Selasa, 04 November 2014

Tugas Observasi ke RS swasta

Demografi dan Kesehatan Lingkungan

Observasi lapangan RS Prima Medika

Imam Ramadhan         1112054 000 009

M. Iqbal Salis              1112054 000 017

Pengembangan Masyarakat Islam

Keterangan dari Rumah sakit Prima Medika Ciputat

Motif dari pendirian institusi kesehatan Prima Medika didirikan karena dokter-dokter spesialis yang mempunyai keinginan untuk mendirikan rumah sakit bertaraf Internasional yang kemudian dituangkan berbadan hukum untuk menjadi Perseroan Terbatas, selain itu juga pendirian rumah sakit ini karena unsur bisnis dan memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

RS Prima Medika ini melakukan pelayanan terhadap pasien sesuai dengan komitmen institusi ini, bersedia memahami keluhan kesehatan yang dialami oleh masyarakat, dalam RS ini mempunyai Dokter-dokter spesialis bedah dan menggunakan peralatan terbaru, pasien akan merasa seperti dirawat dirumah sendiri. Pelayanan 24 Jam kami tidak pernah berhenti dalam melayani kami siapkan fasilitas poliklinik yang akan bersedia menangani keluhan kesehatan yang dialami masyarakat, dalam emergency peralatan yang baik saja tidak cukup untuk pertolongan dalam kasus emergency untuk itu unit kami telah terlatih dalm ATLS (advance trauma life suport) sebuah standar pertolongan yang diakui USA. Salah satu fasilitas disini yaitu KID GROUND tempat bermain anak dan anda bebas melakukan kunjungan keruang perawatan, karena membawa anak keruang perawatan sangat berbahaya bagi anak dan salah satu memberikan pelayanan terhadap pasien adaanya kotak saran yang disediakan pihak rumah sakit.

Pandangan terhadap penyelenggaraan kesehatan di Indonesia dirasa masih kurang karena Upaya kesehatan di Indonesia belum terselenggara secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan. Penyelenggaraan upaya kesehatan yang bersifat peningkatan dan pencegahan  masih dirasakan kurang, seperti kurangnya fasilitas didaerah daerah terpencil di indonesia. Jika dalam penyelenggaraan kesehatan di daerah ciputat ini dirasa sudah cukup memadai sekarang banyaknya rumah sakit, klinik baik swasta maupun pemerintah yang semakin baik dalam pelayanan dan fasilitasnya.

Keterangan dari Pasien atau Masyarakat

Keterangan salah satu pasien yang dirawat mengapa saya memilih RS ini karena mendapat Rujukan dari Bidan yang berada dirempoa yang memang dekat dari rumahnya, selain itu juga ia belum mempunyai BPJS untuk dirawat di RS Pemerintah. Walaupun memang RS Swasta lebih mahal dalam biaya Dokter dan Obat, tetapi ia lebih senang ketika pasien lebih diutamakan dalam urusan pelayanan.

Tanggapannya terhadap RS/ Klinik Pemerintah ia mengalami kendala dalam birokrasi mengurus surat-surat, selain itu juga ia pernah berpengalaman ketika dirawat di RS Sari Asih ia meminta rujuk ke RS Fatmawati untuk mendapatkan perawatan lebih Intensif tetapi dalam Birokrasi mengalami kendala, saat itu ia mengatakan saya bayar cash disini tanpa menggunakan surat keterangan tidak mampu, tetapi tetap saja dalam pelayanan tersebut berbeli-belit dan ia lebih menyukai pelayanan dalam RS swasta yang memang dalam segi biaya lebih mahal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini