Sabtu, 22 Maret 2014

Proposal

PROPOSAL EKOLOGI MANUSIA
"SIKAP KEPEDULIAN MASYARAKAT TERHADAP EKOLOGI ALAM SEKITAR"
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
            Masalah lingkungan hidup tidak dapat diatasi hanya melalui reposisi hubungan manusia dengan lingkungan alamnya, tetapi juga harus melalui reorientasi nilai, etika dan norma-norma. kehidupan yang kemudian tersimpul dalam tindakan kolektif, serta restrukturisasi hubungan sosial antar individu, individu dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, dan antara kelompok dengan organisasi yang lebih besar. Kesadaran individu dalam masyarakat mengenai lingkungan hidup dan kelestariannya merupakan hal yang amat penting dewasa ini dimana pencemaran dan perusakan lingkunagn merupakan hal yang sulit dihindari. Kesadaran masyarakat yang terwujud dalamberbagai aktivitas lingkungan maupun aktivitas kontrol lainnya adalah hal yang sangat diperlukan untuk mendukung apa yang dilakukan pemerintah melalui kebijakan – kebijakan penyelamatan lingkungannya. Kesadaran terhadap lingkungan tidak hanya bagaimana menciptakan suatu yang indah atau bersih aja, akan tetapi ini sudah masuk pada kewajiban manusia untuk menghormati  hak-hak orang lain. Hak orang lain tersebut adalah untuk menikmati dan merasakan keseimbangan alam secara murni. Sehingga  kegiatan-kegiatan yang sifatnya hanya merusak saja, sebaiknya dihindari dalam perspektif ini. Oleh karena itu, tindakan suatu kelompok yang hanya ingin menggapai keuntungan pribadi saja sebaiknya juga harus meletakan rasa toleransi ini.
B.     Rumusan Masalah
            Pokok permasalahan merupakan penjabaran dari tema sentral adalah yang menjadi beberapa sub masalah yang spesifik, yang dirumuskan dalam kalimat pertanyaan. Maka yang menjadi pokok permasalahan sebagai berikiut:
1.      Bagaimana tingkat kesadaran masyarakat terhadap lingkungan?
2.      Bagaimana sikap kepedulian antara masyarakat terhadap lingkungannya masing-masning?
 
C.     Tujuan
Tujuan dari pada proposal yang saya buat adalah untuk meningkatakan tingkat kesadaran masyarakat lingkungan seberapa pentingnya memelihara lingkungan sekitar dengan menumbuhkan kesadaran akan hidup bersih. Secara alamiyah manusia akan mempertahankan keberadaanya di alam dalam kondisi lingkungan yang aman dan nyaman seoptimal mungkin.
D.    Manfaat
            Secara konseptual pengertian kesehatan manusia dan kemampuan untuk menjaganya dikaitkan pada kemampuan untuk mengalikasikan dan mengorganisasikan SDM dan SDA sekitarnya. Oleh karena itu, manfaat dari pembuatan proposan ini adalah disamping menyelesaikan tugas mata kuliah Ekologi Manusia dan juga mempelajari bagaimana hidup bersama lingkungan dengan menumbuhkan rasa kesadaran dan interaksi terhadap manusia dan lingkungan.
PEMBAHASAN
            Kesadaran individu atau masyarakat terhadap lingkungan tidaka hanya bagaimana menciptakan suatu yang indah atau bersih aja, akan tetapi ini sudah masuk pada kewajiban manusia untuk menghormati  hak-hak orang lain. Hak orang lain tersebut adalah untuk menikmati dan merasakan keseimbangan alam secara murni. Sehingga  kegiatan-kegiatan yang sifatnya hanya merusak saja, sebaiknya dihindari dalam perspektif ini. Oleh karena itu, tindakan suatu kelompok yang hanya ingin menggapai keuntungan pribadi saja sebaiknya juga harus meletakan rasa toleransi ini. Dengan begitu kita bisa mengatakan bahwa kesadaran masyarakat akan lingkungannya adalah suatu bentuk dari toleransi ini. Toleransi atau sikap tenggang rasa adalah suatu bagian dari konsekuensi logis dari kita hidup bersama sebagai makhluk sosial. Manusia merupakan makhluk sosial yang perlu menghargai satu dan lainnya. Demikian juga hanya dengan perspektif lingkungan, hal yang sama juga berlaku disini. Kondisi senyatanya dari masyarakat kita mengenai kesadaran lingkungan hidup ini nampaknya masih tercemin seperti apa yang dikatakan P. Joko Subagyo seperti berikut:
1.      Rasa tepo seliro yang cukup tinggi, dan tidak terlalu ingin mengganggu
2.      Tidak memikirkan akibat yang kan terjadi, sepanjang kehidupan saat ini masih berjalan dengan normal
3.      Kesadaran melapor (jika ada hal-hal yang tidak berkenan dan dianggap sebagai melawan hukum lingkungan) nampaknya masih kurang, hal ini dirasakan akan mengakibatkan masalah lingkungan makin panjang
4.      Tanggung jawab mengenai kelestarian alam masih perlu diperbaiki dan ditingkatkan kembali
 
DAFATAR PUSTAKA
Soeryo Adi Wibowo (2007), "Ekologi Manisia", Fakultas Ekologi Manusia IPB, Bogor.
Johan Iskandar (2011), "Upaya Pelestarian Ekologi Tatar Sunda", Yayasan Kebudayaan Rancage, Gedung Merdeka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini