Minggu, 23 November 2014

Tugas 8_etika filsafat_Tiara Desta arum(1112051000124)_KPI5D

Tiara Desta Arum KPI5D_Tugas 8: Fenomena Media Komunikasi Terkini dan Etika Komunikasi: "Blog"
Pesatnya perkembangan teknologi komunikasi di zaman modern. Membuat komunikasi media massa tidak hanya melaui media televisi dan cetak saja, melainkan saat ini media internet sangat digandrungi oleh manusia dalam mencari informasi. Cepat dan luasnya cakupan isi berita yang dapat diakses melalui internet membuat orang berlomba-lomba untuk mengaksesnya. Salah satu media komunikasi internet yang bernamakan Blog menjadi wadah informasi yang variatif isinya .Blogin merupakan cara yang paling cepat dan mudah untuk seseorang yang bukan programmer untuk mendapati pesan online. Kebanyakan layanan blog adalah gratis untuk penggunaan hal bebas atau bukan tuntutan profesional. Individu dan perusahaan-perusahaan menerbitkan blog beberapa alasan; beberapa blog diluncurkan untuk tujuan marketing, yang lainnya diterbitkan hanya untuk bersenang-senang.[1]
Pesan yang merupakan acuan dari berita atau peristiwa yang disampaikan melalui media-media. Suatu pesan memiliki dampak yang dapat mempengaruhi pemikiran khalayak pembaca dan pemirsa, kerenanya pesan bisa bersifat bebas dengan adanya suatu etika yang menjadi tanggung jawab pesan itu sendiri. Misalnya pesan yang bersifat edukatif. Era reformasi membuat terciptanya kebebasan untuk mengeluarkan pendapat sehingga berdampak pada semakin maraknya media massa. Namun demikian, tidak diimbangi dengan peraturan yang jelas. Munculnya banyak media massa sesungguhnya untuk kepentingan masyarakat juga namun hal ini mengakibatkan berbagai dampak. Pada saat ini khalayak dihadapkan keanekaragaman media dan isi media. Mulai dari pesan yang bersifat informatif, edukatif, dan entertainment.[2] Blog juga menjadi salah satu cara penyampaian pesan melaui media massa saat ini. Karena di dalam blog terdapatkan pesan-pesan yang berisikan tentang informasi, berita, tips, dan alat mengiklankan suatu produk atau jasa.
Blog menjadi fenomena komunikasi terkini pada saat ini. Blog ada yang dimiliki dengan tujuan pribadi, seperti Jurnal-kebanyakan situs mendukung blog pribadi yang dapat digunakan sebagai sebuah wadah jurnal atau blog publik untuk berbagi, Minat khusus- menulis subjek atau hobi kesayangan. Seperti berbagi tips memasak, fotografi, bermain game, atau hobi lainnya, dan ada juga blog keluarga- kebanyakan layanan blog mengizinkan untuk membuat beberapa pengguna dengan password, sehingga dapat membuat sebuah blog keluarga.
Blog juga ada yang digunakan sebagai blog proffesional. Seperti, digunakan untuk promosi produk; banyak individu-individu perusahaan menggunakan blog untuk marketing secara gratis. Postingan dapat dibuat sebagai ulasan sebuah produk, artikel, berita, atau apa saja; blog untuk pendidikan pelanggan, blog ini digunakan untuk memberitahukan pelanggan tentang tips, berita produk, berita perusahaan dan untuk mendidik pelanggan atau pemegang saham tentang produk, layanan atau kejadian perusahaan.[3]
            Dalam kajian etika komunikasi, komunikasi diperlihatkan sebagai ilmu yang berhubungan dengan berbagai macam ilmu pengetahuan yang lain. Etika komunikasi mencoba mengolaborasi standar etis yang digunakan oleh komunikator dam komunikasikan. Dalam etika komunikasi media blog ini bisa dikaitkan dengan presektif sifat manusia. Sifat manusia yang paling mendasar adalah kemampuan berpikir dan kemampuan menggunakan simbol. Ini berarti bahwa tindakan manusia yang benar-benar manusiawi adalah berasal dari rasionalitas sadar atas apa yang dikakukan dan dengan bebas untuk memilih melakukannya. Dalam blog ini juga berkaitan dengan presepektif  utilitarian. Standar utilitarian untuk mengevaluasi cara dan tujuan komunikasi dapat dilihat dari kegunaan, kesenangan, dan kegembiraan.[4] Telah di bahas bahwa oleh beberapa individu blog digunakan untuk kepentingan pribadi sebagai kesenangan seperti menulis hobi, tips, bahkan ada blog yang berisikan tentang curahan isi hati yang seharusnya tidak dipublikasikan.
Pada prinsip etika walaupun kita diberikan kebebasan dalam berkomunikasi namun harus tetap berdasarkan tanggung jawab dan norma yang berlaku. Blog digunakan sebagai salah satu media penyampaian informasi internet. Harus menyajikan isi yang bermanfaat untuk sesama, walaupun tidak ada batasan dalam menggunakan blog. Ini juga yang menjadi sisi negatif dari blog yaitu sulitnya memfiltrasi blog yang berisikan pornografi atau tidak ada syarat khusus untuk menulis apa saja di blog sehingga membuat orang-orang bebas menulis apa saja di blognya yang terkadang bersifat pribadi. Tapi di sisi lain, blog memiliki manfaat yang besar dalam mengumpulkan informasi berita apa saja.
 


[1]2.4 Teknik Penulisan lewat Blogging, hlm. 83
[2] Mufid Muhammad, Etika dan Filsafat Komunikasi,(Jakarta: Kencana: 2009),hlm. 246
[3] 2.4 Teknik Penulisan lewat Blogging, hlm. 83
[4] Mufid Muhammad, Etika dan Filsafat Komunikasi,(Jakarta: Kencana: 2009), hlm. 186

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini