Minggu, 20 September 2015

QURRATA 'AINI KOMUNIKASI, ORGANISASI, DAN KELOMPOK SOSIAL TUGAS 2

Qurrata 'Aini (Komunitas, Organisasi, dan Kelompok Sosial) Tugas 2

·        Definisi Komunitas, Organisasi, dan kelompok sosial

 

A.    Kelompok Sosial

Manusia sebagai makhluk sosial tentulah hidup bersama dengan orang lain. Dimana Aristoteles menyebutkan bahwa manusia sebagai zoon politikom, makhluk sosial. Sulit manusia hidup menyendiri di dunia ini, bila hal itu terjadi tentulah perilaku itu tidak sama dengan manusia. Hidup bersama dalam suatu kelompok dapat saja disebabkanoleh faktor keturunan atau secara kebetulan tinggal disuatu wilayah tertentu.

Secara umum kelompok sosial diklasifikasikan sebagai berikut:

a.       In group dan out group.

In group adalah perasaan menjadi anggota dari salah satu kelompok.

Out group adalah perasaan yang bukan anggota dari suatu keluarga terjadi dalam berbagai lapisan sosial masyarakat.

b.      Primary group dan secondary group

Primary group adalah kelompok yang antar keluarganya saling kenal satu sama lain karna pertalian darah persahabatan dan lain-lain.

Secondary group adalah karna kelompok itu timbul berdasarkan kepentingan yang sifatnya mencari untung rugi.

c.       Formal group dan informal group

Bersifat formal karna hubungan antar anggotanya dibentuk dengan sengaja berdasarkan aturan dan hukunyang diterima bersama. Sedangkan informal karna trjaninya pertemuan berulang-ulang secara pribadi yang tidak didasarkan pada suatu aturanatau hukum tertentu.

d.      Membership danrefrence group. Membership berarti anggotta dan suatu kelompok sosial tertentu. Sedangkan refrence group adalah kelompok yang diidentifikasinya walaupuan ia bukan anggota dan kelompok itu.

 

 

B.     Komunitas sosial

Komunitas dapat didefinisikan sebagai kelompok khusus dari orang-orang yang tinggal diwilayah tertentu, memiliki kebudayaan dan gaya hidup yang sama, sadar sebagai satu kesatuan dan bertindak secara kolektif dalam usaha meraka dan mencapai tujuan.

 

Definisi komunitas dapat didevini melalui:

a)      Terbentuk dari sekelompok orang.

b)      Saling berintegrasi secara sosial diantara anggota kelompoknya itu.

c)      Berdasarkan adanya kebetulan / tujuan daalam diri mereka atau diantara kelompok lain.

d)     Adanya wilayah-wilayah individu yang terbuka untuk anggota kelompok yang lain.

 

Pada dasarnya setiap komunitas yang ada itu terbentuk denagn sendirinya, tidak ada hubungan dari pihak manapun karna komunitas terbangun memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan setiap individu kelompok tersebut. Suatu komunitas biasanya terbentuk karna ada  beberapa individu yang memiliki hobi yang sama, tempat tinggal yang sama dan memiliki keterkaitan yang sama pada beberapa hal.

 

C.    Organisasi sosial

Awal mulanya suatu organisasi sosial terbentuk karna adanya desakan dan kepentingan individu-individu dalam masyarakat.didalam suatu organisasi sosial terdapat proses yang dinamis hubungan antar manusia didalamnya senantiasa berubah tindakan masing-masing orang terhadap orang lain.

Difinisi organisasi sosial diistilahkan secara harfiah adalah suatu kesatuan orang-orang yang tersusun dengan teratur berdasarkan pembagian tugas tertentu. Istilah sosial berarti segala sesuatu yang berhubungan dengan pergaulan manusia dalam masyarakat.

Organisasi sosial merupakan gabungan dari kedua istilah tersebut, dapat diartikan sebagai suatu susunan atau struktur dari berbagai hubungan antar manusia yang terjadi dalam masyarakat, dimana hubungan tersebut merupakan suatu kesatuan yang teratur.secara luas organisasi sosial diartikan sebagai jaringan tingkah laku manusia dalam ruang lingkup yang kempleks pada setiap masyarakat. Sedangkan dalam arti sempit organisasi sosial dimaksud sebagai tingkah laku seseorang dalam kelompok-kelompok kecil, seperti keluarga, sekolah dan sebagainya.

Secara ringkas organisasi sosial didefinisikan sebagai suatu rangkaian pelapisan terstruktur hubungan antar manusiayang saling ketergantungan.

 

·        Perbedaan dan persamaan Komunitas, Organisasi, dan kelompok sosial

Persamaan

Persamaan komunitas, organisasi maupun kelompok sosial yaitu sama-sama melibatkan individu dengan individu lainnya, sama - sama sekumpulan manusia yang mempunyai tujuannya masing - masing. Jadi antar ketiga itu saling mempunyai hubungan yang signifikan karena tidak bisa hanya individu saja yang terlibat. Sebagai makhluk sosial manusia pastinya terlibat dalam tiga cakupan tersebut.

 

Perbedaan

Perbedaan komunitas, organisasi dan kelompok sosial yaitu terletak pada tujuannya misalkan komunitas itu bertujuan sekedar ekspresi jiwa, tergantung chemistry anggota-anggotanya. Sedangkan organisasi bertujuan yang sama dalam suatu wadah tertentu dan biasanya bersifat formal serta bernaungan hukum. Kelompok sosialpun bertujuan untuk mengabungkan suatu manusia dalam suatu wadah.

 

·        Contoh Komunitas, Organisasi, dan kelompok sosial

1. Komunitas:

komunitas vespa, komunitas jalan pagi, komunitas

2. Organisasi:

Osis, Pramuka, Pbb, Dema, Klise, Frosa,

3. Kelopok:

Kelompok belajar, kelompok belanja, kelompok masak.

 

D.    Sumber buku

Syiani, Abdul. Sosiologi sistematika, teori, dan terapan. Pt. Bumi Aksara. Jakarta:22012

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini