Senin, 30 Maret 2015

abidin_Tugas 2_ Life history tahap II

Abidin

1113054000005

PMI 4

Life History

 

Narasumber yang saya pilih untuk life history ini yaitu seorang pedagang bubur yang setiap harinya berdagang di deket komplek saya.

 

Namanya Suwardi beliau lahir di Cirebon tahun 1974. Beliau ini seorang muslim yang taat dalam beragama. Beliau ini keseharian menjual dagangannya yaitu bubur ayam di komplek dekat rumah saya. Beliau ini berjualan bubur ayam di waktu pagi dan sore hari. Beliau ini adalah anak pertama dari delapan bersaudara.  Saya tertarik mewancarai beliau karena beliau adalah seorang perantauan yang datang ke Jakarta untuk mengubah kehidupannya yang ada di kampung. Hingga menjadi sukses pada saat ini.

Setiap harinya beliau menjual bubur ayam dengan gerobak bubur ayamnya yang berwarna hijau. Beliau ini orangnya sederhana sekali, ini terlihat dari apa yang di pakai ketika beliau menjajakan buburnya. Beliau hanya memakai kaos semi kemeja yang kancingnya diatas, celana bahan dan alas kaki sandal jepit. Hampir 20 tahun sudah beliau ini menjual bubur ayam. Beliau ini mempunyai nama panggilan yang biasanya di panggil oleh para pelanggan setianya yaitu dengan panggilan mas Boy.

 

Awalnya beliau ini adalah bukan seorang tukang bubur. Beliau sudah mencoba berbagai macam pekerjaan, mulai dari pekerka di pabrik rotan, berjualan mie ayam, dan berjualan ketoprak. Tapi pekerjaan yang dilakukan mas Suwardi ini tidak berangsur lama hanya sekitar 3 – 4 tahunan saja. Barulah setelah melakukan berbagai macam pekerjaan tersebut, mas Suwardi akhirnya memutuskan untuk menjadi pedagang bubur ayam sampai saat ini .

 

Perjalanan hidup

Beliau ini adalah seorang anak dari Bapak Suharto (Alm.) dan Ibu Umina. Beliau ini mempunyai delapan orang saudara kandung adik beliau yaitu empat laki – laki dan empat perempuan. Namun saudara beliau ini sudah ada yang meninggal yaitu saudara yang persis dibawah beliau dan adik beliau yang bernomor empat dan lima. Adik beliau ini meninggal karena premature.

 

Adik – adik beliau yang masih ada yaitu berjumlah empat orang yaitu dua laki – laki dan dua perempuan. Adik – adik beliau ini sangat berbeda sekali dengan beliau yaitu berbeda dari jenjang pendidikannya. Rata - rata adik – adik beliau ini yaitu tamatan SMA dan ada juga yang tamatan SI yaitu adik beliau yang bungsu.

 

Beberapa adik beliau ada yang mengikuti jejak beliau berjualan bubur ayam. Adik beliau yang mengikuti jejak beliau yaitu adik yang laki – laki. Kedua adik laki – laki beliau yang mengikuti jejak beliau karena di ajak oleh beliau datang ke Jakarta untuk berjualan bubur juga dan akhirnya kedua adik beliau menjadi nyaman dengan berjualan bubur tersebut. Adik beliau memutuskan untuk berjualan bubur karena mencari pekerjaan di Ibukota sangatlah susah hanya dengan bermodalkan ijazah SMA. Dan dua adik terakhir beliau yaitu perempuan. Adik perempuan beliau pertama yaitu bekerja disebuah pabrik Samsung dan yang adik terakhir beliau atau si bungsu menjadi seorang Guru PNS di salah satu Sekolah Dasar Negeri di daerah Cirebon.

 

Beliau ini hanya berijazahkan SD. Ketidakmampuan orang tuanya untuk membiyayai sekolah pada waktu itu. Orang tua beliau hanyalah sebagai penjual es campur keliling yang penghasilan pas – pasan hanya untuk makan sehari – hari saja dan ditambah dengan masih banyaknya adik – adik beliau yang masih pada kecil yang masih membutuhkan banyak biaya dan pada akhirnya beliau dengan terpaksa berhenti sekolah. Padahal waktu beliau SD, beliau termasuk orang yang rajin dan selalu mendapatkan peringkat 5 besar di kelasnya. Waktu itu beliau pernah melanjutkan sekolahnya sampai kelas satu SMP negeri di Cirebon akan tetapi, beliau putus sekolah karena keadaan ekonomi. Jangankan buat uang jajan beliau buat makan sehari – hari aja susah. Akhirnya beliau memutuskan untuk tidak melanjutkan untuk sekolah. Cukup lama beliau berdiam di rumah semenjak beliau putus sekolah  beliau dirumah hanya membantu Bapaknya berjualan es campur.

 

Setelah cukup lama membantu Bapaknya menjual es campur, datanglah om beliau dari indramayu. om beliau ini sehari – harinya adalah penjual mie ayam di Indramayu. Sudah cukup lama om beliau memiliki usaha mie ayam di Indramayu. Mie ayam om beliau ini sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat indramayu. Lalu kemudian diajaklah beliau untuk ikut bersama om untuk membantu pamanya menjual mie ayam. Di indramayu. Dengan senang hati beliau akhirnya ikut dengan om nya untuk berjualan mie ayam di Indramayu. Beliau ikut dengan omnya yaitu pada usia 13 tahun

 

Selama di indramayu beliau membantu omnya berjualan mie ayam. Mulai dari membuka tempat usaha mie ayam, melayani pembeli membuat mie ayam juga sampai dengan menutup warung mie ayam. Pernah juga beliau di ajari bagaimana caranya membuat mie ayam sendiri oleh omnya. Suka dan duka telah beliau lalui dengan ikut omnya membantu berjualan mie ayam. Penghasilan yang di hasilkan dari berjualan mie ayam bersama omnya bisa dibilang lumayan. Setiap harinya mie ayam yang di jualkan omnya selalu habis terjual. Tetapi kadang – kadang tidak habis juga terjual. Biasanya bila tidak habis mienya disimpan dan di jualkan kembali pada esok harinya  Biasanya om beliau menjual mie ayam 100 porsi setiap harinya

 

Selama kurang lebih 3 tahun ikut omnya di Indramyu berjualan mie ayam, akhirnya beliau sedikit jenuh dan juga bosan karena hanya itu saja yang di lakukan selama kurang lebih 3 tahun itu. Akhirnya beliau pamit dengan omnya dan memutuskan untuk pulang kembali ke kampung halamannya di Cirebon.

 

Di Cirebon beliau mencoba untuk bekerja di pabrik rotan. Di pabrik rotan ini beliau sehari – harinya bekerja sebagai tukang angkut rotan. Banyaknya rotan yang diangkut serta penghasilan yang di dapati tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup, maka beliau ini hanya bertahan sebentar saja karena sudah tidak betah bekerja di pabrik rotan. Selama di pabrik rotan beliau bekerja selama kurang lebih 2 tahun. Menurut beliau lebih enak berjualan mie ayam dengan omnya daripada bekerja di pabrik rotan karena berjualan mie ayam tidak susah dan berat seperti halnya bekerja mengangkut rotan dan juga penghasilan yang di hasilkan lebih banyak yang berjualan mie ayam di banding dengan bekerja di pabrik rotan. Akhirnya beliau pun berhenti bekerja di pabrik rotan.

 

Setelah selesai bekerja di pabrik rotan, beliau pun mulai mencoba berusaha sendiri tanpa di bantu oleh siapa – siapa. Beliau kemudian mencoba untuk berjualan ketoprak keliling di sekitar daerah tempat beliau tinggal. Awal beliau berjualan ketoprak hanya laku beberapa piring saja karena pada saat itu ketoprak yang di jualkan oleh beliau kurang di minati dan kurang di sukai oleh banyak orang. Akhirnya hanya berselang 1 setengah tahun beliau berjualan ketoprak.

 

Setelah beliau berjualan ketoprak, datanglah om beliau yang dari Jakarta. Om beliau ini di Jakarta pekerjaan sehari – harinya adalah seorang penjual bubur ayam. Lalu kemudian om beliau bercerita tentang bagaimana kehidupannya selama di Jakarta. Semenjak om beliau yang satu ini tinggal di Jakarta, banyak sekali perubahan yang terjadi. Seperti dalam berpenampinan gaya hidupnya dan juga dalam  soal keuangan atau ekonominya. Om beliau yang satu ini adalah salah satu yang paling dekat dengan beliau. Om beliau menceritakan bahwa dia hidup di Jakarta bisa dikatakan sukses karena om beliau sekarang mempunyai sebuah rumah yang cukup mewah di kampungnya yaitu di Cirebon juga dan juga mempunyai beberapa kendaraan di rumahnya. Suka duka telah banyak dilalui oleh om beliau selama hidup di Jakarta. Mulai dari menjadi buruh pabrik berjualan pakaian dan banyak sekali pekerjaan yang dilakukan om beliau sehingga om beliau menjadi seorang penjual bubur ayam.

 

Setelah di ceritakan oleh om beliau tentang bagaimana kehidupannya selama di Jakarta, kemudian beliau mulai ada ketertarikan untuk ikut bersama omnya ke Jakarta dan berjualan bubur ayam setelah sebulumnya menjual mie ayam yang ada di Indramayu. Kemudian om beliau mengajak beliau untuk ikut dan pergi ke Jakarta bersama omnya.

 

Akhirnya pada tahun 1993 beliau memutuskan untuk pergi ke Jakarta bersama omnya. Waktu itu usia beliau masih sangat muda sekali yaitu sekitar umur 19 tahun. Awal pertama kali datang ke Jakarta, beliau tinggal bersama omnya di Jakarta Timur yaitu tepatnya di kampung sumur, lalu kemudian pindah ke duren sawit. Pada awal kedatangannya ke Jakarta beliau langsung berjualan bubur sendiri. Modal utama dari berjualan bubur itu sendiri yaitu dipinjamkan dari omnya.

 

Awal beliau berjualan bubur tidaklah seperti sekarang yang setiap pagi dan sorenya selalu habis. Awal beliau berjualan bubur itu terkadang habis terkadang juga. Pernah sekali waktu itu hanya sedikit saja bubur yang disajikan itu terjual. Namun berkat kerja keras, sabar, dan ikhas beliau akhirnya bisa menjadi penjualan bubur yang disukai banyak orang seperti sekarang ini.

 

Setiap harinya beliau menjualkan buburnya sebanyak 9 liter. Yaitu antara waktu pagi 6 liter dan waktu sore sebanyak 3 liter dan setiap harinya bubur beliau yang dijajakan selalu habis tanpa tersisa. Beliau ini mempunyai nama panggilan yang khas dari para pelanggan setianya yaitu dengan sebutan panggila mas boy. Panggilan ini di gunakan karena pada saat awal beliau berjualan bubur, beliau baru saja memasuki usia ke 19 tahun.

 

Pendapatan yang biasa beliau dapati yaitu cukup lumayan untuk kebutuhan sehari – hari apalagi beliau mempunyai seorang istri dan 3 orang anaknya di kampung yang masih pada sekolah. Pendapatan yang biasa dia dapatkan dalam sehari yaitu sekitar enam ratus samapai tujuh ratus ribu perharinya itu hanya hasil kotor dari bejualan buburnya selama pagi dan sore dan untuk penghasilan bersih atau keuntungan yang bisa dia peroleh yaitu sekitar 30 sampai 40 persen dari penghasilan kotor tersebut. Untuk pengeluaran untuk berjualan bubur dan kebutuhan sehari – hari menurut beliau itu tidak menentu kadang pengeluarannya bisa lebih kadang juga bisa kurang. Dari penjualan buburnya selama ini beliau sudah bisa menghasilkan sebuah rumah mewah dikampungnya, mempunyai 3 unit sepeda motor dan mampu untuk menghidupi istri dan 3 anaknya dikampung. Setiap satu atau dua bulan sekali beliau pulang kampung untuk menengok istri dan 3 orang anaknya.

 

Kesehatan, sosial, dan cita - cita

Selama 41 tahun beliau hidup, beliau ini dari dulu hingga sekarang orangnya kurang aktif di bidang sosial. Ini di karenakan beliau sibuk merantau dan bekerja untuk membantu keluarganya dan untuk memperbaiki nasib keluarganya dan juga membantu biaya adiknya untuk sekolah. Untuk masalah kesehatan, beliau sendiri tidak memiliki penyakit yang di dederita serius. Paling hanya sakit biasa – biasa saja yaitu pegel – peegel, kecapean dan pusing. Beliau ini mempunyai sebuah cita – cita sederhana yaitu beliau ingin panjang umur dan beliau sendiri mempunyai target yaitu pada saat umur 50 tahun beliau harus bisa pulang kembali ke kampung halamannya dan bisa membuka usaha bubur lagi yang lebih maju daripada yang di Jakarta saat ini.

 

Selama hidupnya, beliau ini hanya mengayam pendidikan formal samapi SD saja dan beliau tidak pernah mengikuti kursus atau pendidikan non formal laiinnya. Beliau sendiri termasuk orang yang supel mudah bergaul dan sopan. Beliau ini merupakan seorang pekerja keras ini dimana bisa dilihat dari perjuangan hidupnya selama ini. Menurut para pelanggannya yang sudah kenal lama dengan beliau, beliau ini adalah typical orang yang baik ramah kepada siapa saja. Beliau juga termasuk orang yang rajin dalam bekerja. Beliau mempunyai pandangan atau motto hidup yang sederhana yaitu "jalani hidup seperti air mengalir".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini