Sabtu, 04 April 2015

tugas wawancara kualitatif

Nama   :Meylli Pratiwi Apriani
NIM    :1112052000016
Tugas   : Metode PenelitiaN Kualiatif
Bab I
Pendahuluan
A.    Latar belakang
Pekembangan suatu bangsa akan membawa perubahan disegala bidang kehidupan, terutama dalam ilmu pengetahuan dan teknologi , melalui pendidikan yang berkesinambungan  dan peran serta aktif semua pihak akan memberikan dampak yang baik menentukan tujuan suatu bangsa.
Sukses menurut psikologi Dalam perkembangan ilmu psikologi, pandangan yang lebih menekankan atau fokus pada keberhasilan oleh Laura A. King (2010) disebut sebuah pandangan apresiatif. Dalam hiruk-pikuk kehidupan berbangsa dan bernegara yang banyak menampilkan pesimisme perlu diimbangi sikap dan contoh kehidupan yang penuh optimisme. Kajian dan ulasan terhadap keberhasilan perlu lebih dikembangkan dan digalakkan. Psikologi sebagai ilmu yang membahas tentang pikiran, proses mental, serta kejiwaaan dapat memberikan sumbangsih untut mendorong seseorang atau masyarakat menggapai kesuksesan.Orang yang sukses selalu belajar, termasuk belajar dari kegagalan yang pernah dialami. Disiplin, kerja keras, ulet, dan pantang menyerah tidak hanya sebatas wacana serta retorika tetapi sudah menjadi sikap dan tindakan sehari-hari.
Mereka selalu optimis menghadapi kenyataan hidup dengan terus belajar. Apalagi kampus tercinta kita menggunakan sesanti The Learning University yang dapat dimaknai sebagai jiwa belajar yang bergelora.Hanya dengan belajar manusia dapat berkembang dan menggapai kesuksesan. Psikologi sukses dapat diawali oleh pikiran positif yang diteruskan dengan tindakan yang konsisten. Kesuksesan harus diawali oleh seseorang untuk mengelola jiwa dan pikirannya.
Bagaimana bisa sukses kalau pikiran dan jiwanya tidak yakin untuk menggapai kesuksesan. Psikologi sukses selalu diawali dengan pertanyaan mengenai kehidupan dan pengalaman kita sendiri. Mari kita kelola proses mental, semangat, motivasi, dan jiwa kita untuk menggapai kesuksesan
Bab II
Biografi Narasumber
Waktu dan Tempat
            Wawancaea ini dilaksanakan
            Hari       : Sabtu
            Tanggal : April 4, 2015
            Waktu   : 16:00  17:00
            Tempat : Cigombol, Jawa Barat
Laporan HAsil Wancara
            Narasumber       : Pak H.Jul hersan.
Pewawancara     : Meylli Pratiwi Apriani
           
Topik Wawancaea
            Sukses Dalam Bidang Keripik Singkomg                                      
Bab III
Pendahuluan
A.     Pengertian sukses
Sukses menurut Kamus besar Indonesia adalah Adjektiva (kata sifat) berhasil. Sukses adalah suatu impian atau tujuan yang kita inginkan telah tercapai dengan usaha dan kerja keras yang dijalani dalam hidupnya dalam mencapai kesuksesan dan keinginan tersebut berupa hal yang positif baik untuk diri sendiri dan orang lain, dan disebut sukses apabila kesuksesan itu bermanfaat bagi orang lain disekitar kita,
Pengertian Sukses menurut para ahli:
1.      Brian tracy
Menurut Brian Tracy sukses di artikan sebagai berikut. "Success is the ability to live your life the way you want to live it, doing what you most enjoy, surrounded by people who you admire and respect."- Brian Tracy, Million Dollar Habits. Artinya :  Sukses adalah kemampuan untuk menjalani hidup Anda sesuai dengan keinginan Anda, melakukan apa yang yang paling dinikmati, dikelilingi oleh orang-orang Anda senangi dan hormati.
2.      Eart nightingate
"Success is the progressive realization of a worthy ideal." - Earl Nightingale, The Strangest Secret. Artinya Sukses adalah realisasi progresif dari ideal Anda yang bernilai. 
3.      Zig ziglar
Kalau menurut Zig Ziglar pengertian sukses adalah "mendapatkan banyak hal yang bisa dibeli oleh uang – dan semua hal yang tak bisa dibeli oleh uang. Anda bisa membeli kasur, tapi Anda tak bisa membeli tidur yang nyenyak.
Pengertian sukses menurut nara sumber:
Menurut nara sumber sukese ialah mendapatkan suatu inovasi baru dan diolah menjadi uang .  hal menurut orang-orang biasa saja menjadi luar biasa dan jikan kesuksean tidak diseling dengan menberi zirki kepada orang lain. Suatu barang yang dijadikan bisnis itu pasiti mempunyai hak orang yang haeus diberikan. Jika kita ingin sukses kita haru memberi kepada orang lain.
Bab IV
Hasil Wawancara
Pada hari Sabtu, 4 April, 2015, pukul 16:00 WIB kami datang ke pengusaha "Penjual keripik singkong Khas sumatra barat". Kesan pertama kami datang ke tempat ini adalah suasana yang nyaman, sejuk, bersih dan tertata rapi. Tentu saja kami langsung bertemu dengan pemilik pengusaha ini, yang bernama Bpk.H. Jul Hersan dan meminta izin  untuk mewawancarainya. Narasumber  ini bersikap ramah kepada kami.
Pertanyaan pembuka:
1.       Selamat Sore, Pak ! maaf kedatangan saya kemari mengganggu aktifitas bapak,sekear ingin tahu apa sih yang di jual di keripik singkong Khas sumatra barat ini ?
Jawban Narasumber:
Sore, iya benar .  kami hanya menjual keripik singkong Khas Sumatran Barat. Singkong tersebut bukan keripik singkong biasa, kami menjual singkong dibentuk panjang dan tipis. Yang tidak banyak orang yang jual singkong seperti ini.
2.        Kira-kira sudah berapa lama kiripik singkong Khas Sumatra Barat ini berdiri ?
Jawaban Narasumber:
Kami jual singkong khas Sumatra barat tahun 2000 samapai saat ini
Isi pertanyaan :
1.      Sebelum bapak sukses bisnis makam keripik Khas Sematra Barat bangaimana sejarah sebelumnya?
Jawaban Narasumber:
Sebelum Bapak bisnis keripik Singkong Khas Sumatra Barat Ini. Bapak bekerja dilestotan makan padang yang bernama padang sati pada tahun 1968 sebelum bapak bekerja dilestoran cipnas, bapak tinggal di Sumatra bara. Dan merantau ke Jakarta untuk mencari kerja tetapi di jakrta belum dapet kerjaan.
2.      Semenjak bapak merantau ke Jakarta bapak bekerja dimana?
Jawaban Narasumber:
Bapak di jakatra belum mendapatkan perkerjan dan akhrinya bapak di ajak ke cipanas puncak unruk berkerja untuk mendapat pendapatan yang bertambah bapak dan sekeluarnga berjualan makan-makan basah dan mejual keripik singkong.
3.      Saya denger-dengar pada berbisnis keripik singkong bapak jual sampai mancan Negara?
Jawaban Narasumber:
Iyah, sampai Negara Malaysia. Disitu Bapak diajak berkerja sama dengan penjual kerupuk Palembang dan di antar ke Malaysia
4.      Berapa lama Bapak bekerja sama dengan Malaysia?
Jawan Narasumber:
Bapak berkerja sama dengan orang Malaysia tidak lama karena bangkut peruhana malasyia dan bapak akhirnya merencanakan bisnis ini sediri dan bapak berbisnis sampai jawa barat dan paling jahu di surabanya.
5.      Bapak berbisnis ini dari tahun berapa?
Jawaban Narasumber:
Bapak berbisnis dari 22 -62 tahun tetapi di usia 22 tahun bapak bisnis sekalian kerja dilestorean cipanas
6.      Apa selama bisnis bapak apakah selalu naik atau urun ?
Jawaban Narasumber:
Setiap bisnis bapak dada turunnya tetapi tidak sering. Bisnis ini pasti ada jatuh bangunya
7.      Bisnis bapak sudah maju apa harapan bapak untuk sekarang da cita-cita?
Jawaban Narasumber:
Harapan bapak samapi sekarang sudah cukup karena bisnis ini sudah cukup untuk menghidupi bapak dan keluarnga bapak dan di usia bapak junga yang semakin tui
Bab V
Kesimpulan dan saran
Kesimulan
            Bapak ini untuk mencapai kesukesan harus dibulai dari noi dulu dan jangan takut untuk putus asa dan jangan lupa memikirikan yang di bawah dan jangan lupa bersedekah kepada orang yang membutukan. Karena kesuksesan ini jika tidak disampingan dengan doa dan memberi rejeki kepada orang lain pasti bisnisnya tidak samapi sekararang  
Saran
            Menurut saya bisnis bapak ini sudah cukup sukses karean bapak walapun cumin berbisni subuah makana ringan saja bisa berkembang dimana saja dan cita-cita bapak pun sudah terhujut semua dan bisnisnya pun sudah banyak orang yang mengetahuinya .
Demikianlah laporan hasil kegiatan wawancara ini saya buat dengan yang sebenar-benarnya. Ucapan terima kasih tertuju kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan kemudahan kepada kami sehingga terlaksananya acara ini. Serta kepada teman-teman yang ikut membantu dalam pembuatan laporan hasil wawancara ini. Saya berterima kasih kepada bapak sudah menyempatkan waktu untuk bisa di wawancara semonga bisnis bapak terus maju dan mencapai target yang besar
                                                                                                             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini