Jumat, 21 Desember 2012

tugas penelitian 3 noni wildasari

 
TUGAS SOSIOLOGI
TOKOH PENGUBAH MASYARAKAT (EDISI2)
Nama : Noni wildasari
Kelas : KPI 1D
NIM : 1112051000110
 
PENTINGNYA GURU NGAJI BAGI ANAK-ANAK MASA KINI
 
                 I.            Latar belakang
Dimasa sekarang ini, diarus globalisasi dimana anak anak banyak yang telah terbawa arus globalisasi. Sehingga banyak anak anak yang lupa akan kewajiban mereka sebagai seorang anak muslim. Maka disaat ini pula perlunya atau pentingnya sosok seorang guru ngaji ,yang tidak hanya mengajarkan baca tulis al-Quran tetapi juga ilmu ilmu agama bagi anak.
 
              II.            Pertanyaan pokok
Seberapa pentingka sosok seorang guru ngaji di masa sekarang ini?
 
 
            III.            Metode penelitian
Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif, karena dianggap lebih efektif untuk  mendapatkan informasi lebih jelas dan detil melalui wawancara langsung.
Wawancara dilakukapan pada hari sabtu, tanggal 8 desember 2012 di kediaman Ibu, Riza Febrita.
 
           IV.            Gambaran Tokoh
Yang menjadi objek atau tokoh dalam penelitian kali ini adalah Ibu Riza Febrita, sebagai guru ngaji di perumahan Vila Mutiara Bogor. Ia adalah sosok seorang ibu rumah tangga sekaligus guru ngaji yang dapat dikatakan sebagai tokoh pengubah dunia karena kehadirannya dengan ilmunya dapat membimbing anak anak sekitar kompleks perumahan untuk dapat belajar mengaji sekaligus ilmu ilmu islam.
 
              V.            Analisis
Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan objek yaitu ibu Riza Febrita, sebagai Guru ngaji di lingkungan kompeks perumahannya.
Banyak hawa-hhawa positif yang dapat diambil dengan adanya sosok guru ngaji di lingkungan sekitar komplek perumahan. Contohnya saja disaat sehabis maghrib banyak anak anak yang menonton televisi,bermain dan melakukan hal hal yang tidak bermanfaat. Tetapi dengan adanya jasa ibu Riza yang dengan ikhlas rela meluangkan waktu nya sehabis maghrib untuk membimbing dan mengajarkan anak anak disekitar kompleks mengaji. Selain mengaji ia juga mengajarkan ilmu ilmu agama sesuai tingkatan umur mereka. Juga diajarkan do'a do'a dalam kehidupan sehari hari.
 
DAFTAR PUSTAKA
Narasumber : Riza Febrita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini