Rabu, 16 Oktober 2013

Mochamad Sefti Fajri_KPI 1/C_Tugas6_Metode-metode Sosiologi

Metode Metode Dalam Sosiologi

Perlu dijelaskan cara cara sosiologi mempelajari objeknya yaitu masyarakat. Untuk kepentingan itu sosiologi mempunyai metode yang diperlukan juga oleh ilmu ilmu pengetahuan lainnya. Pada dasarnya terdapat dua jenis cara kerja atau metode yaitu  metode kualitatif dan kuantitatif.

 Metode kualitatif

mengutamakan bahan yang sukar dapat diukur dengan angka angka atau dengan ukuran ukuran lain yang bersifat eksak, walaupun bahan bahan tersebut terdapat dengan nyata didalam masyarakat. Metode kualitatif dikombinasikan menjadi historis – komparatif.

Metode historis

Menggunakan analisis atas peristiwa peristiea dalam masa silam untuk merumuskan prinsip prinsip umum. Metode komparatif mengutamakan perbandingan antara bermacam macam masyarakat beserta bidang bidangnya. Untuk memperoleh perbedaan perbedaan dan persamaan persamaan serta sebab sebabnya. Itu bertujuan untuk memperoleh petunjuk petunjuk prilaku masyarakat pada masa silam dan sekarang.

Metode study kasus

Bertujuan untuk mempelajari sedalam dalamnya salah satu  gejala nyata dalam kehidupan masyarakat. Metode ini digunakan untuk menelaah  suatu keadaan, kelompok, masyarakat setempat, lembaga lembaga, maupun individu. Alat alat study kaus adalah wawancara, pertanyaan pertanyaan dari daftar pertanyaan.

Metode kuantitatif

Menguatkan bahan bahan keterangan dengan angka angka, sehingga gejala gejala yang diteliti dapat diukur dengan mempergunakan sekala sekala , indeks, table dan dan formla formulanyang semuanya itu sedikit banyak mempergunakan ilmu pasti atau matematika. Yang termasuk adalah metode statistic yang bertujuan menelaah gejala gejala social secara sociometry yang berusaha meneliti masyarakat secara kuantitatif. Sosiometry menggunakan angka dan skala untuk mempelajari hubungan hubungan antara manusia dalam masyarakat. Jadi sosiometry adalah himpunan konsep konsep dan metode metode yang bertujuan untuk menggambarkan dan meneliti hubungan hubungan antara manusia secara kuantitatif.

Disamping metode metode di atas, metode metode sosiologi lainnya didasarkan pada penjenisan antara

Metode Induktif

Mempelajari suatu gejala yang khusus untuk mendapatkan kaidah kaidah yang berlaku dalam lapangan yang lebih luas.

Metode Deduktif

Mempergunakan metode sebaliknya yaitu mulai dengan kaidah kaidah yang dianggap berlaku umum untuk kemudian dipelajari dalam keadaan yang khusus.

Metode Empiris

Menyandarkan diri pada keadaan keadaan yang dengan nyata didapat dalam masyarakat,.

Metode Rasionalistis

Mengutamakan pemikiran pemikiran dengan logika dan fikiran sehat untuk mencapai pengertian tentang masalah masalah kemasyarakatan.

Metode metode sosiologi tersebut diatas bersifat saling melengkapi dan para ahli sosiologi menggunakan lebih dari salah satu metode untuk menyelidiki objeknya. Kecuali metode metode tersebut diatas, masing masing ilmu pengetahuan dan juga sosiologi mempunyai perlengkapan alat alatnya sendiri yaitu alat alat yang disebut concept untuk menganalisis masalah masalah yang terdapat dalam lapangannya khususnya untuk sosiologi yaitu masyarakat.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini