Minggu, 31 Mei 2015

Safarudin_STUDY CLUB


Safarudin
1111052000027
TOR
( Term Of Reference )
A.    Nama kegiatan
Kegiatan ini bernama "STUDY CLUB."
C.    Latar Belakang
Dewasa ini pergerakan dunia pendidikan sudah berjalan semakin cepat seiring kemajuan teknologi yang tengah menggempur dunia, tidak terkecuali Indonesia. Hal ini sesuai dengan tuntutat dari era globalisasi yang mana memaksa setiap negara untuk berlomba-lomba dalam memajukan dan menonjolkan negaranya agar bisa berjaya di kancah Internasional.
Globalisasi adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antarbangsa dan antarmanusia di seluruh dunia, baik melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit.
Dan tiap negara yang tidak mampu bersaing dengan negara lain dapat menjadikan negara tersebut semakin terbelakang dan terjajah oleh negara yang lebih maju. Termasuk diantaranya adalah dalam hal pendidikan.
Dengan diberlakukannya era globalisasi ini menuntut dunia pendidikan Indonesia untuk berbenah diri. Mulai dari sarana prasarana hingga pada peningkatan kualitas tenaga kependidikannya agar mampu bersaing dalam kancah internasional. Salah satu cara yang diterapkan Pemerintah Indonesia adalah dengan dicanangkannya model sekolah berstandar Internasional yang mana setiap guru/ pengajar diharuskan untuk menggunakan bahasa inggris dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari.
Melihat realita kondisi yang ada di lapangan tersebut, maka UIN Jakarta yang merupakan salah satu jenjang pendidikan yang nantinya akan mencetak para pengajar di dunia pendidikan Indonesia, diharapkan mampu memberikan bekal kepada segenap mahasiswanya agar dapat bersaing dalam kerasnya arus globalisasi dunia pendidikan dengan pemberian mata kuliah bahasa inggris di semua jurusan, di samping jurusan pendidikan bahasa inggris itu sendiri. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat berbicara bahasa inggris secara lancar dalam tiap kegiatan pembelajaran. Salah satunya seperti yang ada di jurusan BPI
Namun yang terlihat di lapangan, mahasiswa BPI hanya mampu berbahasa inggris secara pasif (writing dan reading) semata, dan ketika diminta untuk menjelaskan atau percakapan bahasa inggris di depan kelas dengan menggunakan bahasa inggris, masih banyak dari mahasiswa yang merasa kesulitan dan cenderung tidak bisa mengemukakan kosakata bahasa inggrisnya dengan baik dan benar sesuai grammar. Bahkan, akhirnya malah menjadi tidak sinkron antara apa yang dimaksud dengan apa yang diungkapkan. 
Oleh karena itu, dari HMJ BPI membuat study Club mengadakan kegiata belajar bersama yang nantinya akan dilanjutkan dengan kegiatan latihan rutin.
Diharapkan setelah mengikuti latihan rutin ini, mahasiswa BPI menjadi terbiasa dalam menggunakan kosakata bahasa inggris dalam kesehariannya, sehingga akan menciptakan lulusan mahasiswa BPI yang cerdas dan terampil berbahasa inggris, serta siap menghadapi tantangan kemajuan zaman.
D.    Dasar kegiatan
Belajar bahasa inggris dan diskusi
E.     Tujuan kegiatan
Kegiatan ini bertujuan untuk:
1)      Memotivasi mahasiswa BPI dalam membiasakan berbahasa inggris.
2)      Membekali mahasiswa BPI dalam berlatih berbicara bahasa inggris dalam kegiatan pembelajaran di study club
F.     Peserta kegiatan
Sasaran kegiatan ini adalah mahasiswa-mahasiswi jurusan Bimbingan Dan Penyuluhan Islam
G.    Bentuk kegiatan
Bentuk kegiatan ini adalah Study Club yang diisi dengan percakapan bahasa inggris, gremer, dan kosa kata
H.    Pelaksanaan kegiatan
Kegiatan ini dilaksanakan pada:
Hari/ tanggal         : Senin 30 Maret 2015
Waktu                   : 13.00 - 15.00 WIB
Tempat                  : Ruang Audittorium
Kegiatan ini akan dilanjutkan secara kontinu setiap  sekali dalam satu periode seminggu
I.       Penutup
      Demikian TOR ini kami susun semoga menjadi bahan pertimbangan dalam pelaksanaan kegiatan "Study club" yang menjadi program kerja Himpunan mahasiswa Bimbingan dan Penyuluhan Islam. Atas perhatian dan kebijakan yang diberikan kami mengucapkan terima kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini