Jumat, 21 Desember 2012

Laporan 6_Dinda Tiara Alfianti_KPI 1D

Nama : Dinda Tiara Alfianti
Jurusan : KPI 1D
NIM : 1112051000102
Terciptanya Manusia Berakhlak dari pondok Pesantren
 
I.              Latar Belakang
      Institusi atau lembaga sosial keagamaan meruakan salah satu faktor  pembangun peradaban dunia sehingga lembaga keagamaan sangat menarik untuk dikaji.  Di indonesia lembaga-lembaga keagamaan  telah membangun nasionalisme bangsa  dalam semangat anti kapitalisme  asing Kolonial Belanda.
      Institusi agama atau lembaga agama berperan penting dalam terciptanya manusia-manusia yang berakhlak baik dan taat teradap ajaran agama. Misalnya pondok pesantren, dalam lembaga ini mereka berusaha keras untuk membuat akhalk-akhlak anak didiknya menjadi baik dan takwa.
II.            Pertanyaan Pokok
      Pertanyaan pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana usaha untuk terciptanya manusia yang berakhlak dari Pondok Pesantren?
III.           Metode Penelitian
      Metode penelitian yang saya gunakan adalah metode kualitatif. Karena bersifat obyektif, lebih banyak saya dapat karena wawancara secara langsung penelitian ini dilakukan pada
Tanggal   : 17 Desember 2012
Tempat     : Jl. Raya Cikoleang LAPAN, Sukamulya, Rumpin, Bogor.
Pukul       : 9.00-11.00
IV.          Gambaran Tokoh
      Narasumber dalam penelitian ini adalah seorang pimpinan umum Pondok Pesantren An-Najah yaitu Dra.Hj.Maesaroh Madsuni ia adalah pimpinan sekaligus pendiri pesantren tersebut. Ia adalah seorang pemimpin yang baik dan bijaksana. Beliau juga tegas dalam mendidik anak-anak muridnya.
V.           Analisis
      Awal berdirinya Pondok Pesantren An-Najah ii yaitu karena pendiri pesantren ini yaitu Dra.Hj.Maesaroh Madsuni mempunyai tanah wakaf dari keluarganya sehingga beliau mempunyai niat untuk membangun tanah tersebut menjadi Pondok Pesantren, karena dalam lingkungan tersebut masih sangat sedikit lembaga pendidikan untuk anak-anak daerah terseut.
      Seluruh masyarakat di desa ini sangat mendukung terhadap berdirinya pesantren tersebut. Karena masyarakat berharap anak-anak mereka dapat mendapatkan pendidikan yang layak serta dapat menjadi anak-anak yang pintar dalam pendidikan serta pintar dalam agama. Mereka sangat berharap anak-anak mereka dapat mendapatkan pendidikan yang lebih baik dari mereka.
      Pondok pesantren ini sudah berdiri sejak tahun 1994. Didalam pondok pesantren ini ada TK,SD,SMP serta SMA. Pondok pesantren ini sudah banyak mendapatkan prestasi sebagai tanda berhasilnya Pondok ini dalam menciptakan anak-anak yang cerdas dan berprestasi.
      Lulusan atau alumni dari pesantren ini banyak yang berhasil. Mereka ada yang menjadi penceramah, kuliah di Universitas Negeri, dan banyak pula para alumni yang mengabdi di pesantren tersebut untuk mengajar.
     
                                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini