Selasa, 04 November 2014

Hasil Wawancara_Arif Rahman Hadi_Diya Urrahman_PMI 5

DEMOGRAFI

HASIL WAWANCARA INSTITUSI :

Rumah Sakit Bersalin PKU Muhammadiyah Cipondoh Kota Tangerang

 

 

Disusun Oleh :

Diya Ur Rahman       (1112054000025)

Arif Rahman Hadi    (1112054000026)

 

Dosen Pembimbing :

Dr. Tantan Hermansyah

 

Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam

Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Jakarta

 

A.    Pertanyaan kritis untuk Institusi     :

1.      Apa motif dari pendirian institusi kesehatan ?

Jawab       :

jadi awal mula motif didirikannya Rumah sakit bersalin muhammadiyah cipondoh ini pada waktu itu direktur yg lama melihat dikawasan cipondoh belum ada rumah sakit bersalin, terlebih lagi di daerah tangerang sendiri muhammadiyah juga belum ada sarana atau pra sarana dalam bidang kesehatan untuk melayani masyarakat. Dilain sisi juga masyarakat cipondoh terlihat membutuhkan rumah sakit bersalin didaerahnya, karena rumah sakit tidak ada disekitar cipondoh pada saat itu. Oleh sebab itu motif didirikannya rumah sakit bersalin muhammadiyah.

2.      Bagaimana institusi memahami perilaku klien/konsumen/masyarakat pengguna jasa kesehatan ini ?

Jawab       :

Untuk memahami prilaku pasien,RS bersalin muhammadiyah menggunakan penganalisaan dengan cara menaruh kotak saran di sekitar RS Bersalin tersebut. Dengan begitu dokter-dokter atau staf" di rumah sakit bersalin dapat mengetahui bagaimana tanggapan mereka terhadap pelayanan rumah sakit bersalin tersebut.

3.      Pandangan mereka tentang penyelenggaraan kesehatan di indonesia (secara umum), dan di daerah/lokasi tempat lembaga/institusi beroprasi ?

Jawab       :

Menurut pandangan Dr. Andy tentang penyelenggaraan rumah sakit di Indonesia pada umumnya itu sudah mulai baik, tetapi menurut dia pelokasian atau tempat lokasi rumah sakit di Indonesia ini terlalu dekat jaraknya, atau tidak ada peraturan dalam mendirikan rumah sakit dalam segi tempat, karena menurut Dr. Andy jika jarak antara rumah sakit dekat akan dapat menghancurkan rumah sakit yang sebelumnya, atau akan dapat terjadinya persaingan tidak sehat antara rumah sakit tersebut. Sedangkan kalo tentang penyelenggaraan rumah sakit disekitar cipondoh menurut Dr. Andy itu masih kurang banyak atau bahkan bisa dibilang tidak ada, paling hanya klinik yang ada dicipondoh, itu juga masih kurang optimal dalam melayani pasien, bahkan menurut Dr Andy di salah satu klinik dicipondoh hanya ada bidan yang melayani pasien bukan seorang dokter, oleh sebab itu kurang optimal dalam melayani pasien.[1]

 

 

 

 

B.     Pertanyaan untuk Masyarakat        :

1.      Mengapa Bapak/Ibu/ memilih klinik atau rumah sakit ini ?

Jawab        :

Menurut saya rumah sakit ini memiliki tempat yang strategis mudah di jangkau untuk masyarakat, baik dekat maupun jauh, letak lokasinya pun memiliki akses kendaraan angkutan umum untuk mempermudah. Dari rumah sakit bersalin ini khususnya dokter umum memberikan suatu pengobatan yang sangat baik dan cocok untuk semua kalangan. Serta memiliki fasilitas yang lengkap untuk membuat nyaman para pasien. Dan harga pengobatannya pun sangat terjangkau.

2.      Bagaimana tanggapan Bapak/Ibu tentang pelayanan dirumah sakit ini ?

Jawab        :

Pelayanan di rumah sakit ini sangat baik menurut saya, karena memiliki pelayanan pada pasien yang cukup ramah dan sabar menghadapi keluhan pada pasien itu sendiri. serta tidak pernah mempersulit persyaratan-persyaratan bagi warga yang kurang mampu.[2]



[1] Hasil wawancara, Dr. Andy, Direktur RB PKU Muhammadiyah Cipondoh Kota Tangerang. (Pukul : 08.30 WIB Tanggal 4 November 2014).

[2] Hasil Wawancara, Bpk. Samsudin Pasien RB PKU Muhammadiyah Cipondoh Kota Tangerang (Pukul 09.10 WIB tanggal 4 November 2014)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini