Senin, 04 Mei 2015

Laporan UTS Ekologi Manusia

EKOLOGI MANUSIA, OLEH:
Diqu Zarobi Alfadia   (1112054000015)
Arif Rahman Hadi      (1112054000022)
Diyaur Rahman           (1112054000023)
 
Kawasan Hijau Taman Menteng Sektor 7 Bintaro
Menururt Imendagri No.14 tahun 1998 Salah satu bentuk dari Ruang Terbuka Hijau adalah Taman Kota. Ruang Terbuka Hijau (RTH) atau Taman Kota adalah ruang yang berfungsi sebagai wadah untuk kelestarian alam dan kehidupan manusia baik secara individu maupun berkelompok, sera wadah makhluk lain untuk hidup dan berkembang secara berkelanjutan (UUPR no.24/1992). Dari pengertian diatas dapat kita cermati bahwa taman kota yakni ruang yang didominasi oleh lingkungan alami dan fasilitas yang memberikan kontribusi penting dalam meningkatkan kualitas lingkungan. Jadi ruang terbuka hijau atau taman kota lebih menonjolka unsur hijau dan itulah yang terdapat di Taman Menteng (Menteng Park) Bintaro sector 7.
Taman Menteng (Menteng Park) Terletak di Kawasan yang bisa dibilang ramai yakni di daerah Bintaro sector tujuh Tangerang Selatan. Taman menteng (Menteng Park) merupakan area terbuka hijau yang diperuntukan sebagai taman kota Bintaro. Taman yang memiliki luas sekitar 1,3 hektar ini dibagun untuk memenuhi fungsi ekologis  dan aktivitas bagi warga bintaro.
Konsep dalam pembagunan taman yang selalu ramai dikunjungi oleh warga ini adalah peduli lingkungan dan ramah terhadap alam yang ini di terapkan dalam desain yang sangat ramah terhadap lingkungan, pemanfaatan sinar matahari untuk lampu penerangan, pembuatan sumur resapan dan lubang biopori yang dapat menyerap air hujan untuk kemudian dimanfaatkan, penanaman pohon-pohon, dan pemanfaatan limbah organic sebagai pupuk untuk pepohonan, dan semua upaya diatas adalah untuk melestarikan lingkungan.
Dalam sejarahnya, Taman Menteng ini sudah berdirI sekitar 10 tahun yang lalu dan dibagun sebagai lahan untuk refreshing bagi masyarakat sekitar yang kesehariannya disibukkan dengan aktifitas yang padat di perkantoran sehingga jalan-jalan sore atau di olah raga pagi saat weekend di taman yang asri menjadi alternative untuk merelaxasi tubuh yang selama weekday atau kesehariannya sangat lelah.
Dalam wawancara kami dengan salah satu Mandor dan petugas yang ada di Taman Menteng ini kami menggali informasi tentang Taman ini. Taman Menteng ini telah dikelola oleh berbagai Perseroan Terbatas (PT). demi mendapatkan hasil yang maksimal, pengelola taman ini mengganti perseroan yang lebih baik setiap dua sampai tiga tahunnya namun pada saat ini Taman Menteng di kelola langsung oleh PT. Bintaro Jaya yang bekerja sama dengan Eco Community sebagai komunitas pencinta lingkungan.
Menurut Suntoro Wongso Atmojo, taman kota memiliki fungsi yang banyak (Multi Fungsi) dan bermanfaat untuk semua baik berkaitan dengan fungsi Hidrologis, Ekologi, Kesehatan, dan rekreaasi. Begitu pula halnya yang ada di Taman Menteng Bintaro, Banyak manfaat dan Fungsi dari taman ini bagi masyarakat umum yang datang mulai dari hanya sekekdar beralan-jalan menikmati alam sampai melakukan hal seperti berfoto.
Bagi keluarga tempat ini menjadi tempat untuk menghabiskan waktu sore dengan hanya duduk-duduk dan mengobrol yang tentunya lebih hemat dan nyaman dibandingkan harus pergi ke bioskop untuk menonton atau ke tempat wisata yang tentunya menghabiskan biaya. Untuk anak-anak tempat ini menjadi sarana mereka dalam bermain dan mengekspresikan diri mereka. Bagi mereka yang senang berolahraga tempat ini menjadi destinasi untuk jogging dan pemanasan-pemanasan kecil, karna di tempat ini sudah disediakan trek khusus untuk jogging dan pemanasan. Bagi mereka yang hobi foto-foto atau hunting foto tempat ini memiliki pemandangan dan spot yang sangat bagus untuk dijadikan objek foto. Dan bagi siswa/siswi tempat ini menjadi wadah untuk kunjungan sekolah-sekolah atau pencinta alam disekolah  untuk melakukanagenda penanaman pohon atau peduli lingkungan.
Memanfaatkan segala yang alam berikan kepada kita adalah satu hal yang sangat baik dengan tidak bergantung terhadap sesuatu yang sifatnya merusak. Dalam masalah fasilitas, Taman Menteng Bintaro sangat memanfaatkan alam dengan sebaik-baiknya. Seperti lampu penerangan yang ada disana, Lampu yang terdapat di taman ini menggunakan energy Surya (Matahari). Dengan memanfaatkan sumber energy alami dari alam menambah kesan ekologis bagi tempat ini. Pupuk yang digunakan untuk pepohonan yang adapun menggunakan kompos yang dibuat dari daun yang gugur di taman tersebut. Dengan membuat daun-daun yang sudah mati menjadi pupuk dan tidak menggunakan pupuk buatan membuat taman ini terlihat lebih asri.
Ada berbagi fasilitas yang ada di Taman Menteng Bintaro diantaranya :
1.      Lampu Taman yang menggunakan energi matahari,
2.      Tempat sampah yang terpisah (organik dan non organik),
3.      Sumur resapan yang berfungsi untuk menyerap air lebih seperti halnya Biopori,
4.      Taman bermain untuk anak-anak,
5.      Sungai,
6.      Trak jogging, Dll.
Tidak hanya sebagai lahan yang digunakan sebagai tempat rekreasi, Taman Menteng Bintaro ini juga bisa dijadikan lahan pengais rezeki bagi mereka yang bekerja disana atau bagi petugas kebersihan yang ada disana. petugas kebersihan di sana bukan hanya membersihkan sampah-sampah di sekitar taman tetapi ketika ada sampah yang bisa menjadi nilai jual, mereka memanfaatkannya. Seperti yang dilakukan oleh Ibu Maya, selain sebagai petugas kebersihan disana Ibu Maya juga berusaha mengumpulkan sampah-sampah yang masih bisa dijadikan rupiah. Konsep yang dilakukan sama seperti yang dilakukan di Bank Sampah, Ibu Maya menyetor barang kepada Pengepul untuk nantinya ditabungkan dan uang hasil dari tabungannya bisa dijadikan untuk tambahan biaya hidup dia dan keluarganya.
 
Itulah hasil wawancara dengan bapak Solihin dan Ibu Maya selaku pengawas dan petugas kebersihan serta Observasi langsung kami di Taman Menteng Bintaro Sektor 7. Banyak sekali manfaat dari kawasan hijau atau ruang terbuka hijau  untuk masyarakat Selain sebagai pemuhan fungsi ekologis tempat ini juga berfungsi sebagai tempat rekreasi bagi masyarakat.
 
Semakin banyak kawasan ruang terbuka hijau semakin banyak pula manfaat yang bisa diberikan bagi orang-orang dan semakin baik pula kualitas alam. Dengan kita baik terhadap alam, alam pun akan baik terhadap masyarakat.


Jadikan gambar sebaris
Jadikan gambar sebarisJadikan gambar sebarisJadikan gambar sebarisJadikan gambar sebarisJadikan gambar sebarisJadikan gambar sebarisJadikan gambar sebarisJadikan gambar sebaris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini