MEDIA ELEKTRONIK DAN MEDIA ONLINE
Pendahuluan
Keperluan khalayak untuk menjangkau dunia luar secara mudah sekarang sangat bisa dirasakan dengan adanya media elektronik yang semakin pesat pertumbuhannya di dunia dan khususnya di Indonesia, khalayak tidak bisa terlepas dari adanya media saat ini, media elektronik seperti halnya saat ini contohnya adalah televise, khalayak bisa melihat dunia luar dari televise, mencari informasi, hiburansemua ada di televisi saat ini. Sedangkan utuk khalayak yang membutuhkan akses mudah untuk berhubungan dengan seseorang dengan jarak jauh dan tidak terlepas ruang dan waktu biasanya khalayak seperti ini menggunakan media online, selain mudah dan juga murah, khalayak juga disajikan informasi-informasi yang dibutuhkan masing-masing keperluan dari khalayak tersebut.
Pengertian Media Elektronik dan Media Online
Media Elektronik
Media elektronik adalah media yang menggunakan elektronik atau energy elektromekanis bagi pengguna akhir untuk mengakses kontennya. Istilah ini merupakan kontras dari media statis (terutama media cetak) yang meskipun sering dihasilkan secara elektronis tapi tidak membutuhkan elektronik untuk diakses oleh penggguna akhir. Sumber media elektronik yang familier bagi pengguna umum antara lain adalah rekama video, rekaman audio,presentasi multimedia dan konten daring. Media elektronik dapat berbentuk analog maupun digital walaupun media baru pada umumnya berbentuk digital.[1] Media elektronik terbagi menjadi dua kelompok besar yaitu, media yang hanya bisa didengar (audio), khususnya media radio dan media yang selalin bisa didengar juga dilihat (audio-visual), khususnya televisi. Media radio dan televise membuat sasaran komunikasi tidak perlu aktif. Pesan tetap sampai pada mereka saat mereka sengaja atau tidak sengaja, suka atau tidak suka mendengar dan melihat acara atau program radio ataupun program televise tersebut. dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat, jenis media audio-visual ini terus berkembang. Teknologi internet, misalnya, kini telah memanfaatkan computer pribadi (PC) sebagai media yang juga bisa menyampaikan dan menerima pesan-pesan iklan audio-visual langsung dari rumah-rumah dan perkotaan dengan jangkauan global.[2]
Media Online
Media online adalah sebutan umum untuk sebuah bentuk media yang berbasis telekomunikasi dan multimedia (baca-komputer dan internet). Didalamnya terdapat portal, website (situs web), radio-online, TV-online, pers online, mail-online, dll, dengan karakteristik masing-masing sesuai dengan fasilitas yang memungkinkan user memanfaatkannya". Salah satu desain media online yang paling umum diaplikasikan dalam praktik jurnalistik modern dewasa ini adalah berupa situs berita. Situs berita atau portal informasi sesuai dengan namanya merupakan pintu gerbang informasi yang memungkinkan pengakses informasi memperoleh aneka fitur fasilitas teknologi online dan berita didalamnya. Content-nya merupakan perpaduan layanan interaktif yang terkait informasi secara langsung, misalnya tanggapan langsung, pencarian artikel, forum diskusi, dll; dan atau yang tidak berhubungan sama sekali dengannya, misalnya games, chat, kuis, dll.[3]
Dalam media online terdapat dampak positif dan negative yang di timbulkan dari media online, saat ini media online di masyarakat lebih terkenal dengan media internet.[4]
Dampak Positif Internet
1. Sebagai Media Komunikasi
2. Internet Sebagai Media Pertukaran Data
3. Internet Sebagai Media Untuk Mencari Informasi Atau Data
4. Internet Sebagai Media Pendidikan dan Hiburan
5. Internet Sebagai Media Bertransaksi Dan Berbisnis
Dampak Negatif Internet
1. Pornografi
2. Violence and Gore (kekejaman dan kesadisan)
3. Penipuan
4. Carding (Kejahatan penggunaan karu kredit)
5. Perjudian
[1] www.wikipedia.com diakses pada 29 April 2013.
[2] Agus S. Madjadikara, Bagaimana Biro Iklan Meproduksi Iklan, hal 13. Diakses melalui google buku pada 29 april 2013
[3] http://mediatajir.blogspot.com/2012/11/pengertian-media-online.html. Diakses pada 29 April 2013
[4] http://mindsetbisnisonline.com/dampak-positif-dan-negatif-internet/ Diakses pada 29 April 2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar