Sabtu, 20 September 2014

Ridho Falah Adli (KPI 5/E)_Etika dan Filsafat Komunikasi

Nama : Ridho Falah Adli (1112051000143)

Kelas : KPI 5/E

Tugas : ETIKA DAN FILSAFAT KOMUNIKASI

Secara bahasa etika berasal dari kata bahasa Yunani yaitu ethos, yang berarti tempat tinggal yang biasa, padang rumput, kebiasaan, adat,  akhlak, perasaan, cara berfikir. Menurut istilah etika adalah ilmu yang ilmu tentang apa yang biasa dilakukan atau ilmu tentang adat kebiasaan.

Etika dibedakan dalam tiga pengertian pokok yaitu, ilmu tentang apa yang baik dan kewajiban moral, kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak, dan nilai mengenai benar dan salah yang dianut suatu golongan atau masyarakat. Maka etika dapat diartikan sebagai nilai-nilai atau norma yang menjadi pegangan bagi seseorang atau kelompok dalam mengatur tingkah lakunya.

Etiket adalah adat sopan santun atau tata krama yang perlu selalu diperhatikan dalam pergaulan agar hubungan selalu baik. Lalu apa perbedaan antara etika dan etiket? Etika menyangkut cara perbuatan yang harus dilakukan oleh seseorang atau kelompok tertentu sedangkan etiket memberikan dan menunjukan cara yang tepat dalam bertindak. Etiket menyangkut segi lahiriah saja (yang nampak) sedangkan etika lebih menyangkut aspek internal manusia.

Moral adalah perbuatan/tingkah laku/ucapan seseorang dalam berinteraksi dengan manusia. apabila yang dilakukan seseorang itu sesuai dengan nilai rasa yang berlaku di masyarakat tersebut dan dapat diterima serta menyenangkan lingkungan masyarakatnya, maka orang itu dinilai memiliki moral yang baik, begitu juga sebaliknya.

Etika lebih condong kearah ilmu tentang baik atau buruk. Selain itu etika lebih sering dikenal sebagai kode etik. Moralitas adalah sifat moral atau keseluruhan asas danatau nilai yang berkenaan dengan baik buruk.

Ada dua istilah filsafat yang berkaitan dengan moralitas suatu individu yaitu Amoral dan Immoral. Menurut Bertens dalam buku Etika karangannya, bahwa amoral artinya tidak berhubungan dengan konteks moral (2002:7). Maksudnya, bila anda melihat teman anda sedang memeluk pohon, apakah anda akan bilang bahwa itu berhubungan dengan moralitas? Tentu tidak, oleh karenanya anda bisa menyebut bahwa teman anda sedang melakukan hal amoral. Jadi amoral itu adalah suatu tindakan yang tidak berkaitan dengan masalah moral.

Sedangkan immoral adalah lawan dari sikap bermoral. Barulah benar jika anda mengatakan tindakan yang immoral bila anda melihat teman anda tiba-tiba memeluk wanita yang tidak dia kenal didalam bus. Karena itu merupakan hal yang tidak bermoral bagi pandangan anda yang melihatnya.

Subjektif menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah mengenai atau menurut pandangan (perasaan) sendiri, tidak langsung mengenai pokok atau halnya. Atau pengertian yang lain yaitu lebih kepada keadaan dimana seseorang berpikiran relatif, hasil dari menduga duga, berdasarkan perasaan atau selera orang.

Membedakan etika deskriptif, etika normatif dan metaetika.

Etika deskriptif adalah cara melukiskan tingkah laku moral dalam arti luas, seperti adat kebiasaan, anggapaan tentang baik dan buruk, tindakan yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan. Etika deskritif mempelajari moralitas yang terdapat pada individu, kebudayaan atau subkultur tertentu.

Etika normatif mendasarkan pendiriannya atas norma. Ia dapat mempersoalkan norma yang diterima seseorang atau masyarakat secara lebih kritis. Ia juga bisa mempersoalkan apakah norma itu benar atau tidak. Etika normatif berarti sistem-sistem yang dimaksud untuk memberikan petunjuk atau penuntun dalam mengambil keputusan yang menyangkut baik atau buruk (Lorens Bagus, kamus filsafat, 1996:217).

Metaetika adalah kajian etika yang ditujukan pada ungkapan-ungkapan etis. Bahasa etis atau bahasa yang digunakan dalam bidang moral dikaji secara logis. Metaetika menganalisis logika perbuatan dalam kaitan dengan baik atau buruk.

Hakekat Etika Filosofis bisa dikatakan sebagai etika yang berasal dari kegiatan filsafat atau berfikir, yang dilakukan oleh manusia. Karena itu etika sebenarnya bagian dari filsafat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini