Jumat, 07 Desember 2012

PerubahanSosial_HarryRiandayasa_Jurnalistik1B_Laporan4

 
Judul Penelitian:
"Perubahan yang ditimbulkan oleh pendidikan (PAUD Flamboyan)"
Peniliti
Nama: Harry Riandayasa
Jurnalistik1B
Nim    : 1112051100041
 
I.                    LATAR BELAKANG
Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.
Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.
Ada dua tujuan diselenggarakannya pendidikan anak usia dini yaitu:
  • Tujuan utama: untuk membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan pada masa dewasa.
  • Tujuan penyerta: untuk membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah.
 
Perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai, sikap-sikap sosial, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat
Definisi dan pengertian tentang perubahan sosial menurut para ahli diantaranya adalah sebagai berikut :
1.      Kingsley Davis: perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat
2.      William F. Ogburn: perubahan sosial adalah perubahan yang mencakup unsur-unsur kebudayaan baik material maupun immaterial yang menekankan adanya pengaruh besar dari unsur-unsur kebudayaan material terhadap unsur-unsur immaterial.
3.      Mac Iver: perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi dalam hubungan sosial (social relation) atau perubahan terhadap keseimbangan (equilibrium) hubungan sosial.
4.      Gillin dan Gillin: perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi sebagai suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima karena adanya perubahan kondisi geografi, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun adanya difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat
 
II.                  PERTANYAAN POKOK PENELITIAN
1.      Faktor apa yang membuat perubahan sosial di yayasan flamboyan ?
2.      Dampak apa yang dirasakan oleh masyarakat sekitar ?
 
 
 
 
 
 
 
III.                METODE PENELITIAN
Metode yang digunakan : Kualitatif  adalah metode yang lebih menekankan pada aspek pemahaman secara mendalam terhadap suatu masalah dari pada melihat permasalahan untuk penelitian generalisasi. Metode penelitian ini lebih suka menggunakan teknik analisis mendalam ( in-depth analysis ), yaitu mengkaji masalah secara kasus perkasus dan juga memiliki data yang kuat.
 
Lokasi : Yayasan Flamboyan Jl.sunan giri   No.72 Ciledug,  Tangerang
Waktu : Selasa,  4 Desember 2012, Pukul :14.00 WIB
 
IV.       GAMBARAN SUBYEK/OBYEK PENELITIAN
Seorang wanita bernama Nining Triani  berumur 40 tahun lulusan S1, yang mendirikan sebuah yayasan pendidikan anak usia dini atau yang biasa dikenal dengan PAUD. Tujuan dari mendirikan PAUD  tersebut adalah untuk membantu anak-anak di usia 4-6 untuk dapat mengenal huruf dan angka agar di waktu bangku TK anak tersebut sudah mengenal huruf dan angka  dan dapat membaca dan berhitung. Yayasan tersebut didirikan sejak tahun 2010 berawal dari 5 murid dan sekarang mulai banyaknya antusias orang tua untuk memasukan anak nya ke yayasan tersebut.
 
 
 
 
 
 
 
V.         ANALISIS
 
Lembaga Pendidikan (baik formal, non formal atau informal) adalah tempat transfer ilmu pengetahuan. Melalui praktik pendidikan, murid yang ada Yayasan Flamboyan dididik dan  diajak untuk mengenali angka  atau huruf diusia belia agar pada waktu TK anak didik tersebut sudah bisa membaca dan berhitung .
 
Dampak positif terhadap:
a.      Keluarga
b.      Masyarakat sekitar
Dampak positif dari ruang  lingkup yang kecil yaitu keluarga. guru pengajar tersebut bukan hanya menjadi guru di PAUD tersebut tetapi juga dapat mengajarkan anak-anak nya yang lebih baik untuk menjadikan anak-anak nya untuk menjadi lebih cerdas, dengan ilmu yang ia peroleh karna mengajar di PAUD ia bisa menerapkan kepada anak-anak nya sehingga dengan mengajar PAUD guru tersebut mendapatkan dampak positif didalam keluarganya terutama untuk anak-anak nya. Tentu dengan keberadaan PAUD tersebut itu, memberikan dampak positif di masyarakat sekitar  terutama untuk para ibu-ibu yang masih memiliki anak yang berusia 4-6 tahun. Dengan yayasan Flamboyan yang keberadaan nya  dekat dengan rumah para ibu-ibu yang masih memiliki anak-anak usia 4-6 tahun justru sangat menguntungkan karna dengan keberadaan nya ibu-ibu tersebut mudah untuk mengontrol anak-anaknya dalam belajar di yayasan Flamboyan tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
Narasumber: Nining Triani
www.wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini