Selasa, 26 Mei 2015

Milva Susanti_Pmi 4_Tugas 6_MITOS BERSIUL DI MALAM HARI

MITOS BERSIUL DI MALAM HARI

Salah satu mitos yang cukup terkenal pada  beberapa daerah di Indonesia yaitu larangan bersiul di malam hari. Salah satu contoh kasusnya yaitu di daerah Provinsi Bengkulu. Beberapa masyarakat yang tinggal di kota maupun kabupaten pada Provinsi ini mempercayai bahwa tindakan bersiul di malam hari dapat mendatangkan (atau seperti memanggil) hewan buas yaitu ular. Di beberapa daerah di provinsi lain masyarakatnya bahkan mempercayai bahwa bersiul di malam hari adalah pemanggilan setan. Masyarakat tersebut mempercayai bahwa jika seseorang bersiul maka akan datang seekor ular ataupun akan mengundang datangnya setan ke daerah tempat mereka bermukim.

Secara umum, mitos merupakan hal yang dipercayai oleh beberapa atau segelintir orang saja. Begitu pula hal nya dengan mitos "larangan bersiul di malam hari" tersebut. Dilain pihak mengatakan itu bukanlah sesuatu yang dilarang. Namun, perbedaan pendapat tidak perlu menjadi perselisihan, karena setiap orang mempunyai hak dan kebebasan masing-masing untuk mempercayai ataupun tidak mempercayai mitos tersebut.
Sebenarnya larangan bersiul di malam hari jika dikaitkan dengan pemikiran logika bisa dibenarkan. Karena menurut logika berpikir kita, malam hari adalah waktunya banyak orang beristirahat (tidur). Sehingga jika ada orang yang bersiul di malam hari maka akan menganggu waktu istirahat orang lain.  Jadi mitos bersiul di malam hari bukan sesuatu yang perlu ditakutkan ataupun diperdebatkan. Kita kembalikan pendapat kepada pribadi kita masing-masing, jika ada yang mempercayainya boleh saja, namun jika bisa lebih bijak menyikapinya itu justru lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini