Senin, 30 Maret 2015

FAUZIA NURUL K_LIFE HISTORY (2)_PMI 4

Nama  :           Fauzia Nurul Khotimah

NIM    :           1113054000007 (PMI 4)

"TUGAS ANTROPOLOGI BUDAYA"     

 

RIWAYAT HIDUP SESEORANG (life history)

A. LATAR BELAKANG

Ai Siti Nurjanah biasa dipanggil dengan sebutan (teh 'ai) beliau merupakan potret wanita tangguh yang mampu membuka lapangan pekerjaan bagi orang-orang yang kurang didalam bidang skill maupun non skill. Beliau lahir di Bandung, Jawa Barat pada tanggal 5 Februari 1971. Saya mewawancarai beliau karena sesosok potret wanita sukses dan bisa mensukseskan orang lain. Usia beliau memang sudah tidak muda. Namun, semangat untuk menciptakan lapangan pekerjaan seakan menunjukkan bahwa dirinya memiliki semangat jiwa muda.

            Hobi beliau merupakan hobi yang digandrungi oleh remaja masa kekinian. Hobi beliau itu condongnya seperti sangat up to date dalam mengetahui berita-berita terbaru, gemar mengkoleksi gadget keluaran terbaru. Beliau memiliki kebiasaan hang out bersama temen sepergaulannya. Walau demikian, beliau tidak pernah melupakan kewajiban sebagai pemilik dari pabrik tekstil (karet) yang dimilikinya dengan ratusan didalamnya. Kesibukan beliau sehari-hari tidak pernah terputus rutinitasnya dari hari senin sampai sabtu ialah mendatangi pabrik tekstil yang dimilikinya dan memonitori pekerjaan dari ratusan karyawan, bahkan pada hari minggu yang umumnya digunakan sebagai hari libur oleh orang-orang pada umumnya itu tidak berlaku kepada beliau, beliau tetap mengecek ataupun melakukan pembukuan terhadap pabrik tekstil yang dimilikinya.

            Beliau merupakan anak pertama dari lima bersaudara, beliau dibesarkan di keluarga yang berpendidikan dengan sistem pengasuhan yang cukup keras. Akan tetapi, karena pola pengasuhan yang cukup keras tersebut menjadikan teh 'ai dan keempat adiknya menjadi pribadi yang tangguh dan siap menghadapi berbagai problematika ataupun cobaan yang menerpa didalam hidup. Itulah sebabnya saya menjadikan teh 'ai objek untuk penulisan tugas life history saya pada kali ini. Selain karena kesuksesan beliau membuka pabrik tekstil dan mempekerjakan ratusan karyawan semangat pantang menyerah dan kegigihan beliau juga merupakan sesuatu yang menarik menurut saya.

 

 

 

A. PENDAHULUAN

            Life history atau yang biasa diartikan dengan riwayat hidup seseorang merupakan sebuah autobiography seseorang yang memuat beberapa aspek-aspek kehidupan seseorang. Diantaranya adalah :

1.      Nilai kehidupan

a).    Keyakinan

b).   Kepercayaan

c).    Agama

d).   IPTEK

e).    Pandangan hidup

f).     Cita-cita

g).    Lingkungan

2.      Kekerabatan

a).    Pengaruh kekerabatan

b).   Aspek kesehatan

c).    Ekonomi

d).   Sosial (banyak).

Life history merupakan sebuah bacaan riwayat hidup seseorang yang benar-benar lengkap, life history ini berisikan berbagai macam hal-hal menarik yang tidak akan pernah kita jumpai bila kita hanya membaca buku biografi biasa. Tujuan dari life history ini adalah untuk mengatahui seberapa pentingkah hubungan bermasyarakat dapat membantu kesuksesan individu, karena seperti yang kita ketahui pada buku biografi secara umum hanya dituliskan sebagian kecil saja dari proses keberhasilan seseorang dalam mencapai sebuah kesuksesan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B.     ISI

1.      Nilai kehidupan

Nilai kehidupan itu ialah cara pandang hidup seseorang yang berisikan aturan-aturan yang sudah tertera sejak mereka lahir ataupun karena didikan orang tua dan lingkungan sekitar.

 Teh 'ai merupakan muslim yang taat, beliau mengikuti keyakinan Allah dan mengikuti Rasulullah SAW. Beliau sangat berpegang teguh pada Al-Qur'an dan Hadits. Ajaran yang kuat dari kecil telah membuat teh 'ai menjadi muslimah yang gemar beribadah sekaligus mencari uang. Kedua sifat teh 'ai tersebut sangat inspiratif, dan membangun kita agar mau untuk berusaha keras tapi tidak lupa senantiasa untuk mengerjakan kewajiban umat manusia yakni beribadah kepada Allah dan mengerjakan sunahnya.

Berbicara masalah pandangan hidup teh 'ai merupakan salah satu sosok yang tidak mementingkan diri sendiri. Dia sangat memikirkan orang tersayangnya, sahabat karibnya, dan mementingkan orang terdekatnya agar mereka dapat sukses dan bisa memajukan apa yang dia usahakan selama ini. Pabrik Garmen (Karet).

Selanjutnya kemajuan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) sangat membantu teh 'ai dalam meningkatkan proses produksi pabrik karet yang dimiliki olehnya. Kemajuan IPTEK dibidang informasi khususnya pada handphone bagi sebagian orang mungkin hanya digunakan untuk bersosial media. Seperti twitter,instagram,whatsapp. Tetapi bagi teh 'ai majunya IPTEK ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan bisnis dan usahanya. Salah satu contohnya ialah teh 'ai menggunakan handphone canggihnya untuk menerima beberapa pesanan dari pelanggan. Kemajuan IPTEK ini bagi beliau merupakan suatu nilai positif untuk menyelesaikan tugas berbagai keperluan bisnisnya.

Beralih ke pembahasan berikutnya cita-cita yang ingin dicapai maupun telah diraih oleh teh 'ai sendiri ialah ingin melihat orang-orang yang dia sayang bahagia, dan dapat dirinya menjadi bermanfaat. Untuk keluarga, kerabat, maupun lingkungan sekitarnya. Cita-cita tersebut bukanlah hayalan belaka. Teh 'ai sudah mampu mewujudkan cita-citanya itu. Dia sudah bisa memberikan kebahagiaan kepada orang-orang yang disekelilingnya. Bahkan beliau sudah memberikan lapangan pekerjaan bagi orang yang kurang di dalam ilmu pendidikan. Dengan cara mempekerjakan mereka di buruh pabrik.

Berbicara kehidupan bermasyarakat dari seorang teh 'ai, dilingkungan tempat beliau tinggal. Beliau terkenal sangat supel dan ramah. Teh 'ai tidak pernah membedakan ketika bergaul dengan siapa saja, dan latar belakang apa saja.

2.      Kekerabatan

Teh 'ai merupakan anak pertama dari lima bersaudara, sebagai anak tertua dia memiliki beban tersendiri didalam menyekolahkan adik-adiknya. Teh 'ai sangat dekat dengan keempat orang adiknya. Hal itu dibuktikan dengan dipekerjakannya beberapa adiknya di pabrik karet tersebut dalam mengatur proses keluar masuknya pengeluaran dan pemasukan keuangan didalam pabrik tersebut.

Teh 'ai juga merupakan dekat dengan sanak saudara dekat maupun jauh. Beliau juga merupakan sosok yang royal dalam hal apapun. Seperti menraktir makan,mengajak jalan dan memberikan semua fasilitas yang terbaik untuk menunjang semua kebutuhan saudara-saudara maupun keponakan-keponakannuya.

Walaupun teh 'ai gemar bersosial media namun hal itu tidak berdampak banyaknya teman beliau di dunia maya. Beliau lebih banyak bergaul dengan orang-orang yang hidup di dunia nyata ketimbang dunia maya.

Memasuki aspek kesehatan teh 'ai merupakan sosok orang yang sangat memperhatikan kesehatan. Baik dari segi aspek kesehatan jasmani dan rohani, dan kesehatan finansial. Contohnya : teh ai selalu menyempatkan dirinya untuk olahraga pagi disetiap sabtu minggunya. Hal itu dilakukan olehnya untuk menjaga kesehatan dan kebugaran  bagi tubuhnya. Dari segi kesehatan finansial sendiri. Teh 'ai merupakan seorang pengusaha karet yang sudah sangat maju sehingga finansial beliau sudah kuat dan kokoh.

Untuk masalah penghasilan teh 'ai sendiri. Dia bisa memperoleh 50-80juta/bulannya. Semua penghasilannya ini digunakan oleh dia untuk memajukan usahanya dan membahagiakan orang yang dia sayang.

Dalam kehidupan bersosialisasi teh 'ai merupakan sesosok wanita dengan sejuta pesona yang dimiliki dia dan keramahannya tiada tara telah memikat banyak orang. Untuk mengobrol ataupun bersenda-gurau dengan beliau. Beliau tidak penah membatasi dengan siapa dia berteman dan dengan siapa dia melakukan aktifitas sosialnya.

 

 

 

 

 

 

Jadi kesimpulannya adalah teh 'ai merupakan wanita yang tangguh dan sangat mudah untuk bersosialisasi. Ketangguhan dan kegigihan beliau patut untuk diacungi jempol. Beliau rela mengesampingkan kodrat beliau yang seharusnya mengurus anak menjadi sesosok wanita tangguh yang berhasil dengan jerih payah dan keringat yang dikucurkannya selama ini, namun demikian tidak ada hasil yang menghianati dari usaha kerja kerasnya. Beliau telah membuktikannya kepada kita semua. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini