Selasa, 13 Mei 2014

Meidi Kartikasari_tugas6_penelitian lapangan tentang kehidupan pedagang kecil

BAB I
T.O.R PENELITIAN LAPANGAN
"Kehidupan Pedagang kecil di daerah Kuningan, Jakarta Selatan"
 
A.   Latar Belakakang
Pada umumnya kota adalah tempat pemukiman yang relative besar,penduduknya sangat padat,dan permanen dari individu yang secara sosial heterogen, semakin besar semakin padat. Dengan begitu kota merupakan pusat masyarakat melakukan kegiatan-kegiatan sehari-hari.
Dari hal itu perkembangan waktu kota dianggap sebagian besar  penduduk sebagai tempat yang menjanjikan dalam mencari mata pencaharian. Banyak orang yang pindah dari desa ke kota.Dalam beberapa hal itu,menyebabkan perubahan mereka itu. Kebanyakan warga perkotaan menjadi bersifat individualis dan interaksianya bersifat impersonal, dan menciptakan orientasi masyarakat hanya ingin mendapatkan sebatas keuntungan ekonomi untuk dirinya sendiri, hal ini membuat semakin lemah ikatan kelompok kekerabatan antar warga. Ini akan menimbulkan serentetan masalah bagi masyarakat bersangkutan, oleh karenanya masyarakat kota haraus dapat membangun mekanisme-mekanisme baru untuk memenuhi kebutuhan ekonomi dan psikologi.
 
B.   Metode Sosiologi yang digunakan
Dalam penelitian ini saya menggunakan metodelogi sosiologi dari Emil Durkhem. Karena pada penelitian yang saya ambil, memiliki subjek yang bisa digolongkan sebagai kelompok. Metodenya jelas yaitu, obsevasi karena saya terjun langsung ke kelompok masyarakat tersebut.
 
C.   Tujuan
Untuk mengungkapkan dan menjelaskan pandangan terhadap pedagang kecil di derah kuningan, Jakarta selatan tersebut. Dengan memahami pola, maka dapat dikenali dan ditemui kendala dan hambatan yang dapat terjadi dalam berupaya mencari nilai tambah dan cenderung berwawasan kedepan lebih baik.
Sedangkan tujuan praktisnya adalah tersedianya data bagaimana pandangan pedagang kecil ini akan hal ketertiban. Yang mana berhubungan dengan pemahaman warga akan hal menjaga dan menciptakan keteraturan dalam kehidupan bersama dengan elemen masyarakat lainnya.
D.   Kegiatan
1.      Nama kegiatan : Penelitian lapangan dengan tema "Kehidupan  masyarakat kecil di daerah Kuningan,Jakarta selatan".
2.      Bentuk kegiatan : Penelitian lapangan langsung untuk mengetahui sisi lain dari kehidupan pedagang kecil di Jakarta khususnya di daerah Kuningan, Jakarta selatan.
 
E.    Waktu , Tempat , dan Narasumber
Hari/Tanggal : Kamis , 8 Mei 2014
Waktu           : 10.00 – sampai dengan selesai
Tempat          : bawah halte busway GOR Sumantri (depan Plaza Festival) Kuningan,jak-sel.
Narasumber  : 1. Ibu Hartati (penjual gorengan)
                        2.Bapak Hendri (penjual minuman)
 
F.    Pertanyaan dan Jawaban
1.      Maukah bapak kalau diberi tempat khusus untuk berdagang?
Jawab : Mau saja, tapi tidak sanggup untuk membayarnya
 
 
 
G.   Metode
Dalam penelitian lapangan dengan tema tersebut metode yang saya gunakan adalah kualitatif.
 
H.   Penutup
Demikian laporan penelitian lapangan ini saya sampaikan,semoga informasi yang saya dapat dalam kegiatan  tersebut bisa berguna untuk orang banyak .Atas perhatianya saya ucapkan terima kasih, semoga mendapat respon dan dukungan yang positif.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini