Jumat, 21 Desember 2012

tugas penelitian 5 noni wildasari

 
Tugas sosioligi
(Tugas ke 5)
 
Nama : Noni wildasari
Kelas : kpi 1D
NIM : 1112051000110
Interaksi dilingkungan Vihara
 
                 I.            Latar belakang
 
 Beberapat tahun terakhir, kerusuhan sosial dan umat antar agama semakin menjadi gejala umum bagi perjalanan kehidupan masyarakat di Indonesia. Dan berdasarkan penelitian, banyak terjadi kasus terkait keagamaan seperti tentang kebebasan beragama dan keyakinan, kekerasan berbasis agama, juga terkait isu isu moralitas antar umat beragama. Kondisis ini menimbulkan pertanyaan, mengapa meskipun lembaga –lembaga interfaith menjamur dimana mana hubungan antar umat beragama di negeri ini masih diselimuti ketegangan,kecurigaan dan kekerasan.
Maka dari persoalan ini saya tertari untuk menjadikan vihara dengan lingkungan sekitarnya sebagai objek penelitian saya pada mata kuliah sosiologi ini
 
 
              II.            Pertanyaan pokok
Bagaiamana interaksi antar umat beragama di lingkungan vihara?
 
 
 
 
            III.            Metode Penelitian
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, karena dianggap lebihh efisien dan tepat, dapat mengetahui lebih banyak informasi secara langsung dengan cara wawancara.
Penelitian ini dilakukan pada tanggal 17 Desember 2012 bertempat di Vihara-Karunayala, Boen Hay Bio, Serpong.
 
           IV.            Gambaran objek
Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah vihara,lingkungan vihara dengan cara mewawancarai bapak Tju Tsiang selaku warga yang bertempat tinggal disebelah Vihara, Pasir Lebak, Serpong yang juga menganut agama Budha.
 
              V.            Analisis
Vihara yang bernama "Vihara-Karunayala, Boen Hay" sudah berdiri sejak lebih dari 300 tahun yang lalu. Yang bertempat di jalan pasar lama Serpong RT 14 RW 05 desa Cilenggang. Vihara ini memang terbilang cukup tua dilihat dari umurnya yang sudah mencapai ratusan tahun, tetapi melihat kondisi bangunannya vihara ini cukup terawat dan sudah mengalami tiga kali renovasi.
Dari hasil wawancara dengan bapak  Tju Tsiang ia menuturkan bahwa mayoritas penduduk disekitar Vihara adalah orang orang beragama buddha, meskipun juga terdapat beberapa keluarga yang beragama muslim dan kristen, tetapi hubungan antar warga di lingkungan vihara tersebut sangat baik. Tidak terjadi kesenjangan antar umat beragama,Karena menurutnya warga yang bergama budha juga menjunjung tinggi nilai kekeluargaan antar umat dan saling menghormati.
 
 
Bahkan ketika peringatan maulid nabi Muhammad SAW pada umat beragama muslim, warga sekitar yang beragama Budha juga ikut merayakan dengan cara menyumbangkan dana dan sebagainya.bahkan,banyak anak lelaki yang beragama muslim ikut main dalam pertunjukan Barongsai ketika hari perayaan imlek. Kedekatan atau keakraban antar umat beragama di lingkungan vihara tersebut sudah terjalin dari sejak dulu. Adanya vihara dilingkungan tersebut tiak menjadi persoalan bagi umat muslim dilingkungan sekitar begitu juga sebaliknya, disana juga terdapat mushola dan mesjid yang tidak jauh dari vihara,namun juga tidak menjadi persoalan bagi orang-orang budha yang mayoritas tinggal disana. Menurut bapak Tju Tsiang warga budha dan warga agama lainnya dilingkungan Vihara sudah menjadi seperti keluarga yang tidak memandang Suku,ras dan agama.

daftar pustaka
bapak  Tju Tsiang
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini