menjadi dua yaitu metode Kualitatif dan metode Kuantitif

A.      Kualitatif

Kualitatif yaitu metode yang mengutamakan bahan atau hasil atau hasil pengamatan yang susah diukur dengan angka yang matematis meskipun kejadian itu nyata dalam masyarakat. Inilah metode yang termasuk dalam metode Kualitatif:

                                    ·          Metode Historis yaitu metode pengamatan yang menganalisis peristiwa peristiwa masa lalu untuk merumuskan prinsip prinsip umum.

                                    ·          Metode Komparitif yaitu metode pengamatan dengan membandingkan bermacam macam mayarakat serta bidang bidangnya untuk memperoleh perbedaan dan persamaan sebagai petunjuktentang suatu prilaku masyarakat pada masa lampau dan masa mendatang

                                    ·          Metode Studi Kasus yaitu suatu metode pengamatan tentang keadaan suatu kelompo, masyarakat setempat dan lembaga lembaga ataupun individu. Alat untuk digunakan untuk cara ini yaitu wawancara, pertanyaan pertanyaan atau keterlibatan si peneliti dalam kehidupan sehari hari.

B.      Kuantitatif

                Kuantitatif yaitu adalah metode statistik yang bertujuan untuk menggambarkan dan meneliti hubungan antara manusia dalam masyarakat secara Kuantitatif. Pengolahan data secara statistik banyak digunakan para ahli ilmu sosial untuk data yang bersifat angka. Pengolahan data statistic dapat dilakukan secara sederhana atau dengan menggunakan table distribusi  frekuensi di samping metode tersebut ada beberapa metode lain yaitu:

                                    ·          Metode Deduktif yaitu metode yang kaidah kaidah berlaku untuk umum unuk di pelajari secara khusus.

                                    ·          Metose Induktif yaitu metode yang mepelajari cara khusus untuk mendapatkan kesimpulan yang umum.

                                    ·          Metode empiris yaitu metode yang mengutamakan keadaan keadan nyata dalam masyarakat.

                                    ·          Metode Rasiona yaitu metode yang mngutamakan penalaran dan logika akal sehat untuk mencapai pengertian tentang masalah kemasyarakatan.

                                    ·          Metode Fungsional yaitu metode yang digunakan untuk menilai kegunaan lembaga lembaga sosial mayarakat dan struktur sosial masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini