Sabtu, 24 November 2012

Dede Fauziah_Kelompok sosial_ciklet organization

Judul Penelitian           : Kelompok sosial : Studi kasus Ciklet Organization
Peneliti                        : Dede Fauziah (111205110022)
 
I.                   Latar Belakang
Secara sosiologisnya hidup manusia itu selalu tergantung dengan manusia lainnya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya kelompok sosial (social group) di dalam kehidupan manusia, karena manusia tidak dapat hidup secara mandiri. Kelompok sosial biasanya berkenaan dengan nilai-nilai individu serta masyarakat sekitar, yang memeiliki peran dan dampak positif bagi masyarakatnya.
Sedangkan secara teoritisnya kelompok sosial merupakan kesatuan sosial yang terdiri dari kumpulan individu-individu yang hidup bersama dengan mengadakan hubungan timbal balik yang cukup intensif dan teratur, sehingga daripadanya diharapkan adanya pembagian tugas, struktur serta norma-norma tertentu yang berlaku bagi mereka.
Menurut Cooley, kelompok ditandai dengan adanya hubungan yang erat dimana anggota-anggotanya saling mengenal dan sering kali berkomunikasi langsung berhadapan muka ( face to face ) serta terdapat kerja sama yang sifat pribadi atau adanya ikatan psychologis yang erat. Dari ikatan-ikatan psychologis dan hubungan yang bersifat pribadi inilah, maka akan terjadi peleburan-peleburan daripada individu-individu dalam satu kelompok, sehingga tujuan-tujuan individu menjadi juga tujuan kelompoknya.
 
II.                Pertanyaan Pokok Penelitian
1.      Bagaimana hubungan Ciklet Organization dengan masyarakat serta kelompok sosial lainnya ?
 
III.             Metode Penelitian
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif karena menurut peneliti metode ini mudah dan cocok digunakan.
 
Penelitian ini dilakukan pada :
Hari / tanggal        : Sabtu, 24 November 2012
Tempat                  : Jalan Raya Puspiptek desa kademangan, Muncul
 
IV.             Gambaran Objek
Kelompok sosial ini berdiri pada tahun 2006 dengan nama Ciklet Organization. Ciklet merupakan kumpulan individu-individu yang memiliki kegemaran dan hobi yang sama. Mereka adalah sekelompok orang-orang yang menyukai kegiatan olahraga khususnya olahraga futsal.
Awal berdirinya ciklet yaitu dari sebuah pertemaman yang sederhana yang memiliki kegemaran yang sama serta pemikiran yang sama akan dunua futsal dan dari situlah muncul ide untuk membentuk sebuah komunitas pecinta olahraga khususnya di futsal ini, yang kemudian di beri nama Ciklet Organization.
Ciklet telah memili cabang di beberapa kota di Indonesia, contohnya berada di kota Bandung dan NTT. Untuk ciklet di daerah serpong khususnya di ketuai oleh Muhammad Rosian, atau biasa di panggil Rosi. Dari penjelasan Rosi walaupun ciklet menggeluti di bidang keolahragaan, namun kegiatan-kegiatan yang dilakasanakan bukan hanya di bidang keolahragaan namu di bidang sosial juga, hal itu untuk membuktikan bahwa para anggota ciklet memiliki sikap simpati pada masyarakat sekitar.
 
V.                Analisis
Setelah penelitian ini dilakukan, dapat di mengerti bahwa di dalam kehidupan yang luas ini terdapat banyak kelompok-kelompok sosial serta adanya  interaksi sosial dan tindakan sosial. Kita telah mengetahui bahwa kelompok sosial adalah kumpulan individu-individu yang membentuk kebersamaan, adanya ikatan psychologis dan memiliki kerja sama untuk mencapai tujuan yang sama. Dalam kelompok sosial diperlukannya interaksi sosial dan tindakan sosial terhadap masyarakat maupun kelompok sosial.
Ciklet Organization merupakan salah satu kelompok sosial, karena di dalamnya terdapat para individu-individu yang memiliki hobi di bidang keolahragaan khususnya olahraga futsal. Ciklet memiliki hubungan sosial dan interaksi sosial yang baik dengan masyarakat sekitar. Hal ini dibuktikan dengan adanya ciklet di bidang sosial. Ciklet telah banyak melakukan kegiatan-kegiatan dalam bidang sosial contohnya yaitu sering mengikuti kerja bakti di daerah setempat guna mempererat silatuhrahmi kepada masyarakat sekitar. Selain itu ciklet juga sering mengadakan bakti sosial terhadap sesama dan sering mengadakn penggalangan dana untuk korban bencana alam.
Hubungan ciklet dengan masyarakat sangat baik dan mendapat respon yang baik pula dari masyarakat. Bukan hanya itu, hubungan ciklet dengan para kelompok sosialnya juga sangat baik, mereka saling melakukan kerja sama untuk mengadakan acara tertentu yang fungsinya untuk menjalin keakraban, persahabatan serta untuk menjalin hubungan silatuhrahmi yang baik.
Seperti yang telah dijelaskan bahwa kelompok sosial di perlukannya interaksi sosial dan tindakan sosial didalamnya. Dan diperlukan adanya berpikir lebih mendalam dan tahu alasan subjektif dari penjelasan orang lain. Menurut weber, metode yang bisa di pergunakan untuk memahami arti-arti subjektif tindakan sosial seseorang adalah dengan verstehen. Istilah ini tidak hanya sekadar merupakan introspeksi. Sebaliknya menurut weber yang di maksud denhan dengan verstehen yaitu kemampuan untuk berempati atau kemampuan untuk menempatkan diri dalam kerangka berpikir orang lain yang perilakunya mau dijelaskandan situasiserta tujuan-tujuannya mau di lihat menurut prespektif itu ( Johnson, 1986 : 216 ).
Dari penjelasan weber dapat di harapkan untuk para kelompok sosial khususnya bagi ciklet dapat mengaplikasikan metode yang di jelaskan oleh weber, yaitu kelompok sosial harus memiliki kemampun untuk berempati terhadap orang lain.
 
 
 
 
DAFTAR PUSTAKA
Narwoko, J. Dwi & Bagong Suyanto, 2007,Ssosiologi Teks Pengantar dan Terapan, Jakarta : Kencana
Giddens,Anthony, Daniel Bell, Michael Forse, dkk. 2004, 2005, 2008, 2009, Sosilogi Sejarah dan Berbagai Pemikirannya, Bantul : Kreasi Wacana
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini