Sabtu, 03 Oktober 2015

Kabir Al-Fadly H - Imajinasi Kenyamanan - Tugas4

Kabir Al Fadly H

Pengantar Sosiologi

KPI 1A

 

A.     Taman Potret, Cikokol, Tangerang.

 

Taman Potret adalah sebuah taman kota dari ratusan taman kota yang baru dibuat oleh pemerintah kota Tangerang. Tahun ini dibawah pemerintahan walikota Arief Wismansyah pemerintah Kota Tangerang merencanakan pembangunan 160 taman kota baru di seluruh wilayah kota Tangerang. Dengan berbagai pertimbangan dan alas an yang nati kita akan bahas pada point selanjutnya.

Akhirnya berdirilah ratusan taman kota tersebut dan salah satunya adalah Taman Potret. Taman Potret terletak di daerah Cikokol, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang. Berada diapit oleh dua jalan utama di Kota Tangerang yaknio Jalan Sudirman dan Jalan Perintis Kemerdekaan membuat Taman Kota yang satu ini menjadi sangat strategis.Di samping itu posisi taman potret juga menjadi sangat strategis karena berada tepat di samping komkplek perkantoran Tangerang City dan TangCity mall. Juga berada tepat di depan komplek Modernland. Selain itu diapit pula oleh Rumah Sakit Umum Kota Tangerang serta Komplek Perkantoran dan Pendidikan Cikokol serta STIK Raharja.

Posisi tersebut membuat taman kota yang satu ini selalu ramai dikunjungi oleh berbuagai kalangan masyarakat. Mulai dari pebisnis, mahasiswa, pelajar ataupun masyarakat biasa yang hanya ingin sekedar jalan-jalan dan bersantai melepas lelah di kawasan taman kota ini. Karena bukan hanya taman potret, tepat di depannya di samping underpass cikokol ada dua taman lagi yakni taman cikokol dan taman perintis. Namun tetap yang menjadi perimadona pengunjung adalah taman potret. Karena taman yang lain berisikan hanya pohon-pohonan dan bunga saja.

Namun yang sebenernya menjadi daya tarik dari taman potret itu sendiri adalah arsitektur dan tampilan dari penataan taman tersebut. Taman potret bukan hanya menjadi sekedar tempat berkumpul berbagai komunitas. Namun taman ini menjadi proyek percontohan bagi taman-taman yang lain. Karena di dalamnya terdapat berbagai replika dan juga karya karya seni monumental yang sangat indah untuk diabadikan dan menjadikan tempat ini sebagai tempat objek foto yang juga membuat taman ini disebut taman potret. Karena keberadaan berbagai benda tersebut yang dapat dijadikan sekedar objek poto selfie bahkan menjadi tempat pre-weedd.

Objek-objek foto seperti miniature kapal pinisi, rumah kebaya, I love Tangerang, Patung Perak, Replika Binatang binatang, jembatan Cinta dan objek objek lainnya. Kebersihan dan keterawatan taman ini pula menjadikan taman ini kian ramai dikunjungi masyarakat. Untuk berfoto ria, olahraga, temu kangen dan sebagainya.

Taman ini menjadi objek wisata alternative baru bagi masyarakat Tangerang yang disibukan dengan berbagai aktifitas bisnis dan pendidikan, taman ini menjadi tempat yang cocok melepas penat setelah seharian bekerja di kantor atau belajar di kampus dan sekolah. Para pedagang kaki lima pun kian hari kian ramai berjualan di taman kota yang baru selesai dibangun bulan Juli lalu dan diresmikan oleh Walikota Tangerang. Semoga keterawatan dan keindahan Taman Kota yang menjadi icon baru kota Tangerang ini tetap terjaga.

 

 

B.      Pengaruh Taman Potret bagi Kehidupan Masyarakat Sekitar.

 

Keberadaan taman potret yang menjadi icon baru di kota Tangerang jika dilihat dari teori Konflik pada pelajaran pengantar sosiologi merrupakan supra struktur dari kerangka berfikr maju pemerintah kota tangerang melihat kedepan, di tengah tingkat depresi masyarakat sosial perkotaan yang disibukan dengan padatnya jadwal kerja maupun sekolah. Taman Potret hadir menjadi solusi alternative masyrakat kota tangerang yang butuh akan tempat wisata yang efektif dan efesien, serta tercapai dalam perspektif waktu dan biaya. Taman potret telah menjawab itu semua

Lewat kecerdasan kebijakan pemerintah kota tangerang taman potret ini mampu memberikan rasa nyaman dan refresh bagi masyarakat kota tangerang sekaligus rasa bangga. Sebagai  solusi jitu di dalam kota sendiri untuk memenuhi kebutuhan rohani social masyarakat berupa hiburan dan tempat melepas penat.

Selain itu jug ataman ini sangat berpengaruh pada kehidupan beberapa masyarakat tanngeranag baik dari sisi social yang membirikan celah seluas mungkin bagi seluruh elemen masyarakat kota tangerang, baik individu, kelompok maupun komunitas untuk hadir berkumpul dan berinteraksi antar sesame masyarakat tangerang. Yang biasanya mall dan pusat perbelanjaan menjadi tempat temu. Namun jika di mall interaksi yang terjadi hanya seputar bisnis, jual beli dan perdagangan. Hanya terpaku pada hal yang berbau individual bukan kelompok. Lain halnya jika bertemu di taman akan terjadi interaksi yang lebih aktif lagi antar seluruh pengunjung taman-taman kota yang ada di tangerana khususnya taman potert ini.

Jadi, pembangunan taman potret ini sangat memiliki fungsi positif bagi masyarakat . namun segala sesuatu pasti memiliki dua mata pisau. Termasuk taman potret. Kurangnya pengawasan dan lampu penerangan jika malam hari, maka dikhawatirkan tempat ini akan menjadi pusat interaksi kejahatan seperti tempat mesum, minum bahkan judi dan tindak kejahatan lainnya.sudah selayaknya bagi kita semua utamanya pemerintah kota tangerang untuk aktif mengawasi tata kelola dan tata teknis dari taman yang menjadi kebanggaan masyarakat Tangerang ini.

Dan sudah selayaknya kita sebagai masyarakat berbangga, dan juga aktif menjaga keterawatan dari apa saja yang sudah dibangun dan diprogramkan oleh pemerintah baik pusat maupun daerah khususnya kita masyarakat kota Tangerang. Untuk terus menjaga dan berpartisipasi aktif bagi pembangunan paling tidak sekedar mengunjungi taman-taman kota yang ada di tangerang, khususnya taman kota kebanggaan kita bersama yakni Taman Potret.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini