Rabu, 03 Oktober 2012

KarlMarx_yuni kartika sari_JNR 1B_Tugas ke 3

KARL MARX
( Yuni Kartika Sari, Jurnalistik 1B )
A. Pertentangan Kelas 
Dalam beberapa pandangan Marx tentang kehidupan sosial,terdapat pandangannya tentang kelas,yaitu kelas – kelas dianggap sebagai kelompok – kelompok sosial yang mempunyai kepentingan sendiri yang bertentangan satu sama lain sehingga konflik tak terelakkan lagi.Marx memandang masyarakat terdiri dari dua kelas yang didasarkan pada kepemilikan sarana dan alat produksi (property),yaitu kelas borjuis dan proletar.Kelas Borjuis adalah kelompok yang memiliki sarana dan alat produksi yang dalam hal ini adalah perusahaan sebagai modal dalam usaha. Sedangkan kelas proletar adalah kelas&nbs p;yang tidak memiliki sarana dan alat produksi sehingga dalam pemenuhan akan kebutuhan ekonominya tidak lain hanyalah menjual tenaganya. Menurut Marx, masyarakat terintegrasi karena adanya struktur kelas dimana kelas borjuis menggunakan negara dan hukum untuk mendominasi kelas proletar. Konflik antarkelas sosial terjadi melalui proses produksi sebagai salah satu kegiatan ekonomi di mana dalam proses produksi terjadi kegiatan pengeksploitasian terhadap kelompok proletar oleh kelompok borjuis.
B. Ideologi
Marx tidak selalu persis tentang penggunaan kata ideologi. Dia menggunakan kata tersebut untuk menunjukan ide – ide yang berhubungan. Pertama ,ideologi merujuk kepada ide – ide yang secara alamiah muncul setiap saat didalam kapitalisme,akan tetapi yang karena hakikat kapitalisme,merefleksikan realitas di dalam suatu cara yang terbalik. Untuk hal ini, dia menggunakan metafora kamera obscura,yang menggunakan optik quirk untuk menunjukan bayang – bayang nyata yang nampak terbalik.Inilah tipe ideologi yang direpresentasikan oleh fetisisme komoditas atau oleh uang.Marx juga&nb sp;menggunakan istilah ideologi untuk merujuk kepada sistem – sistem aturan ide – ide yang sekali lagi berusaha menyembunyikan kontradiksi – kontradiksi yang berada di pusat kapitalis.Pada kebanyakan kasus, mereka melakukan hal ini dengan salah satu dari tiga cara berikut :
1. Mereka menghadirkan suatu sistem ide, sistem agama, fisafat, literature, hukum yang menjadikan kontradiksi – kontradiksi tampak koheran.
2. Mereka menjelaskan pengalaman – pengalaman tersebut yang mengungkapkan kontradiksi – kontradiksi biasanya sebagai problem – problem personal atau keanehan – keanehan individual.
3. Mereka menghadirkan kontradiksi kapitalis sebagai yang benar – benar menjadi suatu kontradiksi pada hakikat manusia dan oleh karena itu satu hal yang tidak bisa dipenuhi oleh perubahan sosial.
C. Agama
Marx merujuk agama sebagai candu masyarakat, namun berikut adalah kutipan catatan Marx : Kesukaran agama – agama pada saat yang sama merupakan ekspresi dari kesukaran yang sebenarnya dan juga protes melawan kesukaran yang sebenarnya. Agama adalah napas lega makhluk tertindas , hatinya dunia yang tidak punya hati, spiritnya kondisi yang tanpa spirit. Agama adalah candu masyarakat. Bentuk keagamaan ini, mudah dikacaukan dan oleh karena itu selalu berkemungkinan untuk menjadi dasar suatu gerakan revolusioner . Kita juga melihat bahwa gerakan – gerakan  keagamaan sering berada digarda depan dalam melawan kapitalisme. Meskipun demikian, Marx merasa bahwa agama khususnya menjadi bentuk kedua ideologi dengan menggambarkan ketidak adilan kapitalisme sebagai sebuah ujian bagi keyakinan dan mendorong perubahan revolusioner ke akhirat. Dengan cara ini,teriakan orang – orang tertindas justru digunakanuntuk penindasan selanjutnya.
D. Modal Produksi
Didalam produksi sosial eksistensi, manusia menjalin hubungan dengan tertentu yang dibutuhkan dan bebas sesuai keinginan mereka. Hubungan – hubungan produksi ini berkaitan dengan level  yang terkait dengan  perkembangn tenaga produksi  material. Keseluruhan kebutuhan ini  membentuk struktur  ekonomi  masyarakat, sebagai pondasi riil yang menjadi dasar berdirinya bangunan yuridis dan politik, dan sebagai jawaban atas bentuk – bentuk  tertentu dalam kesadaran sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini