Selasa, 13 November 2012

paramasumbada_laporan1_institusi sosial

KANDANG JURANG DOANK KOMUNITAS UNIK IBUKOTA
Parama a. sumbada  (1112051100058)
Jurnalistik 1 B
 
Latar belakang
 
Kandang Jurang Doank adalah sebuah tempat belajar mengajar yang didirikan oleh dik doank. Ditempat ini banyak anak-anak yang kurang mampu untuk mendapatkan hal layak seperti anak-anak yang beruntung lainnya yaitu bersekolah. Ditempat ini mereka bersekolah tanpa memikirkan berapa biaya yang harus dibayarkan. Di Kandang Jurang Doank ini cara mengajarnya cukup unik, mereka tidak hanya belajar di ruangan tertutup namun mereka belajar di ruang terbuka seperti hal layak sekolah alam.
Peneliti memilih mengamati KJD ini karena KJD ini merupakan komunitas yang cukup unik dimana mereka mendirikan KJD ini atas dasar ingin membangun tempat bermain sambil belajar. Dan banyak juga pengalaman yang peneliti dapat dari KJD ini.
 
Pertanyaan pokok
 
Bagaimana asal mula terbentuknya KJD ini?
KJD didirikan pertama di sunter dengan bermodalkan Pot tanaman yang diberikan oleh pemerintah, waktu itu balai yang di dekat rell rubuh akibat bencana angin dan tempat tersebut tidak memungkinkan lagi.  Lalu Kandang Jurang Doank pindah ke ciputat ke Kompleks Alvita Sawah baru, Ciputat, blok Q No. 14 pada tahun 1997.  Dan KJD ini diresmikan pada tanggal 24 mei 2005. Om Dik Doank  mempunyai inisiatif membangun tempat tersebut untuk mewadahi pendidikan anak-anak di jalanan, dan tempat itu menjadi sekolah pendidikan anak jalanan dengan kurikulum pembelajaran yang menyenangkan. Om Dik Doank terinspirasai dari taman siswa yang dibuat oleh ki hajar dewantara yang tanpa sekat. Namun sekarang bukan hanya anak-anak  yang kurang beruntung saja yang bersekolah ditempat ini.
 
Siapa yang paling berpengaruh di Kandang Jurang Doang ini ?
Orang yang berpengaruh dalam KJD itu yang palin dominan om Dik Doank, namun om Dik Doank sangat demokrasi dalam KJD ini, dia membebaskan anggotanya untuk bebas berpendapat dalam menyampaikan aspirasinya.
            Metode Penelitian
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualiatif, dengan menggunakan teknik wawancara. 
Lokasi penelitian         :           Kompleks Alvita Sawah baru, Ciputat, blok Q No. 14
Waktu penelitian         :           Minggu, 11 november 2012
 
 Gambaran Subjek Penelitian
Komunitas Kandang Jurang Doank, adalah sebuah wadah dan sekolah untuk anak-anak yang kurang beruntung untuk bersekolah, ditempat ini mereka dipupuk untuk kreatif dalam segala hal. Awalnya Sturktur kepengurusan itu di KJD tidak ada, namun sekarang ada. Struktur kepengurusan di KJD ini agak unik. Ada pun struktur kepengurusannya ialah :
Pendirinya                   : Dik doank
Pembinannya               : Bapak Rinawan
                                                                         Ibu Myrna yuanita
Ketua KJD                  : M.Fadli
Management KJD       :
Div. Multimedia          : atenk
div. sekolah alam        : agung
 
Analasis
 
Kandang Jurang Doank
            Kandank jurank adalah sekolah alam Dik doank.  Dik Doank menjelaskan bahwa sebenarnya Kandank Jurank Doank adalah komunitas kreativitas, namun banyak yang menyebutnya sekolah alam. Beliau mempunyai inisiatif membangun tempat tersebut untuk mewadahi pendidikan anak-anak di jalanan, dan tempat itu menjadi sekolah pendidikan anak jalanan dengan kurikulum pembelajaran yang menyenangkan. Namun sekarang bukan hanya anak-anak  yang kurang beruntung saja yang bersekolah ditempat ini. KJD didirikan pertama di sunter dengan bermodalkan Pot tanaman yang diberikan oleh pemerintah, , dalam jangka waktu 2 tahun berhasil mendapatkan 9 murid. Kemudian tahun 1995 bertambah menjadi 24, dan akhirnya 23 mei 2005 kandank jurank di resmikan, baru 2 hari peresmian, balai yang di dekat rel kereta api roboh,om Dik doank sempat putus asa, akhirnya mulai menata hati untuk terus melangkah. Lalu KJD ini pindah ke ciputat ke Kompleks Alvita Sawah baru, Ciputat, blok Q No. 14 pada tahun 1997.  Dan KJD ini diresmikan pada tanggal 24 mei 2005.
            Alasan dibentuknya KJD ini ialah membekali generasi muda dengan kekreatifan, waktu itu om Dik memiliki kegelisahan yang dalam arti ruang bermain itu sudah mulai berkurang. Akhirnya diciptakan gagasan untuk membuat tempat bermain yang didalamnya juga bisa sambil belajar, om Dik Doank terinspirasai dari taman siswa yang dibuat oleh ki hajar dewantara yang tanpa sekat. 5 sikap yang diajarkan dalam KJD adalah :
Ø  hobi (untuk mengasah talenta),
Ø  silaturahmi,
Ø   bisnis,
Ø  promosi dan
Ø  dekat dengan Tuhan.
 
            Nilai-nilai itu yang membuat anak didik KJD memang luar biasa di tangani oleh para pegawai soleh (dahulu voulenter) membuat kerja Dik semakin mudah untuk mentransformasikan ilmunya. Dalam KJD itu yang paling dominan om dik doank, namun om Dik Doank sangat demokrasi dalam KJD ini, dia membebaskan anggotanya untuk bebas berpendapat dalam menyampaikan aspirasinya.
"Hidup adalah proses. Proses adalah perubahan. Dan perubahan itulah yang menandakan kita hidup," itulah kalimat yang menjadi filosofi Sekolah Alam "Kandank Jurank Doank".
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini