Selasa, 13 November 2012

Ahmad Faathir-Tugas Lapangan 1-Institusi Sosial-Jurnalistik 1 B

PERANAN GURU TK (TAMAN KANAK-KANAK)
DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK
Ahmad Faathir (1112051100032)
Jurnalistik 1 B


I.                   Latar  Belakang
Kreativitas dan bakat pada diri anak perlu dipupuk dan dikembangkan.Dan disini pernanan guru sangat sosok yang penting, karena dengan kreativitas dan bakat yang dimilikinya itu mereka dapat menjadi pribadi-pribadi yang kreatif. Sebagai pribadi yang kreatif ,kelak mereka bukan saja dapat meningkatkan kualitas pribadinya,tetapi juga dapat meningkatkan kualitas kehidupan bangsa dan negara.
Sistem pendidikan perlu disesuaikan dengan kebutuhan pembangunan disegala bidang, yang memerlukan jenis-jenis keahlian dan keterampilan serta dapat meningkatkan kreativitas, produktivitas, mutu, dan efisiensi kerja.
Perilaku kreatif adalah hasil pemikiran kreatif. Karena itu sistem pendidikan hendaknya dapat merangsang pemikiran, sikap, dan perilaku kreatif – produktif, di samping pemikiran logis dan penalaran. Namun dalam kenyataannya masih sedikit sekolah yang menyelenggarakan upaya pengembangan kreativitas dan bakat anak. Hal ini disebabkan antara lain oleh masih sangat langkanya literature yang membahas secara menyeluruh dan terinci mengenai kreativitas, bakat, dan upaya – upaya pengembangannya  khususnya sejak seusia dini di taman kanak-kanak (TK)
Untuk memupuk bakat anak dan mengembangkan kreativitas anak perlu pastisipasi dengan guru maupun orang tua murid.
 
 
 
II.                Pertanyaan Pokok
1.      Apa fungsi dari penanaman kreativitas anak  sejak dini?
Pada saat periode anak usia dini ada periode golden age atau masa keemasan, dimana masa itu  anak banyak menerima pengaruh-pengaruh dari lngkungan luar, serta dimana masa itu anak banyak mengeksplor dari dirinya sendiri. Maka saat anak masih seusia dini sangat diperlukan penanaman kreativitas, dengan adanya penanaman kreativitas saat seusia dini, anak dapat berkembang secara keseluruhan. Baik secara fisik, motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, dan nilai agama moral, yang nantinya menjadi bekal anak memasuki masa kreativitas dewasa.
 
2.      Bagaimana cara penerapan guru terhadap kreativitas anak?
Banyak cara yang dapat dipakai guru untuk menerapkan kreativitas anak. Dengan beberapa cara dalam pembelajaran keseharian yaitu : "Bermain seraya belajar", seperti bermain peran. Kreativitas anak yang dapat digali ialah kreativitas perkembangan kosa kata bahasanya, dan masih banyak lagi contohnya, seperti bermain bak pasir. Kreativitas yang dapat digali adalah tentang kreativitas dan imajinasi anak, serta kreativitas kognitif anak juga dapat digali karena disitu anak bias belajar mengukur konsep banyak-sedikit dan konsep besar-kecil.


III.             Metode Penelitian
Metode yang saya gunakan dalam penelitian kali ini adalah metode kualitatif, agar mendapatkan informasi melalui wawancara yang lebih mendalam kepada narasumber dan mendapatkan hasil yang lebih intensif.
Waktu        : Senin 12 November 2012, pukul 12.00-13.30
Tempat      : TK Islam NUR ARIEF
  Puri Serpong 1 blok B6 No.2 Jalan raya Puspitek,
  Setu, Tangerang selatan.

 
IV.             Gambaran Subjek / Objek Penelitian
Seorang wanita muda bernama Kurnia Nursanti berumur 25 tahun, lahir di Jakarta pada 6 juli 1987. Sedang mengajar di TK Islam NUR ARIEF yang beralamat di Perumahan Puri Serpong 1 blok B6 No.2 Jalan raya Puspitek, Setu, Tangerang selatan. Berkecimpung di dunia pendidikan sebagai guru sejak tahun 2006 sampai sekarang. Dan ia pun sedang menempuh pendidikam kuliah di Universitas Terbuka pokjar Serpong, UPBJ Serang sarjana starata 1. Pengalaman mengajar sudah pernah mengajar di beberapa taman kanak-kanak, yaitu menjadi guru di TK/KB IT Aulia Jakarta pusat, dan pernah menjadi guru TK B di TK Mawar Safitri Jakarta Selatan.
TK Islam NUR ARIEF pertama berdiri sejak tahun 2006. Awal KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) dibuka pertama kali pada bulan Juli 2006 dengan 4 orang murid. Beralamat di Puri Serpong  1 blok D3 no.2 Jalan raya Puspitek, Setu, Tangerang selatan. Sampai saat ini sudah 7 tahun berdiri untuk menerima anak yang membutuhkan pendidikan disekitar daerah tangerang selatan. Sekarang sudah diisi oleh 3 orang guru dan 1 kepala sekolah, dengan jumlah murid 28 anak yang di bagi dengan kelompok bermain A dan kelompok bermain B.

 
V.                Analisis
Peranan guru sangatlah penting dalam menciptakan kreativitas anak, tertutama penanaman kreativitas anak sejak dini. Karena deangan ditanamkannya sejak seusia dini menjadikan anak-anak yang masih berusia dini dapat mengkesplor dirinya sendiri dan mengksplor dari luar. Peranan guru TK disini adalah untuk membimbing anak-anak sejak usia dini dalam bagaimana anak tersebut menciptakan suatu kreativitas yang dapat bermanfaat bagi dirinya dengan cara bermain ataupun berdialog dalam kelas. Penanaman kreativitas yang di berikan di sekolah dari guru sangat berdampak positif bagi kehidupan anak yakni dengan adanya penanaman kreativitas saat seusia dini, anak dapat berkembang secara keseluruhan. Baik secara fisik, motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, dan nilai agama moral, yang nantinya menjadi bekal anak memasuki masa kreativitas dewasa.
 

DAFTAR PUSTAKA
Buku panduan Universitas Terbuka "Peranan guru TK dalam kehidupan anak" tahun 2007
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini