Rabu, 13 April 2016

Suryo W. & Aditya A._Peran Lembaga Terhadap Masyarakat Sekitar_Tugas ke-5

Nama               : Suryo Widodo

                          Aditya Awaludin

 

 

 

Sejarah pembangunan dan modal awal pondok pesantren Nurul Hijrah(TimeLine)

 

 

Sebelumnya kami pernah membahas tentang pesantren ini namun kami mencoba untuk memperdalamnya.Awal berdiri pesantren ini sebenarnya adalah wasiat dari seorang kakak pendiri pesantren ini. Beliau meninggal dan memberikan pesan kepada adiknya yaitu kyai haji abu hanifa toyib  untuk membuat pesantren. Akhirnya pada tahun 1999 mulai lah dibuat sebuah pesantren dengan konsep pesantren salaf. dan sejak itu K.H. Abu Hanifa Toyyib mulai membangun pesantren ini, pesantren ini terbangun secara bertahap, modal awal pesantren ini dari K.H Abu Toyyib, Pesantren ini mulai  berdiri dan diresmikan  pada tanggal 5 oktober tahun 2000. Perkembangan pesantren ini semakin berkembang dari tahun ke tahun. Awal dari pesantren ini berdiri konsepnya masih pesantren salaf, namun sekarang sudah menjadi pesantren modern. Seiring dengan berjalannya waktu lambat laun makin banyak donatur yang membantu perluasan pembangunan pesantren ini mulai dari mantan gubernur DKI Jakarta fauzi bowo, sampai penyayi dangdut H. Rhoma Irama.  Selain itu pembangunan pesantren ini tidak hanya kyai dan para donatur saja  yang berjasa dalam pembangunan pesantren, masyrakat sekitar pondok pesantren juga menyumbangkan dana dan tenaga untuk pembangunan pesantren tersebut.

Menurut kurniawan,  salah satu guru/pengabdi di pesantren tersebut, di pondok pesantren Nurul Hijrah ini memakai konsep pembelajaran pesantren modern,dengan mengaitkan ilmu pengetahuan lainnya didalam kegiatan belajar mengajar, tidak hanya pelajaran agama saja. serta menambahkan ekstra kulikuler atau ekskul, untuk menambah wawasan siswa pondok pesantren tersebut. Namun dalam pesantren ini tidak meninggalkan unsur salaf dalam dalam pembelajaran agamanya. Karena Kyai Abu Hanifa Toyyib sendiri adalah alumni pesantren Gontor sehingga pembawaan dan pengajaran agamanya lebih condong ke arah pesantren Gontor.

 

Tabel TimeLine pondok pesantren Nurul Hijrah

No.

Waktu ( Tahun)

Peristiwa

1

1999

Awal mula Pembuatan Ponpes Nurul Hijrah

2

2000

Peresmian Pesantren

3

2007-2010

Perluasan/ Penambahan bangunan Ponpes

4

-

Pergantian konsep belajar menjadi Ponpes Modern

 

Hubungan kasualitas ( Sebab-Akibat) :

No.

Sebab

Akibat

1

Permintaan dan wasiat dari kakak K.H abu hanifa toyib  

K.H abu hanifa toyib  berkewajiban untuk mendirikan Pesantren

2

Permintaan izin dari warga sekitar untuk mendirikan pondok pesantren

Banyak warga sekitar saat pembangunan ponpes membantu dalam bentuk uang maupun tenaga

3

Penambahan Modal dari pemerintahan dan bang H.Rhoma

Perluasan dan penambahan bangunan Ponpes Agar fasilitas menjadi lebih lengkap dan lebih nyaman di gunakan oleh para santri

4

Perubahan konsep Belajar

Bahan Ajaran jadi lebih fresh karena apa yang di ajarkan menjadi lebih update dan tidak tertinggal oleh zaman

 

 

 

Pengaruh Pondok Pesantren Nurul Hijrah Pada Ekologi Manusia di sekitar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini