Minggu, 25 November 2012

Tugas 10 / Fitri Permata Sari / KPI 1 E

PENGARUH DIDIRIKAN PESANTREN NUR MEDINA TERHADAP MASYARAKAT SETEMPAT
 
Nama  : Fitri Permata Sari
NIM    : 1112051000151
 
a)      Latar Belakang
Pesantren adalah lembaga pendidikan keagamaan yang mempunyai kekhasan tersendiri dan berbeda dengan lembaga pendidikan lainnya. Pendidikan di pesantren meliputi pendidikan Islam, dakwah, pengembangan kemasyarakatan dan pendidikan lainnya yang sejenis. Membicarakan tentang pondok pesantren, maka kita harus mengingat bahwasanya lembaga pendidikan di Indonesia pertama kali yang dikenal adalah pondok pesantren lembaga pendidikan pesantren merupakan lembaga pendidikan tertua saat ini dan dianggap sebagai budaya Indonesia. Pesantren sebagai wadah untuk memperdalam agama.
Pondok Pesantren di Indonesia memiliki peran yang sangat besar, baik bagi kemajuan Islam itu sendiri maupun bagi bangsa Indonesia secara keseluruhan. Berdasarkan catatan yang ada, kegiatan pendidikan agama di nusantara telah dimulai sejak tahun 1596. Kegiatan agama inilah yang kemudian dikenal dengan nama Pondok Pesantren. Pondok Pesantren adalah lembaga pendidikan Islam tertua yang merupakan produk budaya Indonesia. Keberadaan Pesantren di Indonesia dimulai sejak Islam masuk negeri ini dengan mengadopsi sistem pendidikan keagamaan yang sebenarnya telah lama berkembang sebelum kedatangan Islam. Sebagai lembaga pendidikan yang telah lama berurat akar di negeri ini, pondok pesantren diakui memiliki andil yang sangat besar terhadap perjalanan sejarah bangsa.
 
Pertanyaan Pokok
1.      Bagaimana pengaruh pesantren ini di lingkungan setempat ?
Pesantren ini didirikan karena anjuran dari para ustadz dan permintaan masyarakat setempat. Dikarenakan agar anak-anak yang tinggal di lingkungan tersebut dapat mengikuti kegiatan agama dan mampu mendalami ilmu agama yang lebih dalam. Jadi pengaruh adanya pesantren ini di lingkungan setempat mendapat respon positif yang sangat tinggi dari masyarakat.
 
b)     Metode Penelitian
Metode Penelitian                 : Kualitatif, metode ini digunakan karena dapat dengan   cepat mengetahui pemahaman pesantren terhadap pandangan agama dan anggapan para masyarakat setempat sekaligus menekankan pada aspek pengukuran secara obyektif.
Waktu                                     : Kamis, 22 November 2012, jam 11.00-14.00
Tempat                                   : Pesantren Nur Medina
Jl. Cabe III No.7 Pondok Cabe, Tangerang Selatan.
 
c)      Gambaran Tokoh
Narasumber, Ubay Beliau merupakan pengajar di Pesantren Nur Medina yang sudah mengajar selama 2 tahun, beliau juga seorang mahasiswa jurusan BPI Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
 
d)     Analisis
Sejarah Pesantren Nur Medina bermula pada tahun 2004. Pesantren Nur Medina awalnya digunakan sebagai tempat pengajian dan tempat zikir bersama para ustadz-ustadz dan ibu-ibu masjid ta'lim. Kemudian karena saran dari para ustadz, Ust.Endang Husna yang selaku pemilik bangunan tersebut mendirikan pesantren ini yang tidak hanya bisa digunakan oleh para ustadz dan ibu-ibu pengajian saja tapi juga bisa digunakan oleh remaja dan anak-anak untuk melaksanakan kegiatan agama lainnya. Lambat laun pesantren ini semakin besar dan berkembang karena pembangunan pesantren ini juga mendapat anggaran dari para ustadz dan donator setempat. Pesantren ini baru diresmikan pada tahun 2009 dan resmi pula menjadi pesantren Al-Qur'an. Pesantren ini mempunyai pengajar sebanyak 30 orang, tenaga kerja tersebut adalah relawan yang mau mengamalkan ilmunya di pesantren ini. Pengajar di pesantren ini adalah mahasiswa-mahasiswa dari UIN,IIQ dan lain-lain. Pengajar diberi fasilitas penginapan dan dibiayakan untuk kuliah di universitas mereka masing-masing. Jumlah murid di pesantren ini berjumlah 250 siswa, pesantren ini membuka kelas untuk Play Group, Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Dan yang sangat menjadi pacuan dari pesantren ini adalah semua fasilitas dan pendidikan untuk murid-murid diberikan secara Gratis (tanpa bayar). Pesantren ini juga mengadakan kegiatan-kegiatan agama seperti Shalat Tahajud bersama dan Zikir bersama yang diadakan setiap malam Ahad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini