Selasa, 13 November 2012

Hilda Dziah JRN 1B_ Laporan 1_ Institusi Sosial

INSTITUSI SOSIAL
Judul  Penelitian   :
Taman Pendidikan Al- qur'an (TPA) "MIFTAHUL JANNAH"
Peneliti                           :
Hilda Dziah Azqiah Septi  Manzilah (1112051100035)
 
       I.            Latar Belakang
Penelitian yang bertemaan dengan Taman Pendidikan Al-Qur'an ini, menjadikan suatu motivasi saya untuk bahan penelitian, karena tema ini sangat berpengaruh dalam lingkungan masyarakat. Taman Pendidikan Al- Qur'an ini biasanya disebut juga dengan TPA. Yang merupakan salah satu bagian dari masyarakat yang juga bagian upaya anak bangsa guna memberikan kontribusi terbaik bagi penyelenggaraan pendidikan. Dan adanya TPA dalam lingkungan masyarakat ini sangat berfungsi untuk masyarakat lingkungan itu. Yaitu sebagai ajang bersosialisasinya anak- anak , dan sebagai tempat atau sarana yang berfungsi memberikan pendidikan dan pengajaran kepada anak- anak dalam usia dini.
Secara luasnya, tema ini dipilih untuk penelitian, karena dalam suatu lingkungan yang berada dikota, sudah jarang adanya TPA, padahal TPA ini sangat banyak manfaatnya untuk anak- anak  yang belum bisa dan belum mengetahui akan  al- qur'an, bahasa arab, dan lainnya sebagainya, dan langkahnya pembelajaran al- qur'an dilingkungan tersebut, serta memudahkan anak- anak untuk menulis dan membaca al- qur'an. Dan dengan adanya TPA ini akan menjadi sebuah sinergi positif bagi pembekalan spiritual dan etika bagi anak-anak.
Dan tema ini bisa memotivasi kita sebagai seseorang yang peduli akan pendidikan untuk anak- anak usia dini, untuk menjadi anak yang kreatif, inovatif, akhlakul karimah. Karena, pendidikan adalah sebuah kebutuhan bagi seluruh anak bangsa, pendidikan akan memberikan bekal bagi semua peserta didik dalam mengarungi kehidupan. Atas dasar pemikiran diatas itulah yang melatar belakangi penelitian ini.
 
    II.            Pertanyaan Pokok Penelitian
1.      Mengapa tempat ini dinamakan sebagai TPA (Taman Pendidikan Al- qur'an) ?
Alasannya, yaitu karena tempat yang selaras untuk bersosialisasi anak- anak  dalam pendidikan usia dini adalah TPA, yang didalamnya mengajarkan serta mendidik anak- anak usia dini dalam hal keislaman, serta qur'aniyah. Dan dalam TPA ini sangat fokus terhadap pembelajaran al- qur'an yang menciptakan sikap anak- anak yang berislami sesuai dengan al- qur'an.
 
2.      Bagaimana menjaga eksistensinya TPA ini?
§  Yaitu dengan tetap terjaganya visi serta misi TPA ini.
§  Memberikan pendidikan yang bermutu untuk semua muridnya.
§  Memberikan pengajaran yang berbeda dari TPA umumnya, yaitu seperrti pengajaran bahasa arab yang lebih mendetail, kaidah menulis, mahfuzhot, serta tambahan yang berkenaan dengan agama.
§  Adanya kegiatan yang teratur setiap tahunnya.
§  Adanya rapat antar guru dan wali murid yang member pengaruh baik untuk kemajuan TPA ini.
 
 III.            Metode Penelitian
Metode yang digunakanya itu metode kualitatif,  yang menggunakan instrument indep yaitu wawancara langsung dengan narasumber. Alasannya, bahwa penelitian dengan metode ini dapat menghasilkan pernyataan  yang lebih akurat dan dapat menimbulkan kepercayaan antara narasumber dan peneliti.
 
Lokasi Penelitian         : TPA MIFTAHUL  JANNAH
                                       Jl. Radar Auri Kp. Tipar Rt 02/ 10 Mekarsari Cimanggis-  Depok
Waktu                         : Senin, 12 Nopember  2012 ( pukul 15.30 s/d  17.30 WIB).
 
IV.            Gambaran Subjek/  Objek Penelitian
Gamabaran subjeknya yaitu seperti  Ust. Hj. Zahrudin yang merupakan pengasuh dari TPA ini, beliau adalah seorang kepala rumah tangga yang disegani oleh orang- orang sekitarnya. Karena beliau seseorang yang tegas, yang selalu bertekad untuk mencerdaskan para anak yang berusia dini agar menjadi anak yang paham dan mengerti akan  al- qur'an.
Subjek lainnnya seperti 4(empat) orang wanita lulusan pesantren yang peduli akan masa depan kehidupan anak- anak, yang kemudian mendirikan taman ini sebagai wadah pembelajaran al- qur'an. Dan mereka adalah para wanita yang tidak pernah putus asa untuk tetap terus mengembangkan pendidikan ini meskipun mereka belum sarjana.
Objek penelitian yaitu Taman Pendidikan Al- qur'an yang sangat memajukan cita- cita keislaman. Dan objek ini selalu memberikan pengaruh untuk masyarakat sekitar, dan memudahkan para ibu untuk  menempatkan pendidikan untuk anak- anaknya sejak usia dini. Yang menghasilkan ahsanu taqwim, ahsanu qaulan, dan ahsanu amalan.
 
   V.            Analisis
Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang menyertakan nilai-nilai etika dan spiritual, bukan hanya mengedepankan kemajuan pemikiran tanpa nilai budi pekerti. Peran seluruh elemen masyarakat sangat diperlukan guna membangun pendidikan yang menyeluruh, jika hanya pemerintah saja yang berperan maka cita-cita pencapaian tujuan pendidikan akan sulit dicapai.
Seperti, disuatu lingkungan masyarakat berdirilah Taman Pendidikan Al- qur'an pada tahun 1993 namun diresmikannya oleh DEPAG pada 8 Juni 2003, yang memiliki visi dan misi sebagai berikut :
Visi "Mewujudkan generasi berqur'ani didalam berbagai aspek kehidupan".
Misi "Mewujudkan anak- anak berakhlak qur'ani, akhlaqul karimah serta kreatif, inovatif dan Islamic".
TPA ini  berawal dari niatnya 4(empat) orang wanita yang peduli akan pendidikan anak- anak dalam lingkungannya. Yang kemudian didirikan oleh Ust. Hj. Zahruddin, yang melihat faktor- faktor pendukung berdirinya TPA ini. Beliau memberikan nama tempat pendidikan ini dengan sebutan TPA MIFTAHUL JANNAH karena :
§  Memberikan pembelajaran dan pendidikan yang fokus terhadapa Al- qur'an.
§  Memperdalam ilmu agama.
§  Mendidik anak- anak untuk membaca al- qur'an dan untuk memahaminya.
§  Memperdalam menulis arab, dan memahami ilmu tajwid.
§  Menggunakan system menyanyi, bermain, bercerita untuk memberikan pembelajaran kepada anak- anak muridnya.
§  Dan berasas untuk ahsanu taqwiim, ahsanu qaulan, dan ahsanu a'malan.
Adapun pelajaran tambahan yang sangat diunggulkan dalam TPA ini yaitu:
§  Qaidah menulis arab.
§  Mahfuzhot.
§  Menggambar.
§  Senam.
§  Praktek ibadah (sholat).
TPA ini sangat berpengaruh bagi masyarakat lingkungan tersebut, karena dengan adanya TPA ini maka para orang tua tidak sulit mencari tempat pengajian untuk anak- anaknya. Dan para masyarakat sangat mendukung taman pendidikan ini baik dari segi moral maupun material, karena dengan inii memudahkan masyarakat untuk belajar agama dan al- qur'an.
Struktur dalam TPA ini, yaitu :
Pengasuh                     : Ust. Hj. Zahruddin
 Ketua                         : Hj. Nurjannah
Sekretaris                    : Edi Kosasi
Bendahara                   : Nunung
 
Adapun kegiatan- kegiatan yang dilakukan dalam 1(sau) tahun yaitu:
§  Festival (hafalan ayat pilihan, do'a sehari- hari, pidato).
§  Manasik haji.
§  Rekreasi dengan pindah- pindah tempat satu tahun sekali.
Dalam TPA ini, mempunyai syarat untuk para pengajar, yaitu :
§  Akademik
§  Kerjasama
§  Semangat
§  Satu rasa, satu cita, satu usaha, dan satu tujuan.
§  Berpegang pada prinsip Al-qur'an dan Hadits.
Dan para guru TPA ini selalu melakukan 5(lima) S, yaitu :
§  Senyum
§  Salam
§  Sapa
§  Santun
§  Semangat
 
 
Daftar Pustaka
            Hj. Nurjannah, Ketua TPA MIFATHUL JANNAH.
 
 
 
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini