Minggu, 20 September 2015

Seli Nursolihat - KPI 1A - Konflik Sosial dan Perebutan Sumberdaya - Tugas3

Nama: Seli Nursolihat

Nim: 11150510000043

Kelas: KPI 1A

Konflik Sosial dan Perebutan Sumberdaya

A.    DEFINISI KONFLIK SOSIAL

Konflik sosial adalah suatu bentuk interaksi yang ditandai oleh keadaan saling mengancam, menghancurkan, melukai, dan melenyapkan diantara pihak-pihak yang terlibat. Sebenarnya, konflik tidak selalu membawa dampak negatif. sisi positif konflik sosial adalah konflik mengawali terjadinya perubahan. Pertentangan antar kelompok-kelompok sosial pada dasarnya adalah konflik mengawali terjadinya perubahan. Pertentangan antara kelompok-kelompok sosial pada dasarnya adalah bentuk tuntutan terhadap perubahan kondisi yang tidak menguntungkan. Suatu kelompok yang merasa diperlakukan tidak adil menuntut perubahan untuk memperjuangkan perubahan itu, jalan yang ditempuh adalah  menentang kondisi yang ada.

B.     SUMBERDAYA DALAM PERSPEKTIF SOSIOLOGI

Sumberdaya adalah suatu nilai potensi yang dimiliki suatu unsur tertentu dalam kehidupan. Sumberdaya terdiri dari sumberdaya fisik dan non fisik. Semua sumber baik manusia, materi, maupun energi yang secara nyata dan potensial dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan disebut sumberdaya. Sumberdaya ternasuk dalam kajian sosiologi lingkungan. Beragam perilaku sosial seperti konflik dan integrasi yang berkaitan dengan perubahan kondisi lingkungan, hal ini juga sangat berpengaruh terhadap sumberdaya baik sumberdaya fisik maupun sumberdaya non fisik.

C.     BERBAGAI KONFLIK DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

1)      Konflik pribadi

konflik pribadi merupakan konflik yang terjadi antarpribadi karena adanya perbedaan-perbedaan tertentu yang saling dipertahankan oleh masing-masing pihak.

2)      Konflik antarkelas atau antargolongan sosial

Terbentuknya kelas-kelas sosial menyebabkan terjadinya konflik antar kelas. Misalnya seperti yang diungkapkan oleh karl marx yaitu konflik antara kelas borjuis dan proletar (buruh)

 

 

3)      Konflik politik

Konflik politik menyangkut golongan-golongan dalam masyarakat (kepentingan) maupun diantara negara-negara yang berdaulat.

4)      Konflik rasial

Konflik rasial adalah pertentangan kelompok ras yang berbeda karena kepentingan kebudayaan yang saling bertabrakan.

5)      Konflik antarkelompok

Konflik antarkelompok adalah konflik yang terjadi karena persaingan untuk mendapatkan mata pencaharian yang sama atau terjadi karena pemaksaan unsur-unsur kebudayaan tertentu. Disamping itu mungkin ada pemaksaan agama, dominasi politik, adanya konflik tradisional yang terpendam.

 

 

Sumber buku:

Wartanto, SE, MM. Sosiologi untuk SMA. Jakarta, Gemesis Mitra Sampora.

 

Bagong suyanto dan J. Dwi Narwoko. 2006. Sosiologi teks pengantar dan terapan. Jakarta: kencana prenada Media Group.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini