Rabu, 13 April 2016

jamillah (1113054000040)_Mir'atun Nisa (1113054000038)_Peran Formala dalam kehidupan sekitar dan masyarat

FORUM MAHASISWA LAMONGAN (FORMALA) JAKARTA
           
FORMALA (Forum Mahasiswa Lamongan) Jakarta adalah organisasi kedaerahan (Primordial) yang mulai dirintis pada tahun 1993 sebagai suatu wadah yang diproyeksikan sebagai media mahasiswa Lamongan yang ada di Jakarta dan sekitarnya untuk melakukan berbagai proses kreatifitas dan ajang melakukan peran-peran intelktual dan sosial-kemasyarakatan.
Pada perkembangan berikutnya, tepatnya tanggal 4 Juni Tahun 1994 dibentuklah organisasi yang bernama FORUM MAHASISWA LAMONGAN (FORMALA) Jakarta secara resmi sebagai wadah silaturrahim dan perjuangan bersama di perantauan Ibu Kota Indonesia, dan tanggal inilah yang akhirnya ditetapkan sebagai hari lahir FORMALA.
Sejak awal berdirinya FORMALA telah mengalami beberapa kali regenerasi Kepengurusan, Yakni; Tahun 1993-1996 dipimpin oleh Cak Ahsin Abdul Wahab dan Cak Amin Jauhari, Tahun 1996-1998 diketuai oleh Cak Nur Ahmad, Tahun 1998-2001 diketuai oleh Cak Khoirul Yazid, Tahun 2001-2002 diketuai oleh Cak Ali Ghozi, Tahun 2002-2004 diketuai oleh Cak Muhibbudin dan Tahun 2004-2007 ini diketuai oleh Sahabat Anam Anshori.
Tujuan dibentuknya FORMALA adalah agar dapat menjadi wadah yang mampu mengkoordinasikan seluruh mahasiswa Lamongan yang ada di Jabodetabek untuk menggembangkan diri bersama serta tidak lupa kepada daerah dimana ia dilahirkan. Oleh karena itu, seluruh kader muda Lamongan yang terkoordinasi dalam wadah FORMALA ini, diharapkan akan menjadi anak-anak daerah yang memiliki wawasan luas, kaya akan pengalaman serta mempunyai komitmen yang tinggi dalam perjuangan untuk membangun dan mengembangkan daerah Lamongan.
            Untuk mewujudkan harapan besar dan mulia tersebut, setidak-tidaknya membutuhkan sebuah semangat kebersamaan serta kesadaran kolektif sebagai komunitas rantau yang harus selalu berangkul dan saling bahu-membantu untuk berkembang bersama.Tanpa hal tersebut, niscaya mustahil kita mampu untuk menjadi sebuah kekuatan yang memiliki potensi sebagai aset intelektual dan sumber daya manusia unggul bagi daerah Lamongan nantinya.
 
 
No
Kejadian
Tahun
1
Pesantren Kilat 
"THE POWER OF RAMADHAN"
01 - 02 Agustus  2012
(Untuk Tingkat SMP/Sederajat)
2
Pesantren Kilat 
"THE POWER OF RAMADHAN"
04 – 05 Agustus 2012
(Untuk Tingkat SMA/sederajat)
3
Mengajar ngaji Anak-anak di daerah Masjid Kampung sawah dari jam 3 sampai jam 5
2014 (Bulan Ramadhan)
4
Bakti Sosial di Tanah Abang
18 April 2015
5
Bakti Sosial di Kota Tua
15 September 2015
6
Menyediakan Catering Untuk Makan Saur
2015 (Bulan Ramadhan)
 
Alasan mengapa pada tugas kali ini kami memilih membahas mengenai Forum Mahasiswa lamongan (FORMAlA) dikarenakan menurut saya organisasi ini cukup berdampak kepada lingkungan dan ekologi manusia. hal tersebut dapat di buktikan dari kegiatan Kerja Bakti bagi para anggota beserta masyarakat mengadakan kerja bakti bersama di daerah secret FORMALA 1 Bulan sekali sehingga berdampak pada terjaganya got-got dan sampah yang ada. Namun Memang belum ada kelanjutan dari sampah / barang bekas yang ada setelah bergotong royongakan di apakan. Baru hannya sekedar dalam hal menjaga lingkungan agar tetap bersih dan rapih.
Sedangkan peran FORMALA dalam kehidupam bermasyarakat nya ialah pengadaan kegiatan mengajar ngaji yang dilakukan oleh anggota FORMALA terhadap anak-anak di sekitar. Serta keikut sertaan mahasiswa atau anggota FORMALA dalam penyediaan catering sehingga mahasiswa terkait mendapatkan kegiatan dan uang tambahan selama bulan Ramadhan tahun lalu. Dan adanya kegiatan-kegiatan baksos yang dilakuan secara bergilir pada tiap tahun nya.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini