Selasa, 27 November 2012

Muhammad Aidillah Putra_KPI 1 E

-->
PONDOK PESANTREN LA TANSA DALAM PANDANGAN AGAMA
Nama                     : Muhammad Aidillah Putra
Kelas                      : KPI 1 E
NIM                        : 1112051000137
A.  Latar belakang
            Menurut al Ustadz Rasyidi bahwa pondok pesantren la tansa berartikan jangan lupa yang dalam arti lingkup kecil bahwa setiap orang yang hanya sekedar ingin tahu jangan sampai pernah melupakan pondok yang pernah ia singgahi dan dikhususkan bagi para santri yang menimbah ilmu disana jangan pernah sampai lupa dengan apa yang telah La Tansa berikan padanya.
          
  Pondok Pesanteren La Tansa didirikan oleh seorang tokoh agama yang juga telah mendidirikan empat tempat pendidikan yang terletak diberbagai daerah namun semuanya terletak didaerah Banten dan nama tokoh pendidirinya bernama Drs KH. Ahmad Rifa'i Arief. Beliau dahulunya seorang santri juga yang pernah menggali ilmunya di Pondok Pesantren Gontor di daearah Jawa Timur dan beliau juga seorang Da'i yang sangat berperan aktif dalam bidang dakwah karena beliau berasumsi bahwa dakwah adalah salah satu pekerjaan yang mulia dan juga dianjurkan oleh Rasulullah SAW.
            Pondok Pesantren La Tansa didirikan sejak tahun 1994 tanpa meminta bantuan dari siapapun, namun beliau mencari jalannya dengan cara meminjam uang dari berbagai kalangan dan La Tansa telah memberikan banyak keuntungan bagi bangsa maupun agama yang telah melahirkan generasi-generasi pemuda yang beriman dan mempunyai taqwa serta mempunyai bakat-bakat yang luar biasa.
            Hingga saat ini alhamdulillah La Tansa masih tetap berdiri di atas luasnya tanah Indonesia dan umur la tansa pada saat ini telah mencapai 21 tahun yang mungkin menurut kita masih berada di umur yang muda, namun pada dasarnya pondok pesantren dibangun untuk menyiapkan kader-kader umat islam yang berbakat dan mempunyai pengetahuan yang luas, baik itu pengetahuan yang bersifat keagamaan maupun Nasional.
B.   Pertanyaan Pokok
1.apa saja yang menjadi dasar pola hubungan antara pondok pesantren dengan masyarakat setempat ?
                C. Metode Penelitian
Metode ini menggunakan kuantitatif dan metode ini di gunakan agar mengetahui sistematik atau proses pendidikan yang ada di dalam lingkup pesantren
Waktu              : Sabtu, 24 November 2012
Tempat            : jl. Parakan santri lebak gedong,lebak banten
Narasumber   :  Ustadz Rasyidi
Beliau sebagai ketua pengasuh santri putra di pondok pesantren LA TANSA dan beliau juga berperan aktif dalam bidang pendidikan khususnya untuk ke Agamaan. Beliau dahulu adalah seorang santri yang juga pernah merasakan kehidupan di lingkungan pesantren tersebut.
              D, ANALISA
            Pondok pesantren la tansa adalah sebuah pondok yang berdiri untuk semua golongan yang bersifat universal jadi siapa saja berhak belajar di la tansa. La Tansa di bangun di atas tanah yang luasnya mencapai 8 hektar dan pondok la tansa juga membedakan tempat antara santri putra dengan santri wanita. Hingga saat ini pondok pesantren la tansa terus memperluas daerahnya karena setiap tahun selalu terjadi penambahan santri baik itu santriwan maupun santriwati sehingga para pengurus pondok dipusingkan dengan tempat yang akan ditempati mereka karena kapasitas pondok saat ini tidak mencukupi dan terjadi selalu perluasan area pondok.
             Selain perluasan lahan pihak pesantren juga menambahkan berbagai macam fasilitas.dan fasilitas tersebut di harapkan bisa menjadi penyemangat para santri untuk lebih giat dalam menuntut ilmu.
            Ketika pondok ini dibangun dan dalam perkembangannya selalu melibatkan masyarakat sehingga masyarakat juga sangat berperan penting dalam kemajuan pondok pesantren la tansa. Maka dari itulah masyarakat sangat berperan dalam kemajuan pondok pesantren tersebut dan tanpa dukungan dari masyarakat mungkin pesantren tersebut tidak berkembang sampai saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini