Senin, 29 April 2013

media elektronik dan media online_kharisma utama_tugas ke 7

NAMA : KHARISMA UTAMA
109051000179
Media Elektronik dan Media Online
            Seperti yang diketahui bersama, media adalah sebuah "alat" yang menghubungkan sesuatu, baik yang dalam skala lokal, nasional, bahkan sampai global sekalipun. Tanpa media, akan sulit untuk mengetahui apa yang sedang terjadi di lingkungan sekitar. Oleh karena itu, media merupakan sumber informasi bagi seluruh masyarakat di dunia.
            Media yang dikenal saat ini dapat digolongkan menjadi tiga, yakni media cetak, media elektronik, dan media online. Yang paling terakhir disebutkan, telah membawa pengaruh yang sangat besar terutama di Indonesia. Hal tersebut dapat terlihat kian banyaknya masyarakat yang memiliki handphone yang bisa terkoneksi dengan internet. Mulai dari kalangan bawah, menengah, atas. Dari yang masih anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Semua dapat memilikinya dan saling berhubungan satu sama lain.
Media Elektronik
Media elektronik adalah media yang menggunakan elektronik atau energi elektromekanis bagi pengguna akhir atau penonton dalam mengakses kontentnya. Hal ini berbeda dengan media statis seperti halnya media cetak, yang tidak membutuhkan energi elektromagnetis untuk diakses oleh pengguna akhir dalam bentuk cetak. Sumber media elektronik yang paling umum digunakan oleh masyarakat umum antara lain adalah rekaman video, rekaman audio, presentasi slide, CD-ROM dan konten online. Meskipun sebagian besar media baru dalam bentuk digital, namun media elektronik mencakup bentuk analog maupun digital.[1]
Adapun contoh dari media elektronik yang mungkin tak asing bagi kebanyakan masyarakat, seperti televisi dan radio. Isi dari jenis media massa ini umumnya disebarluaskan melalui suara (audio) atau gambar dan suara (audio-visual) dengan menggunakan teknologi elektro. Yang menjadi kekuatan dari media elektronik tidak hanya pada tata tulis berita, tapi juga pada tata suara penyiar yang harus enak didengar.
Media elektronik memiliki beberapa karakteristik[2], yaitu cepat dalam menyampaikan informasi, dapat menjangkau khalayak yang lebih luas, dapat menampilkan proses terjadinya suatu peristiwa yang disertai pelaporan langsung dari tempat kejadian dan lebih menarik karena dikemas dengan memadukan audio dan visual. Walau dalam penyajian informasi media elektronik tidak melakukan pengulasan masalah secara mendalam karena terkendala proses produksi yang tinggi, namun melalui media elektronik ini akses akan informasi bisa di dapatkan masyarakat lebih cepat.
Kelebihan Media Elektronik[3]:
1.       Dari segi waktu, media elektronik tergolong cepat dalam menyebarkan berita kemasyarakat.
2.       Media elektronik mempunyai audio visual yang memudahkan para audiensnya untuk memahami berita.
3.       Media elektronik menjangkau masyarakat secara luas.
4.       Dapat menyampaikan berita secara langsung dari tempat kejadian dan dapat menampilkan proses terjadinya suatu peristiwa.
5.       Memiliki daya penyampaian dan pengaruh yang kuat karena dapat memberikan kombinasi antara suara dengan gambar (yang bergerak).
6.       Tidak memerlukan keahlian dan kemampuan membacaseperti pada media cetak. Dengan gambar-gambar, semua orang sudah cukup mengerti maknanya.
7.       Dapat dinikmati oleh semau orang, baik itu yang mengalami keterbelakangan mental.
8.       Dalam media radio, daya tembus yang besar tidak mengenal rintangan. Radio yang menggunakan gelombang SW, MW, mempunyai kemampuan penetrasi area yang luas sehingga pesan yang disampaikan dapat mengatasi jarak, ruang dan waktu.
9.       Radio dapat diterima dan didengar di areal tanpa listrik atau tidak selalu membutuhkan daya listrik.
10.   Radio itu Praktis (portable dapat di bawa kemana-mana) dan audience selectivity.
11.   Mengatasi buta huruf artinya para pendengar radio tidak dituntut untuk bisa membaca.

Kekurangan Media Elektronik:
  1. Tidak ada pengulangan, media elektronik tidak dapat mengulang apa yang sudah ditayangkan.
  2. Waktunya terbatas, Hanya dapat dinikmati sebentar (pesan berlalu sangat cepat).
  3. Khalayak yang selektif (tidak setajam media lainnya kemungkinan menjangkau segmen tidak tepat karena pemborosan geografis).
  4. Tidak semua tempat dapat dicapai gelombang penyiaran televisi.
  5. Alternatif audiance dalam pemilihan stasiun lebih banyak (persaingan yang ketat).
  6. Tidak semua orang memiliki pesawat televisi melihat harganya yang relatif mahal.
  7. Pada radio, pendengar sering kurang mendengarkan secara penuh karena diselingi melakukan pekerjaan lain, mengalami Noise Faktor (khusus gelombang MW dan SW)
  8. Di radio, sulit untuk menyampaikan pesan-pesan yang kompleks dan tidak dapat di gunakan untuk menyampaikan acara yang abstrak dan kompleks (rumit).

Media Online
Media online adalah sebutan umum untuk sebuah bentuk media yang berbasis telekomunikasi dan multimedia. Didalamnya terdapat portal, website, radio-online, TV-online, pers online, mail-online, dll, dengan karakteristik masing-masing sesuai dengan fasilitas yang memungkinkan user memanfaatkannya.[4]
Salah satu perkembangan yang cukup menarik dari media online adalah munculnya fenomena Citizen Journalism. Ini merupakan konsep jurnalistik yang dilakukan dari, oleh, dan untuk masyarakat itu sendiri. Artinya, masyarakat sebagai pengguna internet mencari dan mendapatkan informasi dari lingkungan sekitarnya, serta meng-uploadnya melalui situs atau blog, sehingga dapat diakses dan dibaca oleh pengguna internet lainnya.
Karakteristik Media Online[5]: (1) Kapasitas luas, halaman web bisa menampung naskah sangat panjang. (2) Pemuatan dan editing naskah bisa kapan saja dan di mana saja. (3) Jadwal terbit bisa kapan saja bisa, setiap saat. (4) Cepat, begitu di-upload langsung bisa diakses semua orang. (5) Menjangkau seluruh dunia yang memiliki akses internet. (5) Aktual, berisi info aktual karena kemudahan dan kecepatan penyajian. (6) Update, pembaruan informasi terus dan dapat dilakukan kapan saja. (7) Interaktif atau dua arah. (8) Terdokumentasi, informasi tersimpan di "bank data" (arsip).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini