Jumat, 12 Juni 2015

TOR SOSPED Desa Cinangneng_ Siti Maghfiroh_PMI 2

NAMA: SITI MAGHFIROH

NIM : 11140540000007

JURUSAN PMI_2

BAB I

Dasar Pemikiran

INFRASTRUKTUR DI BIDANG KOPERASI DAN UKM

Kegiatan Usaha kecil Menengah atau yang sering disingkat sebagai UKM merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian atau negara maupun daerah, khususnya di Desa Cinangneng. UKM ini sangat memiliki peranan penting dalam lajunya perekonomian Masyarakat Desa Cinangneng. UKM ini sangat membantu Masyarakat atau pemerintah dalam hal penciptaan lapangan kerja baru dan lewat UKM  juga banyak tercipta unit-unit baru yang yang menggunakan tenaga-tenaga baru yang dapat mendukung pendapatan rumah tangga.  Oleh sebab itu, dengan adanya UKM Masyarakat di desa Cinangneng akan kebutuhan pokok terpenuh. Karena Desa Cinangneng tidak memiliki BUMDES sehingga pelaku usaha kecil perlu dukungan modal dan skill. Selain itu Desa Cinangneng tidak memiliki SDM yang memadai untuk mengelola koperasi, sarana produksi pertanian harganya mahal, sehingga kurang tersedianya alat bajak mekanis, dan Koperasi tidak memiliki modal yang Cukup.

            BAB II

Metode Penelitian

A.    Paradigma

Dalam peneliian ini, peneliti  menggunakan metode Kualitatif. Paradigma kualitatif ini juga merupakan Paradigma penelitian yang menekankan pada pemahaman mengenai masalah-masalah dalam kehidupan sosial berdasarkan kondisi realitas yang kompleks dan rinci. Paradigma ini mengunakan pendekatan induksi yang mempunyai tujuan penyusunan kontruksi teori melalui pengungkapan fakta. Paradigma ini disebut juga dengan pendekatan kontruktifis.

 

B.     Metode

Subyek penelitian        : Masyarakat Desa Cinangneng

Sumber Data               : Hasil wawancara dan dokumentasi

Jenis sumber data:

1.      Data perimer yaitu data yang diperoleh dari  penduduk langsung dengan mengajukan pertanyaan  secara tertullis untuk mendapatkan jawaban diperlukan peneliti.

2.      Data sekunder yaitu: data penunjang yang di peroleh dari lembaga  pemerintah setempat dan masyarakat.

 

C.    Waktu dan Lokasi

Penetian ini dilaksanakan pada 2 Minggu kedepan, di desa Cinangneng, kecamatan tanjolaya kabupaten bogor.

BAB III

Pertanyaan Penelitian

1.      Bagaimana cara memajukan UKM di Desa Cianangneng ?

 

BAB IV

Tinjauan Teorotis

Kontruktivisme merupakan landasan berfikir ( filosofi)  pembelajaran konsektual yaitu: bahwa pengetahuan dibangun oleh manusia sedikit demi sedikit, yang melalui konteks yang terbatas dan tidak secara tiba-tiba, pengetahuan bukanlah seperangkat fakta-fakta atau kaidah yang siap untuk diambil dan diingat, manusia harus mengkontruksi pengetahuan itu dan memberi makna melalui pengalaman melalui pengalaman nyata.

BAB V

Ruang Lingkup Penelitian

Berikut adalah ruang lingkup penelitian di desa cinangneng :

1.      Sosialisasi

2.      Pelaksanaan survey oleh kepala desa, RW, Dan RT Desa Cinangneng

3.      Pelaksanaan wawancara kepada warga sekitar Desa.

4.      Setelah data terkumpul saya akan membuat laporan.

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini