Jumat, 07 Desember 2012

PerubahanSosial_AnggaSatriaPerkasa_Jurnalistik1B_Laporan4

Judul Penelitian : PERUBAHAN SOSIAL  JARINGAN RADIO KOMUNITAS JAKARTA (JRKT)

ANGGA SATRIA PERKASA

JURNALISTIK 1B

1112051100045

 

 

 

I.                   LATAR BELAKANG

 

 

Perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai, sikap-sikap sosial, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok masyarakat.

Perubahan sosial juga  bisa diartikan perubahan-perubahan yang terjadi dalam hubungan sosial (social relation) atau perubahan terhadap keseimbangan (equilibrium) hubungan sosial.

Perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan tertentu akan diikuti dengan perubahan pada lembaga-lembaga sosial lainnya.

Perubahan sosial juga merupakan proses yang meliputi bentuk keseluruhan aspek kehidupan masyarakat.

Perubahan sosial adalah proses yang meliputi bentuk keseluruhan aspek kehidupan masyarakat. Menurut pengamatan, perubahan sosial telah menjadi titik kajian beragam ilmu yang sifatnya lintas disiplin. Perubahan sosial adalah masalah teori-teori sosial yang dipakai untuk menerangi fenomena perubahan sosial secara sepihak. Dalam banyak hal, ternyata teori, substansi dan metodologi tidak bisa terpisah menjadi suatu sistem berpikir untuk memahami fenomena perubahan sosial yang lengkap.
Perubahan sosial menggambarkan suatu proses perkembangan masyarakat. Pada satu sisi perubahan sosial memberikan suatu ciri perkembangan atau kemajuan (progress) tetapi pada sisi yang lain dapat pula berbentuk suatu kemunduran (regress). Perubahan sosial dapat terjadi oleh karena suatu sebab yang bersifat alamiah dan suatu sebab yang direncanakan. Perubahan sosial yang bersifat alamiah adalah suatu perubahan yang bersumber dari dalam masyarakat itu sendiri. Sedangkan perubahan sosial yang direncanakan adalah perubahan yang terjadi karena adanya suatu program yang direncanakan, seringkali berbentuk intervensi, yang bersumber baik dari dalam ataupun dari luar suatu masyarakat. Perubahan yang direncanakan yang datang dari dalam masyarakat yang bersangkutan, seringkali merupakan program perubahan yang dibuat oleh sekelompok anggota masyarakat tertentu, biasanya para elite masyarakat, yang ditujukan bagi kelompok-kelompok masyarakat lainnya.
Gejala perubahan sosial yang masih relevan dalam tatanan kehidupan masa kini adalah gejala modernisasi yang dicanangkan dunia Barat untuk memperbaiki perekonomian masyarakat di negara-negara Dunia Ketiga. Dampak modernisasi sangat luas, baik yang dianggap positif maupun negatif oleh kalangan masyarakat di negara-negara Dunia Ketiga, baik yang berkaitan dangan masalah ekonomi, sosial, politik, budaya dan ilmu pengetahuan. Modernisasi sebagai fenomena perubahan mendapat respon yang beragam, bahkan dikritisi sebagai westernisasi. Bagaimanapun sebuah masyarakat bukanlah 'bejana' kosong yang begitu saja menerima hal-hal yang berasal dari luar, tetapi ia memiliki mekanisme tertentu melalui norma-norma dan nilai-nilai tradisi (budaya) dalam menangani dan menanggapi perubahan yang terjadi.
Dalam kaitannya dengan hal ini adalah peran para agen perubahan (pemerintah dan lembaga-lembaga masyarakat) yang mampu mengantisipasi berbagai perkembangan masyarakat sehingga mampu mengarahkan masyarakat untuk berubah ke arah yang lebih baik.

 

 

 

II.                 PERTANYAAN POKOK PENELITIAN

 

1.     Apa alasan di dirikannya komunitas ini?

2.     Apa saja kegiatan yang dilakukan dalam komunitas ini?

 

 

 

 

 

 

III.              ANALISIS

 

 

Majunya perkembangan teknologi telepon selular (ponsel) saat ini tentu memudahkan proses komunikasi dan pertukaran informasi. Terlebih lagi dengan perkembangan teknologi android. Tentu saja, teknologi android tidak hanya sebatas mampu meningkatan gaya hidup penggunanya, tetapi ternyata dapat dimanfaatkan untuk mempercepat perubahan sosial.VVVVVVVV

Teknologi android ternyata dapat mempercepat pertukaran dan penyebaran informasi yang berguna untuk perubahan sosial bagi masyarakat. Beberapa perangkat lunak ponsel android, seperti sosial media, chating, camcorder, dan streaming, dapat digunakan untuk menyebarluaskan gagasan, laporan dan keluhan masyarakat terhadap permasalahan kehidupan dan kebijakan pemerintah.

Melihat potensi ponsel android yang besar untuk penyebaran informasi dalam perubahan sosial, Jaringan Radio Komunitas Jakarta (JRKT) berinisiatif membentuk Komunitas Android Jakarta. Selain itu, JRKT juga mengadakan bengkel android untuk perubahan sosaial bagi beberapa organisasi sosial dan radio komunitas. Pada bengkel android untuk perubahan sosaial yang dilaksanakan pada 3 dan 10 Agustus 2012 lalu, beberapa orang organisasi sosial memanfaatkan waktu ngabuburit untuk mempelajari kegunaan beberapa perangkat lunak ponsel android untuk dimanfaatkan dalam penyebaran informasi yang terkait dengan perubahan sosial. Dalam bengkel android tersebut, komunitas Android Jakarta belajar membuat film dokumenter, video berita komunitas dan membuat berita komunitas berformat suara untuk disebarluaskan melalui sosial media twitter dan facebook. Selain itu, komunitas itu juga mencoba mengkonvergensikan materi siaran rakom ke dalam format video dan tulisan dengan menggunakan ponsel android.Karena keterbatasan waktu dan kesibukan mempersiapkan lebaran, bengkel android untuk perubahan sosial ini hanya dialkukan dua kali selama bulan Ramadhan. Setelah lebaran, Komunitas Android Jakarta akan belajar melakukan pemetaan dan dan investigasi sosial menggunakan ponsel android.

Dampak perubahan sosial yang di timbulkan dari komunitas ini antara lain, memaksimalkan fungsi ponsel genggam sebagai alat penyampai atau perantara informasi dan pesan berupa pesan digital. Dampak positif yang timbul bagi masyarakat adalah masyarakat luas menjadi lebih memahami dan memaksimalkan kegunaan ponsel genggam yang berbasis android. Masyarakat dapat dngan mudah dalam penyampaian pesan dengan menggunakan android. Komumitas ini juga memberikan pengaruh besar bagi komunitas dan organisasi masyarakat lain agar lebih mengetahui tentang android melalui sharing dalam pertemuan antar komunitas.

 

DAFTAR PUSTAKA

www.google.com

NARA SUMBER : JARINGAN KOMUNITAS RADIO JAKARTA

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini