Selasa, 13 November 2012

Lukman Hakim_Lap1_Bintaro Onthel Solidarity

Bintaro Onthel Solidarity (B.O.S)

Oleh: Lukman Hakim (1112051100029)

Jurnalistik 1A

 

I.            Latar Belakang

Fugsi sebuah komunitas di masyarakat yaitu sebagai wadah masyarakat dalam berinteraksi dan bekerja sama. Di masa sekarang ini komunitas-komunitas tertentu sudah banyak yang berkembang, khususnya komunitas sepeda. Saat ini masyarakat kota dan sekitarnya sedang ramai-ramai nya bersepeda tiap akhir minggu atau hari libur dan mengikuti komunitas dari sepeda yang mereka sukai. Di kawasan Bintaro, selaku kawasan yang turut berupaya dalam kegiatan kampanya Go Green terdapat komunitas sepeda yang beragam salah satunya komunitas sepeda tua atau yang sering di sebut dengan sepeda onthel.

Komunitas sepeda tua ini mempunyai nama Bintaro Onthel Solidarity (B.O.S) biasa terlihat setiap hari minggu pagi dari jam 06.30 sampai 09.00 di depan gedung "Permata Bank" Bintaro. Alasan saya memilih komunitas sepeda tua ini sebagai objek penelitian saya ialah agar para pembaca dapat lebih mengetahui komunitas sepeda tua ini dan peran serta mereka dalam kehidupan masyarakat. Karena tujuan dari komunitas itu sendiri ialah sebagai tempat untuk berkumpul, saling bertukar pikiran, berinteraksi dan bekerja sama.

 

II.            Pertanyaan Pokok Penelitian

a.      Kapankah didirikannya komunitas ini ?

B.O.S sepakat berdiri pada tanggal 24 Maret 2008. Pada tanggal tersebut tercetus nama B.O.S yang dipilih sebagai nama komunitas. Jauh sebelumnya ada beberapa onthelers (sebutan untuk para pengendara sepeda onthel) yang sering bersepeda dan berkumpul di kawasan Bintaro, namun jumlahnya masih sebatas hitungan jari. Ali yang kini menjabat sebagai humas adalah salah satu cikal bakal berdirinya komunitas ini. Pada pertengahan tahun 2007 Samsuri muai mengumpulkan orang-orang yang bersepeda onthel, bersama dengan Ali dua sekawan ini mulai menjaring lebih banyak lagi onthelers di kawasan Bintaro.

b.      Apa yang melatar belakangi didirikannya komunitas ini ?

Karena semakin banyaknya anggota dari para pesepeda onthel ini maka dari itu Ali, Samsuri dan kawan-kawan yang lain sepakat untuk mendirikan komunitas sepeda onthel di kawasan Bintaro ini. Selain itu berdirinya B.O.S ini adalah untuk mendukung kegiatan Go Green yang di canangkan pemerintah dan memperkaya komunitas sepeda yang ada di Indonesia khususnya sepeda tua dan sebagai wadah untuk saling sertukar informasi dan pengalaman tentang sepeda tua yang mereka ketahui.

 

 

 

 

 

III.            Pertanyaan Tambahan Penelitian

a.      Apakah tujuan dari komunitas B.O.S itu sendiri?

Tujuannya adalah untuk menjalin tali silaturahmi antara sesama pehobi sepeda onthel dan juga terkadang teman-teman dari komunitas juga ada kegiatan bakti sosial. Tapi untuk kegiatan baksos sendiri selalu spontan, baik dari teman-teman onthel ada yang terkena musibah atau yang lebih besar yaitu musibah alam seperti kejadian jebolnya tanggul Situ Gintung.

b.      Apakah peran B.O.S terhadap masyarakat?

Sampai sekarang respon dari warga Bintaro Jaya cukup baik. Apalagi kalau setiap hari ulang tahun Bintaro Jaya, selalu mengundang B.O.S dan teman-teman dari B.O.S untuk turut serta memeriahkan dengan kostum jadul dan juga sepeda onthel nya. Semua warga antusias dan senang akan kehadirannya komunitas B.O.S ini.

 

IV.            Metode Penelitian

Metode yang saya gunakan dalam penelitian kali ini adalah metode kualitatif, agar mendapatkan informasi melalui wawancara yang lebih mendalam kepada narasumber dan mendapatkan hasil yang lebih intensif.

Waktu        : 11 November 2012, pukul 11.00-12.30

Tempat      : Kantor Sekertariat Bintaro Onthel Solidarity

                          Jalan Hajah Ribah No.33 RT.001/01

  Kelurahan Jurang Mangu Barat, Kecamatan Pondok Aren

  Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Kode Pos 15223

 

V.            Gambaran Subyek/Obyek Penelitian

Ketua           : Irwan Bob

Humas         : Ali

Bendahara  : Fery

Sekretariat  : Sumarno (Pak Guru)

 

VI.            Analisis

Dari informasi yang saya dapatkan pandangan masyarakat terhadap komunitas Bintaro Onthel Solidarity ini dinilai sangat baik, terbukti dari hubungan relasi antara B.O.S dan Masyarakat sekitar. Hal ini dikarenakan masyarakat sangat mendukung adanya komunitas ini. Masyarakat sangat antusias terhadap komunitas ini, terbukti dengan seringnya masyarakat yang mampir ketika teman-teman B.O.S sedang berkumpul di minggu pagi sekedar untuk menanyakan merek, tahun pembuatan sepeda dan berbincang-bincang sejenak tentang pengalaman masa lalu ketika masih di kampung atau berniat untuk membeli sepeda onthel juga.

Adapun kegiatan-kegiatan yang sering diikuti oleh B.O.S ini adalah:

a.      Memperingati Hari Sumpah Pemuda

b.      Napak Tilas Hari Kemerdekaan di Museum Koja

c.       Peringatan HUT Bintaro Jaya

d.      Kegiatan-kegiatan yang berada di luar daerah, seperti Solo, Jogjakarta, Semarang, Dll

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini