Minggu, 13 Oktober 2013

Rusnawati Sani_KPI 1 C_Tugas 6_Metode - Metode dalam Sosiologi

Metode – Metode dalam Sosiologi
1.     Metode Kualitatif
 
Metode ini merupakan metode yang mengutamakan bahan yang sukar, dapat di ukur dengan angka – angka atau dengan ukuran – ukuran lain yang bersifat eksak, walaupun bahan – bahan tersebut terdapat dengan nyata dalam masyarakat.
 
A.    Metode Historis
Menggunakan analisis atas peristiwa – peristiwa dalam masa silam untuk merumuskan prinsip – prinsip umum. Seorang sosiologi yang ingin menyelidiki akibat – akibat revolusi (secara umum) akan mempergunakan bahan – bahan sejarah untuk meneliti revolusi – revolusi penting yang terjadi dalam masa yang silam.
B.     Metode Komperatif
Mementingkan perbandingan antara bermacam – macam masyarakat beserta bidang – bidangnya, untuk memperoleh perbedaan – perbedaan dan persamaan – persamaan serta sebab – sebabnya.
C.     Metode Studi Khusus (Case Study)
Bertujuan untuk mempelajari sedalam – dalamnya salah – satu gejala nyata dalam kehidupan masyarakat. Alat yang digunakan untuk metode studi khusus adalah :
·         Wawancara ( Interview )
Teknik ini sering di pakai apabila di perlukan data penting dari masyarakat lain. Teknik wawancara dapat di laksanakan secara tersusun ataupun tidak.
·         Pertanyaan – Pertanyaan ( Questionnaires )
Dalam teknik ini, penyidik sudah membuatkan pertanyaan – pertanyaan yang nantinya akan di ajukan.
·         Daftar Pertanyaan – Pertanyaan ( Schedules )
Teknik ini pun hampir sama dengan questionnaires, dimana sudah dibuatkan daftar pertanyaan – pertanyaan yang telah di susun.
·         Participant Observer technique
Sedangkan teknik ini merupakan teknik yang penyidiknya harus mengikuti rutinitas sehari – hari dari kelompok sosial yang sedang di selidikinya.
 
2.     Metode Kuantitatif
 
Mengutamankan bahan – bahan keterangan dengan angka – angka, sehingga gejala – gejala yang di teliti dapat di ukur dengan mempergunakan skala – skala, indeks, table dan formula – formula yang semuanya itu sedikit banyaknya mempergunakan ilmu pasti atau matematika.Sociometry Mempergunakan skala – skala dan angka – angka untuk mempelajari hubungan – hubungan antar manusia dalam masyarakat. Teknik ini termasuk teknik yang meneliti masyarakat secara kuantitatif.
 
3.     Metode Induktif
 
Merupakan metode yang mempelajari suatu gejala yang khusus untuk mendapatkan kaidah – kaidah yang berlaku dalam lapangan yang luas.
 
4.     Metode Deduktif
 
Merupakan metode yang mempergunakan proses sebaliknya yaitu mulai dengan kaidah – kaidah yang di anggap berlaku umum untuk kemudian di pelajari dalam keadaan yang khusus.
 
5.     Metode Empiris
 
Adalah metode yang menyandarkan diri pada keadaan – keadaan yang dengan nyata di dapat dalam masyarakat
·         Research ( Penelitian )
Ø  Basic research adalah penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak dari ilmu pengetahuan.
Ø  Applied research adalah penelitian yang di tunjukan pada penggunaan ilmu pengetahuan secara praktis.
 
6.     Metode Rationalistis
 
Teknik ini mengutamakan pemikiran dengan logika dan pikiran sehat untuk mencapai pengertian tentang masalah – masalah kemasyarakatan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini