Minggu, 13 September 2015

Ilsya Komunitas, Organisasi, dan Kelompok Sosial tugas 2

Nama   : Muhammad Aulia Ilsya

NIM    : 11150510000019

Tema   : Komunitas, Organisasi, dan Kelompok Sosial

Tugas 2

1)      Definisi Komunitas, Organisasi dan Kelompok Sosial dalam perspektif sosiologi

A.    Komunitas

Istilah komunitas atau Community diambil dari  bahasa latin (communire) yang berarti kelompok atau perkumpulan. Dan dapat diartikan sebagai "masyarakat setempat". Apabila anggota-anggota kelompok tersebut, kecil maupun besar hidup bersama sedemikian rupa sehingga merasakan  bahwa kelompok tersebut dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan kelompok tersebut maka ini yang disebut sebagai komunitas. Dapat disimpulkan secara singkat bahwa komunitas adalah suatu wilayah kehidupan sosial yang ditandai oleh suatu derajat hubungan sosial tertentu dengan dasar-dasar lkalitas dan perasaan. Unsur-unsur komunitas antara lain :

a)      Seperasaan

b)      Sepenanggungan

c)      Saling memerlukan

B.     Organisasi

Organisasi adalah suatu kelompok orang yang ada dan bekerja dalam suatu lingkup tertentu untuk mencapai tujuan yang telah disepakati bersama dengan ketentuan-ketentuan yang telah disepakati bersama  pula. Hidup organisasi biasanya lama, walaupun terjadi perubahan-perubahan tapi tanpa mengubah identitas yang menjadi strukturnya. Usaha-usaha kolektif para anggota organisasi disebut sebagai melakukan hal-hal yang bersifat formal. Kelompok formal merupakan organisasi kelompok yang mempunyai peraturan yang tegas dan sengaja dibuat oleh anggotanya untuk dtaati serta mengatur hubungan antar anggota. Karena merupakan organisasi yang resmi maka dengan sendirinya dikenal adanya struktur organisasinya, sehingga terdapat hierarki diantara anggota-anggotanya oleh karena itu terdapat pembatasan tugas dan wewenang. Karakterisitik organisasi menurut Schein adalah memiliki struktur, tujuan, saling berhubungan satu bagian dengan bagian yang lain untuk mengkoordinasikan aktivitas di dalamnya. Adapun ciri-ciri dari sebuah organisasi adalah:
a)Adanya komponen (atasan dan bawahan).
b) Adanya kerjasama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang).
c) Adanya tujuan.
d) Adanya sasaran.
e) Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati.
f) Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas.

C.    Kelompok Sosial

Kelompok-kelompok sosial merupakan kesatuan sosial yang terdiri dari kumpulan individu-individu yang hidup bersama dengan mengadakan hubungan timbal balik yang cukup intensif dan teratur, sehingga adanya pembagian tugas, struktur dan norma norma tertentu yang berlaku bagi mereka. Kelompok sosial yang paling sederhana yaitu keluarga dan hampir semua manusia pada mulanya menjadi anggota kelompok kleuarga. Walaupun setiap saat para anggotanya menyebar, tetapi mereka pada saat saat tertentu berkumpul kembali dan saling bertukar pengalaman, sehingga pada akhirnya dalam keluarga akan terjadi perubahan - perubahan. Oleh sebab itu, maka kelompok-kelompok sosial itu akan mengalami perubahan - perubahan, baik dalam bentuk maupun aktivitasnya. Menurut George Homans Kelompok sosial yaitu kumpulan individu yang melakukan kegiatan, interaksi & memiliki perasaan untuk membentuk suatu keseluruhan yang terorganisasi & berhubungan timbal balik. Dengan kata lain,  setiap kumpulan individu tak dapat disebut kelompok sosial selama belum memenuhi syarat-syarat berikut:

a)      Setiap individu harus merupakan bagian dari kesatuan sosial

b)      Terdapat hubungan timbal balik

c)      Adanya kesamaan faktor yang dapat mempererat hubungan kelompok

d)     Memiliki pola perilaku

e)      Berproses

2)      Perbedaan dan Persamaan antara Komunitas, Organisasi dan Kelompok Sosial

Persamaan

Persamaan komunitas, organisasi maupun kelompok sosial yaitu sama-sama melibatkan individu dengan individu lainnya, sama - sama sekumpulan manusia yang mempunyai tujuannya masing - masing. Jadi antar ketiga itu saling mempunyai hubungan yang signifikan karena tidak bisa hanya individu saja yang terlibat. Sebagai makhluk sosial manusia pastinya terlibat dalam tiga cakupan tersebut.

Perbedaan

Perbedaan komunitas, organisasi dan kelompok sosial yaitu terletak pada tujuannya misalkan komunitas itu bertujuan sekedar ekspresi jiwa, tergantung chemistry anggota-anggotanya. Sedangkan organisasi bertujuan yang sama dalam suatu wadah tertentu dan biasanya bersifat formal serta bernaungan hukum. Kelompok sosialpun bertujuan untuk mengabungkan suatu manusia dalam suatu wadah.

 

3)      Contoh Komunitas, Organisasi dan Kelompok Sosial dalam Kehidupan Sehari-hari

a.      Komunitas

- Komunitas pencinta basket

- Komunitas sepeda

- Komunitas pencinta alam

- Masyarakat Situ Gintung

- Suku Bangsa

b.      Organisasi

- OSIS

- PSSI

- FORSA

- DEMA

- Karang Taruna

- PBB

- ASEAN

c.       Kelompok Sosial

- Kerumunan

- Paguyuban

- Kelompok Ronda

- Keluarga

- Kelompok Bermain

- Kelompok Belajar

- Patembayan

Sumber:  Narko,Dwi-Suyanto Bagong. 2007. SOSIOLOGI Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta : Perdana Media

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini