Senin, 30 Maret 2015

tugas ke3

NAMA                       : AHMAD ALI NIDAULHAQ

NIM                            : 1113054000027

KELAS                      : PMI 4

MATA KULIAH      : ANTROPOLOGI BUDAYA


LIFE HISTORY

Pada tugas kali ini saya akan mewawancarai seorang pengusaha warung yang menurut saya sudah cukup suskes. Pengahasilan beliau setiap harinya bisa 500 ribu sampai 700 ribu, beliau adalah Ibu Nurwati yang kebetulan adalah Bibi saya. Lebih tepatnya beliau adalah adik dari Alm Bapak saya, Ibu Nurwati memiliki 3 orang anak, yang masing-masing sudah kerja dan sekolah. Anak pertama sudah bekerja, anak kedua kelas 3 SMA, anak ketiga kelas 6 SD, dan suami Ibu Nurwati adalah seorang polisi.

Ibu Nurwati sudah sangat senang membuka usaha kecil-kecilan sejak pertama menikah, bahkan Ibu Nurwati memiliki cita-cita ingin mempunyai warung yang besar. Sebetulnya dari penghasilan suaminya Ibu Nur sudah tercukupi, namun Ibu Nur ingin mengisi kesibukan di rumah dengan cara membuka warung.

Yang saya bahas dari life history Ibu Nurwati adalah bagaimana Ibu Nur bisa menjadi seorang pengusaha yang cukup sukses, lalu bagaimana Ibu Nur meniti pendidikan hingga menjadi seorang pengusaha warung seperti sekarang ini, selain itu apa perang orang-orang terdekat bagi Ibu Nur dalam meniti sebuah sebuah kesuksesan hingga menjadi pengusaha warung seperti sekarang ini.

Bagaimana hubungan Ibu Nur dengan teman-teman dekatnya, bagaimana hubungan Ibu Nur dengan para kerabatnya, dan yang terakhir bagaimana hubungan Ibu Nur dengan para guru-guru disekolahnya. Apakah guru-guru, teman-teman, dan para kerabat memilki peran penting dalam karier bu Nur atau dalam perjalan usaha yang dijalani oleh Ibu Nur selama ini.

Itulah gambaran secara umum dari life history Ibu Nurwati. Mungkin nantinya akan ada pertanyaan-pertanyaan lainya kepada Ibu Nurwati. Demi meninjau tugas life history yang saya buat ini.

Ayah beliau adalah mad ngali. Semasa hidupnya, ayah beliau sangat tekun untuk menuntut ilmu Agama. Ayah beliau asli orang Bojonegoro Jawa Timur. Ayah beliau lahir pada tahun 1939. Ayah beliau adalah seorang petani padi yang sehari-harinya menghasilkan uang tidak cukup banyak, namun tekad dari ayah beliau adalah anak-anaknya harus menjadi sukses dikelak kemudian hari. Kunci suskses menurut ayah beliau adalah belajar tekun, nurut kepada orang tua, rajin, dan yang terpenting adalah anak-anaknya harus bisa ngaji dengan baik dan benar. Dari cerita beliau ayahnya sangat tegas ketika berbicara soal Agama, beliau dan kakak beliau pernah ketika tidak mau mengaji ke musollah beliau dan kakak beliau di gebukin atau di (pikulin) karena tidak mau ngaji dan telat pergi pulang ke rumah lalu ke musollah untuk shalat berjamaah. Ayah beliau dipenuhi kegiatan dengan menuntun umat untuk belajar ngaji. Ayah beliau sangat keras ketika berbicara masalah agama dan keyakinan. Karena menurut ayah beliau belajar agama itu sangat penting sama halnya dengan belajar ilmu-ilmu sosial atau ilmu dunia.

Mad ngali memiliki Istri yang bernama Misri binti sukandar dan memiliki 5 orang anak. Ibu beliau bernama Misri, Ibu beliau lahir tahun 1939, Ibu beliau adalah seorang wanita yang sangat baik dan ramah untuk mendidik anak-anaknya. Ibu beliau sama bekerja sebagai petani, namun Ibu Beliau memiliki usaha kecil-kecilan atau warung. Ibu beliau sangat teliti dan tekun dalam berdagang. Bapak mad nagli dan Ibu Misri memiliki 5 orang anak. Beliau anak ke-5 dari lima bersaudara, beliau anak terakhir dari bapak mad ngali. Kakak beliau yang pertama bernama Muhammad Kadir, yang kedua Mar'puah, yang ketiga Sumiatun, yang keempat Safuan Ali yang kebetulan adalah ayah kandung saya sendiri, dan beliau bernama Nurwati.

Ibu Nurwati semasa kecilnya adalah seorang perempuan yang sangat cantik dan supel orangnya (suka bergaul dengan siapapun baik sesama perempuan ataupun laki-laki). Ibu Nurwati sangat dekat dengan kakak-kakaknya, diantaranya yang paling dekat dengan Alm Ayah saya yaitu Bapak Safuan Ali. Beliau bercerita bapak Safuan Ali sangat memilki peran besar dalam hidup beliau. Safuan Ali sangat banyak mengajari beliau arti kehidupan dan kesabaran dalam menghadapi semua cobaan dan rintangan yang dialami oleh beliau semasa hidpunya. Beliau beda 6 tahun usia dengan kakak beliau Safuan Ali. Beliau ketika kelas 5 Sd diajari shalat sama kakaknya Safuan Ali dan sampai sekarang beliau bisa shalat karena awalnya di ajari oleh kakaknya. Ayah beliau meninggal pada tahun 1990. Kalau dari penjelasan beliau ayah beliau meninggal ketika beliau abis menikah. Karena beliau menikahnya di tahun yang sama dengan kakaknya Safuan Ali. Kalau menurut orang jawa ketika ada keluarga yang menikah barengan atau sama tahunya, maka akan ada yang mengalah atau meninggal dunia, dan yang meninggal adalah ayahnya beliau. Bukan hanya ayah beliau yang meninggal namun ada 7 orang saudara beliau yang meninggal. Semua sangat aneh. Ketika ayah beliau meninggal dan memasuki hari ke-40 ada lagi saudara beliau yang meninggal. Sampai seterusnya atau sampai 7 orang berturut-turut yang meninggal karena dalam kepercayaan jawa sangat tidak boleh menikah dalam tahun yang sama. Ibu beliau meninggal pada tahun 2003 karena sakit yang di deritanya selama 4 tahun yaitu sakit stroek. Kakak beliau yang bernama Muhammad Kadir meninggal pada tahun 2008 dalam usia 58 tahun karena sakit.

Pandangan Hidup keluarga besar bapak mad ngali sangat sederhana, ayah seorang petani yang biasa-biasa saja atau bisa dikatakan orang yang tidak banyak memiliki harta. Namun ayah beliau sangat ingin anak-anaknya sukses dan mempunyai pendidikan tinggi. Cita-cita beliau semasa kecil ingin menjadi pengusaha suatu saat kelak. Beliau ingin menjadi pengusaha kecil-kecilan suatu saat nanti kerana beliau ingin  ketika nanti kelak beliau memilki suami dan anak beliau mempunyai kesibukan di rumahnya. Namun tanpa disadari beliau mempunyai bakat alam dari sang Ibu yakni sangat tekun untuk melakukan suatu usaha.

Guru Agama beliau ialah ayah dan kakak beliau ketika beliau masih kecil. Beliau merantau ke Jakarta pada tahun 1985 untuk melanjutkan sekolah menegah ke atas atau (SMA). Awal merantau ke Jakarta beliau tinggal dengan kakak beliau yang bernama Sumiatun, namun beliau sering-sering pindah nanti di rumah kakanya sumiatun, nanti di rumah kakaknya Muhammad Kadir, nanti di rumah kakaknya Safuan Ali. Karena beliau anak bontot jadi beliau bisa ikut dengan kakak-kaknya kapan saja. Dari kecil beliau sangat pandai mengaji bahkan sampai sekarang beliau sangat rutin mengikuti pengajian-pengajian Ibu-ibu di rumahnya. Menurut gurunya beliau yakni Hj Ma'ani beliau sangat pandai mengaji dan mempunyai suara merdu. Menurut keterangan guru beliau Hj Ma'ani beliau memang mempunyai latar belakang keluarga yang bisa mengaji atau nilai ke Agamaanya yang bagus. Karena selain beliau kakak-kakak beliau juga sangat pandai mengaji. Kakak-kakak beliau seperti Muhammad Kadir, Sumiatun, dan Safuan Ali juga sangat pandai mengaji. Kebetulan kakak-kakak beliau tinggal 1 wilayah di depok, jadinya guru beliau tau kalau latar belakang keluarga beliau pintar mengaji semua.

Beliau SMP di Jawa Timur dan SMA di daerah depok. Tepatnya Sma aliyah. Berbicara iptek beliau dulu sangat jadul, kenapa karena Hp saja beliau tidak punya. Bahkan beliau tidak memilki mesin ketik. Dulu komputer masih jarang. Beliau sangat baik ketika sekolah baik SMP maupun SMA. Di lingkungan keluarga beliau menjadi anak yang baik dan manja karena beliau anak bontot. Di lingkungan masyarakat beliau terkenal mempunyai wajah yang cantik dan banyak laki-laki yang terpesona melihat beliau. Selain itu seperti yang saya bilang tadi beliau sangat supel orangnya (suka bergaul dengan siapa pun). 

Beliau mempunyai saudara kandung 4, 2 laki-laki dan 2 perempuan. Beliau menikah pada tahun 1990 tepatnya 23 maret 1990. Suami beliau bernama toto pujianto, suami beliau bekerja sebagai polisi. Suami beliau asalnya dari Jawa Timur juga yakni dari Kediri. Suami beliau sekarang tugas di polsek Ciracas Jakarta. Suami beliau anak keempat dari 7 bersaudara. Beliau dan bapak toto sudah pacaran selama 3 tahun lamanya dan pada akhirnya menikah pada tahun 1990. Dari pernikahan beliau dan suaminya, beliau di karuniai 3 orang anak laki-laki. Anak yang pertama Satrio Joko Umbaran, anak kedua Satria Ari Pamungkas, dan anak ketiga Satria galang. Sebetulnya beliau sangat ingin memiliki seorang anak perempuan, namun Allah tidak memberikannya akan tetapi beliau tetap bersyukur dengan 3 orang anak laki-lakinya. Beliau pertama kali mempunyai rumah pada tahun 1994 yaitu di daerah depok jawa barat. Atau lebih tepatnya kampung Rawa Sari citayam depok. Awalnya beliau belum membuka usaha masih menjadi Ibu rumah tangga biasa.

Pada tahun 2000 beliau mulai merinti membuka sebuah usaha yakni warung kecil-kecilan yang menjadi cita-cita beliau sejak kecil. Awal usaha beliau sangat tidak bagus atau tidak mulus seperti usahanya sekarang. Menurut tetangga beliau yang bernama Asim warung Bu nur nama akrab panggilanya, awalnya tidak mulus atau ada yang sirik. Kenapa? Karena sebelum membuka usaha warung di rumahnya, sudah ada orang lain yang membuka usaha terlebih dahulu. Namun ketika beliau membuka usaha warung orang tersebut takut kalah saing. Pada akhirnya beliau awal usaha sangat seret atau tidak laku karena orang tersebut maen dukun lah istilah kasarnya. Namun beliau tidak patah arang menurut bapak Asim beliau orang yang sangat gigih dalam melakukan usaha, selain itu beliau juga sangat tegas. Maksudnya ketika ada orang yang mengutang dan meleset dalam pembayaranya beliau langsung menegur orang tersebut. Menurut tetangga lainya Ibu Dedeh. Beliau memang seorang pengusaha warung yang sukses karena beliau sangat tekun dan teliti dalam menjalani usaha tersebut. Beliau juga tidak takut ketika menaikan harga barang dengan cukup mahal, maksudnya tidak takut beliau tidak takut tidak laku warungnya. Beliau sangat yakin ketika usaha keras dilakukan pasti Allah akan membalas semua usaha yang kita lakukan. Selain gigih dan teliti dalam menjalankan usahanya, beliau juga di dukung modal yang cukup dari suami beliau yang bekerja sebagai polisi. Menurut Ibu Dedeh beliau sangat rajin bukan hanya menjalankan usahanya, namun beliau sangat rajin mengajak Ibu-ibu disekitar rumahnya untuk bermain Arisan bulanan, dan mingguan.

Saya mewawancarai Ibu RT yaitu Ibu Inah. Menurut Ibu Inah beliau memang sosok orang yang tidak kenal lelah dalam usahanya, beliau sangat teliti dan sangat tegas dalam menjalankan usahanya. Beliau tidak peduli orang ingin bilang apa dengan apa yang beliau lakukan atau usaha yang beliau jalankan. Menurut Ibu Inah beliau sangat gampang bergaul dengan siapa pun, khususnya Ibu-ibu di sekitar rumahnya. Beliau dikenal sebagai orang yang rajin dalam ber-ibadah, mengikuti pengajian-pengajian Ibu-ibu dan sangat gemar mengumpulkan Ibu-ibu untuk selalu menajaga keharmonisan dalam bertetangga dengan cara mengadakan Arisan bulanan dan mingguan. Awalnya warung beliau kecil dan barang-barang yang ada pun tidak cukup banyak, namun dengan seiring waktu berjalan beliau berhasil sedikit-demi sedikit memperbesar warungnya dan barang-barang yang ada juga lebih banyak dari sebelumnya. Menurut Ibu saya Ibu Wahyuning yang kebetulan adalah kakak ipar dari beliau. Ibu Wahyuning sangat mengetahui sejarah beliau dalam membuka usaha warung dari dulu sampai sekarang. Awalnya memang usaha yang beliau jalankan tidak sesuai harapan. Karena beliau mendapat cobaan berupa tidak lakunya dagangan yang beliau jual. Sedikit demi sedikit beliau berhasil berkembang, karena doa dan usaha yang tidak pernah putus beliau membuahkan hasil. Awalnya beliau hanya mendapat 50 ribu perhari dan sekarang beliau dapat menerima 500-1juta perharinya. Selain usaha beliau sangat gemar membuat arisan Ibu-ibu.

Pengaruh dari kerabat beliau sangat kental disini khususnya kakaknya Safuan Ali yang tidak bukan tidak lain adalah bapak kandung saya. Kakak beliau sangat berperan penting untuk beliau menjalankan usahnya. Di awal usahanya beliau mendapat cobaan, namun kakak beliau terus memberi semangat kepada beliau bahwa beliau akan suskes di kemudian hari nanti. Kakak beliau bilang jika ingin usaha menjadi suskes ada beberapa rintangan yang harus di lewati di antaranya ya tidak laku daganganya. Dan kakak beliau selalu berpesan kepada beliau bahwasanya beliau jangan pernah berhenti berdoa dan berusaha demi menggapai cita-cita sebagai pengusaha suskes. Kedekatan beliau dan kakak beliau Safuan Ali memang sudah terjalin sejak keci. Jadi beliau sangat nurut dengan kakaknya Safuan Ali. Pada tahun 2013 beliau sangat bersedih karena kakak tercinta Safuan Ali meninggal dunia di usia 50 tahun. Beliau sangat kehilangan karena kakak beliau Safuan Ali sangat berpengaruh dalam karir beliau menjadi pengusaha. Beliau sangat sedih, beliau bilang kepada saya ketika kakaknya sudah meninggal tidak ada lagi yang menjadi tempat cerita beliau jika sedang sulit menghadapi kehidupan. Sepeninggal ayah beliau kakak yang bernama Safuan Ali sudah beliau anggap sebagai ayah sendiri bagi beliau. Sampai sekarang pun beliau masih sedih karena kakak tercinta telah meninggalkanya untuk selama-lamanya.

Keluarga beliau dan suaminya bapak toto jika menghadapi masalah kesehatan sangat tenang atau tidak terlalu terburu-buru untuk membawa anaknya ke dokter. Suami beliau sangat percaya dengan obat-obat zaman dahulu dan obat-obat warung. Ketika anaknya sakit beliau dan suami beliau tidak terburu-buru untuk membawanya ke rumah sakit. Belaiu cukup menyuruh anaknya istirahat dan minum obat kampung atau obat warung beliau percaya akan sembuh anaknya. Untuk beliau sendiri dan suaminya tidak mempunyai penyakit apapun atau tidak mempunyai riwayat sakit. Kalau kata kakak ipar beliau atau Ibu saya Ibu wahyuning galian keluarga beliau sangat tidak mau membawa anaknya ke rumah sakit kalau belum parah banget. Dulu pernah ketika anaknya gejala tipes, namun beliau dan suaminya tidak langsung membawa anaknya ke dokter hal hasil kakak beliau Safuan Ali sangat marah dan langsung membawa anaknya ke dokter. Beda dengan kakanya Safuan Ali yang sangat memperhatikan ketika anaknya sakit langsung membawa ke dokter. Dari dulu keluarga beliau hidup serba kecukupan karena suami beliau seorang polisi, jadi ketika anaknya sakit atau beliau dan suaminya sakit tidak pernah meminjam uang kepada siapa pun. Jadi intinya keluarga beliau sangat santai ketika menghadapi masalah kesehatan yang menimpa keluarganya. Khususnya suami beliau yang sangat percaya dengan obat alam.

Pendapatan beliau dari hasil warung 1 bulanya bersih bisa mencapai 7 jutaan, dan pendapatan suaminya hanya 5 jutaan, beliau di kasih anak pertamanya 1,5 juta perbulan. Jadi beliau 1 bulan  bisa menerima hampir 13 juta. Uangnya beliau puter kembali untuk modal usaha. Pengeluaran beliau setiap bulanya hampir 7 jutaan buat makan dan ongkos anak-anaknya yang masih sekolah. Bahkan saya sering diberi uang oleh beliau 50 ribu.  

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini