Jumat, 21 Desember 2012

TUGAS 12 / Fitri Permata Sari / KPI 1E

TEMPE MEMBERIKAN BANYAK PERUBAHAN
 
 
Nama    : Fitri Permata Sari
NIM       : 1112051000151
Tema     : Sosok Pengubah
 
1.         Latar belakang
            Jakarta merupakan kota terpadat penduduknya di pulau jawa, faktor ini menjadi salah satu penyebab sempit nya lahan pekerjaan. Hal ini menyebabkan warga ibukota Jakarta harus pandai-pandai memutar otak untuk mendapatkan pekerjaan atau membuat suatu usaha yang dapat di jalankan dengan baik. Contohnya bapak Muhammad Rusyad Isnadi, seorang pengusaha tempe di daerah Kebayoran lama Jakarta selatan. Awal mula karir nya, setelah di keluarkan dari perusahaan awal ia bekerja dan menganggur untuk waktu yang lumayan cukup lama, ia ikut bekerja di tempat adiknya, "Saya ikut membuat tempe di tempat adik karena bingung mau kerja apa," katanya saat ditemui di tempat usahanya beberapa waktu lalu. Singkat cerita setelah cukup menguasai teknik pembuat tempe kedelai, Isnadi memutuskan membangun usaha sendiri. Karna takut menjadi beban jika terlalu lama bekerja dengan adik nya. Jadi, membuka usaha sendiri. Keputusan itu ia ambil setelah dia yakin bisa membuat tempe sendiri. Seiring berjalannya waktu usaha Bapak Isnadi terus berangsur berjalan dengan baik dan Berkat usaha tempe mentega nya, Isnadi sudah mampu membeli mobil, membangun rumah dan lokasi usaha yang dapat menampung banyak karyawan yang dulu nya tidak mempunyai pekerjaan sama sekali. Ia berharap usahanya bisa diteruskan anaknya kelak.
 
2.         Pertanyaan Pokok
            1. Motivasi apa yang membuat anda tergerak untuk membangun sebuah usaha sendiri?
 
3.         Metode Penilitian
          Metode            : Kualitatif, Metode ini saya gunakan untuk mengetahui informasi secara mendalam tentang perjalanan karir Bapak Isnadi dan perubahan apa saja    yang telah dilakukan oleh beliau kepada para karyawannya.
            Waktu             : Sabtu, 1 Desember 2012
            Tempat            : Jalan H.Maharta, Kebayoran Lama (Tempat usaha tempe mentega Bapak Isnadi)
 
4.         Gambaran Tokoh
            Narasumber, Bapak Muhammad Rusyad Isnadi, Seorang pengusaha yang mengawali karir nya dari membuka usaha tempe mentega.
 
 
 
 
 
5.         Analisis
            Maraknya usaha tempe dikalangan masyarakat menjadi kan Bapak Isnadi mempunyai ide untuk membuat sesuatu yang berbeda dari sebelumnya. Jika kebanyakan para pengusaha tempe memproduksi tempe biasa, Bapak Isnadi membuat sebuah  ide baru yaitu menambahkan pemberian ragi dan mentega pada proses akhirnya. Karna berbeda akhirnya tempe ini banyak diminati oleh masyarakat luas, dan semakin banyak permintaan, Bapak Isnadi membuka lowongan untuk menampung banyak karyawan sehingga dapat membantu beliau memproduksi tempe yang lebih banyak. Hal ini juga didasari karna beliau mengingat diri nya dahulu kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan. Karyawan yang ia pekerjakan berasal dari para anak jalanan yang diketahui tidak dapat melanjutkan jenjang pendidikan nya. Beliau tidak hanya mempekerjakan mereka namun beliau juga mengajarkan bagaimana cara menjadi seorang wirausahawan. Sikap dan pandangan Isnadi yang pantas diikuti banyak anak muda lainnya di negeri ini dapat memberikan lapangan kerja bagi banyak orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini