Rabu, 16 Oktober 2013

Nurjannah_KPI 1 B_Tugas6_MetodeSosiologi

METODE SOSIOLOGI

  • Metode Historis
metode historis merupakan metode penelitian yang menggunakan catatan observasi.penelitian ini merupakan penelitian yang kritis terhadap keadaan-keadaan, perkembangan, dan pengalaman dimasa lampau, serta menimbang secara cukup teliti dan hati-hati tentang bukti validitas dari sumber sejarah serta interprestasi sumber-sumber keterangan tersebut.
  • Studi Kasus
studi kasus merupakan penelitian tentang status subjek penelitian yang berkenaan dengan suatu fase khusus atau khas dari keseluruhan kejadian. tujuan studi kasus adalah untuk memberikan gambaran secara mendetail tentang latar belakang,sifat, serta karakter yang khas dari suatu kasus ataupun status dari individu dalam kasus tersebut.
  • Penelitian Komparatif
penelitian komparatif merupakan penelitian deskriptif yang ingin mencari jawaban secara mendasar tentang sebab akibat, dengan menganalisis faktor-faktor penyebab terjadinya atau munculnya suatu gejala tertentu. penelitian komparatif bersifat ex post facto, artinya penelitian dilakukan pada peristiwa yang telah terjadi.
  • Penelitian Kuantitatif
penelitian ini lebih mengutamakan bahan-bahan keterangan dengan angka-angka, sehingga gejala-gejala yang diteliti dapat diukur dengan mempergunakan skala-skala, indeks, tabel dan formula-formula yang semuanya itu sedikit banyaknya mempergunakan ilmu pasti atau matematika. Yang termasuk jenis metode kuantitatif adalah metode statistik yanng bertujuan menelaah gejala-gejala sosial secara matematis
penelitian ini lebih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini