Minggu, 25 November 2012

Tugas lapangan ke4 nama : Dewi Utari (112051000134) pengaruh pesantren bagi masyarakat sekitar

Nama : Dewi Utari (1112051000134)
 
Pengaruh Didirikannya Pesatren Bagi Masyarakat Sekitar
 
       I.            Latar Belakang
Di Indonesia terdapat beragam macam sekolah yang berbasiskan islam yang sering dikenal sebagai pondok pesantren. Seperti pondok pesantren Latanza, pondok pesantren ini terletak didaerah bogor, pondok pesantren ini diberi nama latanza dikarenakan mengambil nama dari bahasa arab, yaitu latanza yang dimana dalam ayat al-qur'an latanza itu berarti kesenangan. pendiri pondok pesantren ini memberi nama latanza dengan harapan bahwa pondok pesantren ini dapat member kesenangan bagi setiap umat manusia baik kesenangan dunia maupun akhirat.
Serupa dengan pondok pesantren latanza, terdapat juga pondok pesantren yang berbasiskan islam di Indonesia tepatnya adalah pondok pesantren Al-wasilah yang terltak didaerah kembangan Jakarta barat. pondokpesantren ini dibangun dengan tujuan untuk  adalah mengkombinasikan kurikulum pondok pesantren dengan pendidikan nasional, mempersiapkan kader-kader muslim yang menguasai iptek, mampu berkreasi secara inovatif, aktif, dan dinamis berlandaskan iman dan takwa, meningkatkan kemampuan nasional dan pengetahuan tenaga pendidikan dan tuntutan dinamika masyarakat serta menanamkan jiwa tauhiddan daya juang yang tinggi dengan landasan Qur'an dan tauhid. Untuk lebih mengetahui secara mendalam mengenai pondok pesantren al-wasilah ini maka saya melakukan pengamatan mengenai pondok pesantren ini.
 
 
    II.            Pertanyaan Pokok
                                 1.         Apa pengaruh pesantren Al-wasilah terhadap masayarakat sekitar?
 
 
 
 III.            Metode Penelitian
Metode yang saya gunakan pada penelitian mengenai pesantren Al-wasilah ini adalah Metode Kualitatif
 
 
 
 IV.            Nara Sumber
Nara Sumbernya adalah Bapak H. Muhammad Sahidi Rahman, MA. beliau merupak Lurah di pondok pesantren al-wasilah.
 
    V.            Hasil Penelitian
Berdasarkan pengamatan yang telah saya lakukan mengenai pesantren Al-wasilah ini pada hari Kamis, 22 November 2012 yaitu Pesantren Al-wasolah merupakan satu dari sekian pondok pesantren Islam yang ada di Indonesia, pesantren ini memiliki tujuan untuk bisa mendidik, mengubah akhlak-akhlak dan pribadi umat manusia menjadi lebih baik dan lebih mengenal siapa Tuhannya. Tuhan yang sudah menciptakan kita sebagai makhluk Hidup, yang sudah memberikan nikmat dan kesehatan, baik kesehatan jasmani ataupun kesehatan jasmani.
Pesantren Al-wasilah didirikan pada tahun 1988 diatas tanah seluas +800 m dengan alamat Jln. Kampung Baru no.20 Rt. 004/010 Kelurahan Kembangan Utara, Kecamatan Kembangan Jakarta Barat. Pada mulanya pesantren ini hanya bergerak dibidang pendidikan informal seperti Majelis Ta'lim, Kuliah Ramadhan, Festival Kosidah serta kegiatan-kegiatan  keislaman lainnya. Namun, dengan semakin majunya dunia pendidikan dan majunya zaman maka pesatren ini juga mendirikan peendidikan-pendidikan (Sekolah) formal yang berbasiskan Islam atau pondok pesantren hinggga saat ini. Tepatnya pada tahun1989 telah dibuka TK, TPA, MTS, SLTP, SLTA danPerguruan Tinggi.
Visi dari pesantren ini adalah untuk mencetak generasi siap pakai dan dinamis ilmiyah amaliyah dan amaliyah ilmiyah sehingga tidak hanya mampu, bisa serta mengerti satu bahsa saja yaitu bahasa Indonesia tetapi juga mampu bahasa arab. Sedangkan misi dari pesantren ini adalah mengkombinasikan kurikulum pondok pesantren dengan pendidikan nasional, mempersiapkan kader-kader muslim yang menguasai iptek, mampu berkreasi secara inovatif, aktif, dan dinamis berlandaskan iman dan takwa, meningkatkan kemampuan nasional dan pengetahuan tenaga pendidikan dan tuntutan dinamika masyarakat serta menanamkan jiwa tauhiddan daya juang yang tinggi dengan landasan Qur'an dan taudid.
Awalnya pesantren ini masih sangat sederhana tidak ada fasilitas-fasilitas yang terdapat dipesantren-pesantren lainnya, namun karena kerja keras dari setiap ustad, ustadjah, pengurus-pengurus pesantren ini untuk bisa memiliki dan memberikan fasilitas-fasilitas yang baik serta bagus bagi kaum pesantrennya sehingga kini sudah ada fasilitas-fasilitas yang baik atau sarana dan prasarana yang baik seperti Masjid Jami Al-wasilah, auditorium, asrama putra dua dan tiga lantai, asrama putrid dua lantai, ruang kelas sebanyak 15 ruang, lapangan olahraga, laboraorium computer dan laboratorium bahasa. Sehingga dengan sarana dan prasarana yang sudah dimiliki pesatren Al-wasilah saat ini dapat membuat  membuat pesatren ini menjadi lebih maju dan sukses, dengan kerja keras dan prestasi-prestasi siswa-siswi pondok pesantren ini sperti dalam kegiatan  serta berbagai event baik bertaraf daerah propinsi maupun daerah. serta pesantren ini sudah membuat radio dakwah (radio al-wasilah) di Jakarta.
Akan tetapi masyarakat-masyarakat sekitar pondok pesatren ini tidak suka atau bahkan tidak pernah mau untuk ikut berpartisipasi dalam setiap kegiatan-kegiatan yang diberikan atau yang diadakan oleh pondok pesantren tersebut, karena mereka beranggapan bahwa mereka hanya meninginkan anak-anak mereka mampu, dan menguasai ajaran agama yang baik dan benar sehingga tidak salah jalan tanpa mau ikut terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang diadakan pndok pesantren tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini