Rabu, 03 Oktober 2012

Karl max_dahlan JNR 1B_tugas ke-3

KARL MARX
DISUSUN OLEH:
MUHAMMAD ZAENI DAHLAN (1112051100030)
TUGAS SOSIOLOGI KE-3
DOSEN PEMBIMBING : Tantan Hermansyah,M.Si
Prodi Jurnalistik
Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu komunikasi
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
JAKARTA
Tahun 2012/2013
Kata Pengantar
Alhamdulillah segala puji bagi Allah SWT atas segala nikmat dan karunianya. Shalawat serta salam tak lupa kami sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW, atas berkat rahmat-Nya makalah ini dapat kami selesaikan tepat waktu.
Makalah dengan tema KARL MARX ini kami susun dalam rangka menyelesaikan tugas dari dosen kami  Bapak Tantan Hermansyah.Selain itu, makalah ini juga bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan kami tentang Ilmu sosiologi.
Makalah ini terdiri dari 4 (empat) sub-bab, yaitu pertentangan kelas,ideologi,agama dan modal produksi.Kami  berharap agar makalah ini dapat memberikan pelajaran dan rujukan bagi semua orang yang suka belajar dan bersosialisasi dalam masyarakat,Amin.
              
                                                                                            
                                                                                                     Jakarta,Oktober 2012
M.Zaeni Dahlan
     
  Dalam pembahasan kali ini saya akan menerangkan beberapa teori yang telah saya rangkum dari beberapa buku sosiologi menurut pandangan KARL MARX,diantaranya :
- Pertentangan kelas
-Ideologi
-Agama
-Modal produksi
1. Pertentangan Kelas
          Karl Marx berpikir ketika pasar modal atau aset-aset penting hanya dikuasai oleh kaum kapital (pemegang modal), maka yang terjadi hanyalah miskin tambah miskin, dan kaya akan tetap kaya. Idealnya Marx memandang bahwa pembagian kelas antara si kaya dan si miskin harus di hapuskan, dan diganti dengan sitem komunal (kelompok yang sama rata dan sama rasa). Sehingga lahirlah teori nilai lebih dimana para buruh bekerja dengan hitungan jam, atau gampangnya Paket. Misal buruh bangunan per jam Rp. 15000, sedangkan waktu yang disediakan per hari adalah 8 jam. Tetapi, pada saat praktek penggarapan bangunan ada alat yang tidak tersedia, sehingga buruh harus menunggu sampai 8 jam lebih. Maka, tetap yang harus di bayar oleh majikan adalah satu hari penuh.
Marx lebih dalam lagi, tujuannya dalah menyamakan upah buruh atau mengelompokan ke dalam suatu kelas yang sama. jika tidak maka, simak cerita di bawah ini :
"Ada ruangan berbentuk gelas bertutup, tingginya 160 cm (tinggi orang indonesia umumnya), sedangkan pemilik rumah memaksakan orang bule masuk kedalamnya, ditambah lagi orang Negro, Arab dsb. Maka yang terjadi atap ruangan itu di bongkar agar semuanya bisa berdiri".
Nah inilah yang dikatakan oleh Marx sebagai Pertentangan kelas sosial. Sebuah sejarah yang tragis tentang negara-negara yang pernah menerapkan teorinya dalam sistem politik. Indonesia pada tahun 60 an yang di kenal dengan pemberontakan G 30 S PKI telah meregang nyawa ribuan orang tak berdosa, Rusia dengan Leninismenya (orang bernama Lenin yang fanatik terhadap Marx -Red) juga menyisakan legenda tragis.
Di karenakan, sangkin bencinya Marx terhadap Kapitalisme, dia menginginkan "Segala kekuatan yang menindas kekuatan lain dibawahnya harus dihapuskan".Nah dari sinilah dia dikatakan orang Komunis, Atheis dan Kafir, Na'udzubillah……karena banyak Agamawan, ilmuwan berpikir bahwa "TUHAN" adalah kekuatan yang agung dan diatas kekuatan lainnya.
2. Ideologi
         Pengertian ideologi dari suatu ilmu tentang ide berubah menjadi corak  politis ketika Karl Marx dan Friedrich Engel menulis buku The Germany Ideologi.Karl Marx mengemukakan bahwa ideologi lahir dari sistem masyarakat yang terbagi menjadi 2 yaitu,kelas atas( pemilik modal) dan kelas bawah( pekerja)Sampai saat ini ideologi memang lebih banyak digunakan dalam hal politik,masyarakat, dan sistem pemerintahan. Memang apabila dikaitkan dikaitkan dengan asal kataideologi pengertian itu sudah sedikit jauh melebar dari arti ideologi sebagai suatu ilmu yangmendasar menjadi berbau politik, masyarakat, dan sistem pemerintahan.Jadi ideologi saat ini berarti ide-ide atau gagasan yang menjadi akar atau pondasisuatu kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat luas di berbagai bidang kehidupan. Bisadiartikan juga ideologi sebagai arah dasar suatu sistem atau aturan yang ada atau berlaku.
3. Agama
         Bagi Marx, agama merupakan medium dari ilusi sosial. Dalam agama tidak ada pendasaran yang real-objektif bagi manusia untuk mengabdi pada kekuasaan supranatural. Ia justru melihat bahwa agama tidak berkembang karena ada kesadaran dari manusia akan pembebasan sejati namun karena kondisi yang diciptakan oleh orang-orang yang memiliki kuasa untuk melanggengkan kekuasaannya. Propaganda inilah yang disebutnya sebagai candu bagi masyarakat. Berkaitan dengan hal ini Marx mengkritik agama Kristen yang telah mempropagandakan etika ketertundukan. Dalam etika ketertundukan itu manusia hanya bisa tunduk terhadap segala aturan yang dilegitimasi sebagai aturan dari Allah. Manusia pasif dan menerima penderitaan sebagai karunia, sebagai sarana untuk mencapai kebahagiaan kekal. Ini mengindikasikan bahwa manusia akhirnya hanya bisa menerima penderitaannya tak berbuat apa-apa. Justru sikap tunduk inilah yang menguntungkan kaum kapitalis yang nota bene menguasai roda perekonomian. Dalam konteks ini Marx melihat bahwa agama adalah ekspresi langsung dari kelas yang berkepentingan, kelas yang dominan secara ekonomi bahkan politik yaitu kelas kapitalis.Untuk itulah, Marx mengusulkan lahirnya masyarakat komunis. Dalam masyarakat komunis ini tidak ada lagi bentuk-bentuk penindasan kelas satu terhadap yang lain. Untuk mencapai cita-cita masyarakat komunis itu –yang dipandang olehnya sebagai suatu penghapusan stratifikasi sosial dalam masyarakat- agama harus sepi. Artinya agama harus dipinggirkan dan tidak mendominasi kehidupan masyarakat.

         Kritik agama yang dilancarkan oleh Marx di atas sebenarnya merupakan langkah awal atau sebagai 'pintu gerbang' untuk memasuki wilayah kritik masyarakat. Bagi Marx, kritik agama tidak akan mengubah keadaan manusia yang menderita. Yang dibutuhkan adalah kritik masyarakat, agar agama tidak lahir. Dengan demikian, dapat dikatakan di sini bahwa kritik surga menjadi kritik dunia, kritik agama menjadi kritik hukum, dan kritik teologi menjadi kritik politik.
4. Modal Produksi
         Marx memandang bahwa manusia adalah makhluk yang memperlakukan dirinya sebagai makhluk hidup yang bersifat universal dan memiliki kehendak bebas yang kuat. Konsepsi kerja dalam sistem kapitalisme telah mengubah hakikat manusia yang demikian ini menjadi manusia pekerja tanpa eksistensi antrologisnya. Alienasi pekerja dengan demikian merupakan alienasi alam dari manusia sekaligus alienasi manusia dari dirinya sendiri. Alienasi tenaga kerja menunjukkan hubungan bahwa manusia yang sebenarnya memiliki kesadaran rasional justru menjadikan aktifitas hidupnya hanya semata-mata sebagai alat kehid upan atau produktivitas sistem ekonomi yang berlaku yaitu kapitalisme. Konsekuensinya adalah manusia kemudian saling mengalienasi diri, terjebak dalam paham individualistik yang parah, dan hanya mengembangkan kemampuan akalnya untuk sekedar bertahan hidup dengan berkompetisi satu sama lain tanpa menyadari bahwa sebenarnya mereka memiliki kesadaran kolektif untuk membentuk kehidupan yang lebih manusiawi.
Demikian, semoga bermanfaat.

Sumber Teori sosiologi modern,george ritcherd dan douglas J.goodman,(jakarta kencana).
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini