Selasa, 13 November 2012

M Z dahlan JNR 1B_Tugas 1_Institusi sosial

PONDOK PESANTREN AL-QUR'ANIYYAH
Oleh: M.Zaeni Dahlan (1112051100030)
Jurnalistik 1B
 
I.                   Latar Belakang
 
Penelitian ini saya ambil dari sebuah institusi yang berbentuk yayasan pendidikan islam yaitu Pondok Pesantren dengan bertemakan Pondok Pesantren AL-Qur'aniyyah,ini merupakan langkah awal saya dalam sebuah penelitian dan sekaligus awal wawancara dengan sebuah institusi social masyarakat, karena tema ini sangat berpengaruh dalam lingkungan masyarakat. Yayasan pendidikan disini saya sebut dengan nama Pondok Pesantren karena merupakan salah satu bagian dari masyarakat yang juga bagian upaya anak bangsa guna memberikan kontribusi terbaik bagi penyelenggaraan pendidikan khususnya pendidikan yang mengandung keislaman.     Tema ini saya pilih untuk penelitian, karena dalam suatu lingkungan yang berada dikota, sudah jarang adanya Pondok pesantren, Dan dengan adanya Pondok pesantren  ini akan menjadi sebuah inspirasi dan motivasi serta nilai-nilai positif bagi pembekalan spiritual dan etika bagi pemuda-pemudi anak bangsa.
Karena jarangnya ponpes yang mengajarkan khusus tentang tata cara membaca AL-Qur'an yang baik, maka ponpes ini menilai dan menjunjung tinggi pembekalan untuk pemuda-pemudi agar bisa membaca AL-Qur'an dengan lancar dan sesuai dengan kaidah hukum bacaan AL-Qur'an,maka ponpes ini dinamakan dengan pondok pesantren AL-Qur'aniyyah.Saya sebagai pemuda yang cinta akan AL-Qur'an harus tau dan bisa membaca AL-Qur'an dan umumnya untuk semua kalangan agar bisa membumikan AL-Qur'an,maka Atas dasar pemikiran diatas itulah yang melatar belakangi penelitian ini.
 
 
 
 
 
II.            Pertanyaan Pokok Penelitian
 
1.        Mengapa tempat ini dinamakan Pondok Pesantren Alqur'aniyyah ?
Alasannya, yaitu karena tempat yang selaras untuk bersosialisasi pemuda-pemudi dalam pendidikan yang berlandskan AL-Qur'an yang didalamnya mengajarkan serta mendidik pemuda-pemudi dalam hal keislaman. Dan dalam pesantren ini sangat fokus terhadap pembelajaran AL-qur'an yang menciptakan sikap pemuda-pemudi yang berislami sesuai dengan tuntunan AL-Qur'an.
2.      Bagaimana pandangan masyarakat terhadap pesantren ini ?
       Masyarakat begitu antusias dan merelakan mengeluarkan hartanya hanya untuk memasukkan anak-anaknya kepesantren ini,karena mereka yakin dan sangat percaya bahwa pesantren yang ada ditengah-tengah kota ini bisa menjadikan anak-anaknya menjadi anak yang hidup dengan AL-Qur'an dimanapun dan sesuai dengan tntunan yang ada dalam AL-Qur'an itu,jadi sangat disayangkan jika ada orang tua yang tidak mau dan tidak peduli dengan anaknya akan pendidikan AL-Qur'an.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
III.            Metode Penelitian
 
Metode yang digunakan yaitu dengan metode kualitatif,  yang menggunakan indeks interview (wawancara mendalam) dengan narasumber. Alasannya, bahwa penelitian dengan metode ini dapat menghasilkan pernyataan  yang lebih akurat dan dapat menimbulkan kepercayaan antara narasumber dan peneliti.
 
Lokasi Penelitian         : PONPES AL-QUR'ANIYYAH
                                       Jl. Panti Asuhan,Kp.Ceger-Jurtim 03/12-Pd.Aren-TangSel-Banten
Waktu                         : Senin, 12 Nopember  2012 ( pukul 08.00 s/d  9.30WIB).
 
 
 
 
IV.            Gambaran Subyek/Obyek Penelitian
       
     Subyek penelitian yaitu :
Ketua Yayasan                        :  Drs.KH M Sobron Zayyan,MA
Pimpinan Pesantren                 :  Drs.Sahlan HD
Humas                                     :  Zainal Abidin
Bendahara                               :  Nanik Wahyuni
Sekretaris                                :  Maulana Yusuf,M.Si
 
Objek penelitian yaitu sebuah Pondok pesantren yang sangat memajukan cita- cita keislaman yang berpedoman pada AL-Qur'an.Dan objek ini selalu memberikan pengaruh untuk masyarakat sekitar,khususnya para pemuda dan memudahkan para ibu untuk  menempatkan pendidikan untuk anak- anaknya.Yang dalam AL-Qur'an menerangkan : "Inna Nahnu Nazzalnadzikro Wa Innalahu Lahafidzun".
 
 
 
V.            Analisis
Dari informasi yang saya dapatkan pandangan masyarakat terhadap Pondok pesantren ini dinilai sangat baik, terbukti dari hubungan kekeluargaan dan kekerabatan antara pengurus yayasan,santri dan pimpinan dengan masyarakat sekitar. Hal ini dikarenakan masyarakat sangat mendukung adanya pendidikan islam ini. Masyarakat sangat antusias terhadap pesantren ini, terbukti dengan seringnya masyarakat yang berkunjung dan memasukkan anak-anaknya untuk belajar setiap tahun dipesantren ini,mereka berebut kuota untuk dapat masuk kepesantren ini dan selalu ada dua gelombang dalam tes tiap tahun.
 
Pelajaran kepesantrenan yang sangat diunggulkan dalam belajar yaitu :
-          Tajwidul Qur'an
-          Ilmu Qiro'at bin Naghom
-          Tahfidzul Qur'an
-          Kutubut Turots
-          Praktek ibadah
-          Kajian study islam
 
Adapun kegiatan-kegiatan yang sering dilakukan oleh pesantren ini adalah :
-           Festival pada acara HARLAH (hari ulang tahun Pondok pesantren AL-Qur'aniyyah) yang diselenggarakan 2 tahun sekali.
-           Manasik haji.
-          Ziarah kubro setahun sekali
-          Study tour ketempat-tempat bersejarah setahun sekali
-          10 muharram dengan menyantuni 100 anak yatim dan 50 jompo
-          Menyemblih hewan qurban pada hari raya Idul Adha
 
 
 
 
 
Daftar Pustaka
     
Drs.KH M Sobron Zayyan,MA-ketua Yayasan Pondok Pesantren AL-Qur'aniyyah     
Buku panduan Pondok Pesantren A-Qur'aniyyah
Kalender Pondok Pesantren AL-Qur'aniyyah
 Brosur Pondok Pesantren AL-Qur'aniyyah
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini